Tips Memilih RAM Yang Cocok Untuk Gaming

Salah satu perangkat keras (hardware) komputer yang sangat vital adalah RAM (Random Access Memory). RAM sangat berpengaruh pada tingkat cepat lambatnya akses aplikasi yang terinstall di sebuah komputer.

Semakin besar kapasitas RAM maka performa komputer juga akan berjalan dengan cepat.

Untuk itu sebaiknya jika kamu ingin membeli komputer PC atau notebook, pastikan memperhatikan kapasitas RAM nya. Jangan hanya berpacu pada chipset prosesornya yang kelas tinggi saja.

Karena dalam menentukan RAM pun juga harus disesuaikan dengan kebutuhan dan juga hardware & software lainnya. Misalnya saja notebook dengan prosesor Core i3 yang akan diinstall OS Windows 8. Maka kapasitas RAM yang dibutuhkan minimal 4GB.

Berbeda lagi jika kebutuhan PC/Notebook kamu untuk gaming, pasti membutuhkan RAM yang tidak hanya berukuran besar tetapi juga berkualitas dan mendukung untuk gaming. Untuk kebutuhan gaming, selain RAM penggunaan SSD (Solid-state drive) juga akan sangat mendukung.

Baca juga: Yuk Ketahui Kelebihan & Fungsi SSD (Solid-state drive)

Tapi kali ini aku ingin memberikan tips soal RAM Gaming dulu.

Memilih RAM Gaming

Ada beberapa tips yang bisa kamu jadikan referensi untuk memilih RAM yang cocok untuk gaming :

1. Cek Motherboard Kamu

Kamu harus memastikan RAM yang ingin kamu beli sesuai dengan socket RAM di motherboard. Selain itu jenis dan kecepatannya juga harus sama. Jenis RAM itu ada beberapa macam, seperti DDR2 RAM, DDR3 RAM, dan saat ini ada lebih baru yakni DDR4 RAM.

Kalau motherboardnya support DDR3 ya belinya RAM DDR3, jangan asal beli RAM ya gaes 😀

2. Kemampuan Processor

Setiap processor itu memiliki batas maksimal untuk menerima kapasitas RAM maupun kecepatannya. Cek juga prosesor kalian mendukung hingga RAM berkapasitas berapa. Soalnya nanti kalau melebihi kemampuan maksimal, bisa mengakibatkan Bottleneck.

3. Kecepatan Frekuensi RAM

Nah, dari poin satu dan dua di atas, Anda juga harus mengecek ini di motherboard maupun prosesor. Karena nggak semua motherboard itu mendukung kecepatan frekuensi pada RAM. Karena ada nilai minimal dan maksimal frekuensinya.

Untuk itu lebih baik cek dulu motherboard dan prosesor dengan teliti.

Sebagai contoh, RAM DDR3 memiliki kecepatan standart 1066-1600 MHz, dan kecepatan mode overclocking 1866-3000MHz. Biasanya untuk gaming, memilih yang mode overclocking.

4. Seri RAM

Jika kamu ingin mengupgrade PC untuk gaming, pastikan juga akan mengupgrade kapasitas RAM. Untuk itu jangan lupa memperhatikan seri RAM. Pastikan harus sama serinya jika ingin menambah RAM. Misalnya PC kamu sudah ada RAM PC12800, maka kamu juga harus membeli RAM dengan seri PC12800.

5. Merk RAM

RAM untuk gaming memiliki beberapa merk yang biasanya digunakan atau khusus untuk gaming. Diantaranya Corsair Vengeance, G. Skill Trident X Series, Team Ellite Xtreem Series, Patriot Viper 3, dan lain-lain.

Merk RAM tersebut biasa digunakan untuk PC Gaming.

6. Kapasitas RAM

Untuk menentukan kapasitas sebenernya tergantung dari budget sih, tapi tetap harus diperhatikan ya. Jadi, jika ingin menambah RAM diusahakan kapasitasnya sama.

Misalnya gini, RAM yang sudah terpasang kapasitasnya 4GB, berarti kalau mau nambah ya beli yang 4GB juga. Karena kinerja bisa lebih stabil.

Mungkin itu saja tips yang bisa aku infokan, kalau ada yang salah atau kurang mohon dimaafkan. Dan bila berkenan silahkan tuliskan tips lain di kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga:



7 Comments

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Your email address will not be published. Required fields are marked *