Cara Jitu Mempercepat Performa Smartphone Android

VIRMANSYAH.info – Salah satu kelebihan smartphone bersistem operasi Android adalah dapat dicustomisasi dari sisi perangkat lunaknya. Hal ini dikarekan Sistem Operasi Android termasuk sistem operasi open source, dimana sistemnya terbuka untuk umum dan dapat dicustom semua orang.
Smartphone Android terkenal dengan aplikasi-aplikasinya yang powerfull, sehingga membuat pengguna Android banyak menginstall berbagai aplikasi, apalagi jika aplikasi tersebut berbasis aplikasi yang membutuhkan koneksi internet tentunya akan sangat membuat sistem Android menjadi lemot dan baterai pun boros.
Namun jangan khawatir, masih ada cara jitu untuk mempercepat performa smartphone Android anda, sehingga kinerja RAM bisa maksimal dan tentunya menghemat baterai juga.
Ada beberapa aplikasi yang dapat anda gunakan untuk membantu permasalahan anda ini.

Swapper

swapper android
Aplikasi ini termasuk aplikasi sederhana dan mudah untuk dijalankan. Tujuan dari aplikasi Swapper ini adalah untuk membuat memori swap. Sehingga membantu kinerja RAM karena akan mendapatkan tambahan memori swap melalui aplikasi swapper ini.
Konfigurasi Aplikasi Swapper ini sangat mudah, setelah anda install, silahkan Anda buka Swapper
  • Checklist Active Swap On Boot,
  • Swap File Partition pilih SD Card FAT Partition
  • Isi valuenya, Value ini adalah jumlah yang akan anda gunakan untuk dijadikan virtual memori (Swap). Jika anda ingin memori swap berkapasitas 1GB, maka isi value dengan 1024 MB.
  • Restart Android Anda

SD-Booster

sd-booster android
Sesuai dengan namanya, yaitu SD-Booster, aplikasi ini memiliki fungsi untuk menaikkan kecepatan SD Card ketika mengeksekusi data, Read/Write. Misalnya saja anda dalam membuka file-file foto di SD Card anda, lantas dalam membuka aksesnya lambat, nah aplikasi ini membantu SD Card untuk menaikkan speed Read Write data, sehingga akses pun semakin cepat.
Konfigurasi Aplikasi SD-Booster ini juga sangat mudah, setelah Anda install segera buka aplikasi tersebut :
  • Bagian Cache Size (MB) isikan dengan 1024 atau 2048. Ini ukuran yang direkomendasikan. Namun jika anda ingin bereksperimen dapat mengaturnya antara 128 – 8192.
  • Checklist Set on Boot
  • Apply
  • Restart Android anda.
Mungkin itu dulu yang dapat saya informasikan. Sebenarnya masih banyak cara dan aplikasi yang dapat digunakan untuk mempercepat kinerja Android, namun dengan kedua aplikasi di atas saya rasa sudah sangat membantu untuk mengatasi kinerja atau performa android yang lemot.
Download Swapper for Root (https://play.google.com/store/apps/details?id=org.azasoft.free.swapper) – Android harus di root terlebih dahulu.
Download SD-Booster (https://play.google.com/store/apps/details?id=de.mehrmann.sdbooster)

Baca juga:

WhatsApp
Telegram


One Comment

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Your email address will not be published. Required fields are marked *