#Blogging for Human

Sabtu, 14 November 2015

Tips Memilih RAM Yang Cocok Untuk Gaming

Salah satu perangkat keras (hardware) komputer yang sangat vital adalah RAM (Random Access Memory). RAM sangat berpengaruh pada tingkat cepat lambatnya akses aplikasi yang terinstall di sebuah komputer.

Semakin besar kapasitas RAM maka performa komputer juga akan berjalan dengan cepat.

Untuk itu sebaiknya jika kamu ingin membeli komputer PC atau notebook, pastikan memperhatikan kapasitas RAM nya. Jangan hanya berpacu pada chipset prosesornya yang kelas tinggi saja.

Karena dalam menentukan RAM pun juga harus disesuaikan dengan kebutuhan dan juga hardware & software lainnya. Misalnya saja notebook dengan prosesor Core i3 yang akan diinstall OS Windows 8. Maka kapasitas RAM yang dibutuhkan minimal 4GB.

Berbeda lagi jika kebutuhan PC/Notebook kamu untuk gaming, pasti membutuhkan RAM yang tidak hanya berukuran besar tetapi juga berkualitas dan mendukung untuk gaming. Untuk kebutuhan gaming, selain RAM penggunaan SSD (Solid-state drive) juga akan sangat mendukung.

Baca juga: Yuk Ketahui Kelebihan & Fungsi SSD (Solid-state drive)

Tapi kali ini aku ingin memberikan tips soal RAM Gaming dulu.

Memilih RAM Gaming


Ada beberapa tips yang bisa kamu jadikan referensi untuk memilih RAM yang cocok untuk gaming :

1. Cek Motherboard Kamu

Kamu harus memastikan RAM yang ingin kamu beli sesuai dengan socket RAM di motherboard. Selain itu jenis dan kecepatannya juga harus sama. Jenis RAM itu ada beberapa macam, seperti DDR2 RAM, DDR3 RAM, dan saat ini ada lebih baru yakni DDR4 RAM.

Kalau motherboardnya support DDR3 ya belinya RAM DDR3, jangan asal beli RAM ya gaes :D

2. Kemampuan Processor

Setiap processor itu memiliki batas maksimal untuk menerima kapasitas RAM maupun kecepatannya. Cek juga prosesor kalian mendukung hingga RAM berkapasitas berapa. Soalnya nanti kalau melebihi kemampuan maksimal, bisa mengakibatkan Bottleneck.

3. Kecepatan Frekuensi RAM

Nah, dari poin satu dan dua di atas, Anda juga harus mengecek ini di motherboard maupun prosesor. Karena nggak semua motherboard itu mendukung kecepatan frekuensi pada RAM. Karena ada nilai minimal dan maksimal frekuensinya.

Untuk itu lebih baik cek dulu motherboard dan prosesor dengan teliti.

Sebagai contoh, RAM DDR3 memiliki kecepatan standart 1066-1600 MHz, dan kecepatan mode overclocking 1866-3000MHz. Biasanya untuk gaming, memilih yang mode overclocking.

4. Seri RAM

Jika kamu ingin mengupgrade PC untuk gaming, pastikan juga akan mengupgrade kapasitas RAM. Untuk itu jangan lupa memperhatikan seri RAM. Pastikan harus sama serinya jika ingin menambah RAM. Misalnya PC kamu sudah ada RAM PC12800, maka kamu juga harus membeli RAM dengan seri PC12800.

5. Merk RAM

RAM untuk gaming memiliki beberapa merk yang biasanya digunakan atau khusus untuk gaming. Diantaranya Corsair Vengeance, G. Skill Trident X Series, Team Ellite Xtreem Series, Patriot Viper 3, dan lain-lain.

Merk RAM tersebut biasa digunakan untuk PC Gaming.

6. Kapasitas RAM

Untuk menentukan kapasitas sebenernya tergantung dari budget sih, tapi tetap harus diperhatikan ya. Jadi, jika ingin menambah RAM diusahakan kapasitasnya sama.

Misalnya gini, RAM yang sudah terpasang kapasitasnya 4GB, berarti kalau mau nambah ya beli yang 4GB juga. Karena kinerja bisa lebih stabil.

Mungkin itu saja tips yang bisa aku infokan, kalau ada yang salah atau kurang mohon dimaafkan. Dan bila berkenan silahkan tuliskan tips lain di kolom komentar. Terima kasih.


loading...
Tips Memilih RAM Yang Cocok Untuk Gaming 4.5 5 S Adi Firmansyah Sabtu, 14 November 2015 Bagaimana tips memilih RAM untuk gaming? Yuk simak di artikel aku kali ini Salah satu perangkat keras (hardware) komputer yang sangat vital adalah RAM ( Random Access Memory )...
Sabtu, 14 November 2015Sabtu, November 14, 2015

Tips Memilih RAM Yang Cocok Untuk Gaming

Bagaimana tips memilih RAM untuk gaming? Yuk simak di artikel aku kali ini 4.5 out of 5 based on 24 ratings. 5 user reviews:

Bagi yang kesulitan untuk mengirim komentar di blog ini, silahkan baca ini Cara Mengirim Komentar Melalui Disqus Comment System

7 komentar:

  1. Bang kalo ramnya 2 gb aku nambah 4gb bisa gak? Ada masalah gak entar yang dilaptopku? Oh ya laptopku asus seri a455l jadi totalnya 6gb

    BalasHapus
    Balasan
    1. punyaku tak tambah 4GB, jadi total 6GB. (y) woles aja.

      Hapus
  2. abimanyu wijayaJumat, 06 Mei, 2016

    bang aku mau tambah ram laptopku jd 10 gb tp msh i3 , laptopku jg A445L jdny tambah 8gb kalau mcm tu bs maksimal gk perfomanya?

    BalasHapus
  3. abimanyu wijayaJumat, 06 Mei, 2016

    ohh berarti mksdny cmn bs tambah smpe ram totalny 8 ya bang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya tidak tahu maksimalnya berapa. Cuma maksud saya, RAM 8GB udah bagus. Memangnya mau buat apa laptopnya? Kalau cuma game-game ringan, udah cukup, kalau mau game berat ya beli laptop khusus game aja, misal Asus ROG.

      Hapus
  4. abimanyu wijayaJumat, 06 Mei, 2016

    utk main game mcm cod gtu bang hehe, btw makasih bang infonya

    BalasHapus

*Centang "Beri Tahu Saya" untuk mendapatkan notifikasi di email kamu kalau Komentar kamu sudah mendapat balasan dari ku.

*Jika tidak memiliki akun Google, silahkan pilih Name/URL, jangan Anonymous. Komentar dengan Anonymous tidak akan ditampilkan.


*Komentar tidak langsung muncul, karena akan saya moderasi terlebih dahulu.

*Segala bentuk komentar SPAM/Iklan tidak akan ditayangkan.

*Komentarlah sesuai dengan topik artikel di atas (Bisa Kritik/Saran/Kesan/Pertanyaan)

*KOMENTAR MODEL (Like, Nice Article, Thanks infonya, dll) yang hanya bertujuan untuk mendapatkan BACKLINK, tidak akan di APPROVE. Jika ingin mendapatkan BACKLINK dari blog ini silahkan hubungi saya untuk kerjasama SPONSORED POST.