Yuk Ketahui Kelebihan & Fungsi SSD (Solid-state drive)

Kawan, kenapa sih perkembangan teknologi itu semakin hari semakin ada saja yang baru? Padahal teknologi yang saat ini ada kan juga sudah digunakan untuk kebutuhan yang ada…iya kan.

Tentu semua itu tidak bisa dijawab dengan penalaran saja, karena banyak faktor yang menyebabkan mengapa teknologi itu semakin mengalami perkembangan.

Coba lihat saja teknologi komputer, dulu komputer hanya menggunakan prosesor Pentium, dan sekarang ini sudah banyak sekali core. Yang artinya, dari segi kecepatan juga sangat mengalami perubahan yang lebih cepat.

Ternyata tidak hanya bagian prosesor saja yang mengalami perkembangan, tetapi juga soal media penyimpanannya (disk).

Mungkin sudah pada tahu kan ya yang namanya HDD atau Hard Disk Drive. Harddisk ini merupakan perangkat keras yang digunakan untuk menyimpan file data baik sistem operasi maupun file-file data user.

Kelebihan SSD

Dan saat ini pun Harddisk sudah mengalami perkembangan, yakni munculnya SSD (Solid-state drive).

Secara umum, SSD menawarkan teknologi penyimpanan yang lebih efektif dan efisien dibandingkan dengan HDD. Dari segi fisik dan komponen pendukungnya pun sangat mengalami perubahan yang signifikan.

Apakah kawan semua sudah mengenal kelebihan dan fungsi SSD ini?

Di artikel kali ini, saya akan sedikit memberikan informasi terkait SSD yang menurut saya memiliki segudang kelebihan jika dibandingkan dengan Harddisk biasa.

Kelebihan SSD (Solid-state driver)

#Kecepatan Booting
Dari segi kecepatan, SSD memiliki kinerja Read/Write yang sangat tinggi untuk kebutuhan komputasi. Jika Anda menggunakan Windows 8, maka hanya membutuhkan waktu 4 detik saja dalam menjalankan booting.

#Kecepatan Membuka Aplikasi
Pernah mengalami lemot saat membuka aplikasi meskipun RAM sudah tinggi? Itu terjadi jika kawan semua mengguna harddisk biasa, tetapi jika sudah menggunakan SSD ini akses ke program aplikasi yang terinstall di komputer akan terbuka dengan cepat.

#Kecepatan Pencarian File
Ketika mencari file yang lupa dimana disimpannya, juga akan lebih cepat prosesnya jika menggunakan SSD.

#Perawatan Mudah
Kalau pakai harddisk biasa disarankan untuk melakukan defragment. Tapi kalau pakai SSD ini justru tidak disarankan melakukan program defragment. Karena justru akan memperpendek umur SSD. Ini artinya SSD tidak membutuhkan perawatan yang ribet.

Kalaupun ingin melakukan perawatan lain, seperti Clean Up Registry, Scanning Virus, bisa dilakukan dengan cepat. Karena hanya membutuhkan waktu 10 hingga 15% dari harddisk biasa.

#Multitasking Nggak Perlu Genting
Mau jalanin program banyak pun nggak takut lag. Yang penting diimbangi dengan kapasitas RAM yang memadainya.

#Dingin, Ringan dan Tidak Berisik
Kenapa bisa dingin? Karena secara teknis ada perangkat hardware yang bekerja pada SSD. SSD itu nggak pakai media cakram seperti harddisk biasa. Lalu kenapa ringan? Ya karena itu tadi, komponen penyusunnya sangatlah ringkas dan tidak ada cakram.

#Aman
Kalau lagi bawa harddisk biasa disarankan memang harus menjaganya agar terhindar dari goncangan supaya cakram tidak tergores. Tapi karena SSD tanpa cakram, ya aman-aman saja waktu di bawa.

#Hemat Baterai
Jika memakai SSD di laptop, maka akan menghemat baterai. Karena SSD berbasis DRAM. Tapi, daya yang dibutuhkan sangat kecil jika dibandingkan dengan harddisk biasa. Bahkan SSD hanya memerlukan daya 10% dari daya yang dibutuhkan pada harddisk biasa.

#Dapat Menyimpan Data Tanpa Catu Daya
Meskipun catu daya tidak ada, SSD bisa melakukan penyimpanan data. Bahkan ada isu nantinya SSD ini bakal digabungkan sama teknologi Memristor (Memory Transistor) yang memungkinkan bisa membuka komputer tanpa harus ada yang namanya Start-up, Shut down, lag, dll.

Nah, itu beberapa kelebihan SSD (Solid-state drive) jika dibandingkan dengan harddisk konvensional.

Komponen SSD

Kekurangan SSD (Solid-state drive)

Tapi…..dibalik kelebihan pasti ada kekurangan. Apa itu kekurangannya?

Kekurangannya ada dibagian Harga dan Kapasitas.

Ya, SSD memang masih memiliki harga yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan hard disk biasa. Tapi harga ini tentunya juga seimbang dengan kelebihan yang ditawarkan.

Sedangkan untuk kapasitasnya, hhmm… SSD masih memiliki kapasitas yang kecil. Kalau tidak salah setahu saya paling besar kapasitasnya adalah 256GB. Tapi tenang…ini hanya masalah waktu. Saya yakin beberapa tahun ke depan jika SSD sudah banyak digunakan, ukuran pun juga akan semakin lebih besar.

Fungsi SSD (Solid-state Drive)

Saat ini pun sebenarnya sudah banyak yang memakai SSD. Dan jika Anda blogger juga pasti pernah menemui penyedia layanan hosting yang memberikan layanan penggunaan SSD di komputer servernya.

Yaa….karena SSD memang lebih cepat dan sangat direkomendasikan untuk komputer server yang memiliki multitask tinggi.

Selain bisa digunakan untuk kebutuhan Cloud Computing. SSD sudah bisa berfungsi untuk kebutuhan :

#Editing Video/3D
Karena dengan menggunakan SSD, proses editing akan lebih mulus apalagi masalah rendering.

#Gaming
Dan buat yang suka ngegame di PC/Laptop, saya sarankan juga beralih menggunakan SSD. Karena kasihan kalau pakai harddisk biasa, bisa memperpendek usia.

#Untuk Runner Media Booting
Jika ingin digunakan secara personal pun bisa. SSD bisa digunakan sebagai Runner media booting atau sebagai tempat penyimpanan sistem operasi dan program yang terinstall. Jadi cocoknya SSD ini memang digunakan untuk system/aplikasi, bukan untuk media penyimpanan data user seperti musik, gambar-gambar, film, dll.

Saat ini sudah banyak yang jual SSD. Jika Anda ingin membelinya bisa mencari reviewnya terlebih dahulu. Karena sudah banyak merk yang memproduksi SSD serta kapasitas yang berbeda.

Referensi : https://id.wikipedia.org/wiki/Solid-state_drive

Baca juga:



2 Comments

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Your email address will not be published. Required fields are marked *