Perbedaan Mendasar Antara iPhone 6 dengan iPhone 6 Plus

Dikategorikan dalam Smartphone

Perusahaan Apple tetap memiliki pasarnya tersendiri. Meski telah mengeluarkan produknya yang lumayan bergengsi, yakni Apple iPhone 6, ternyata hal itu tidak menjadikannya puas. Tanpa pikir lama, hadirlah generasi baru dari iPhone 6 ini, yaitu iPhone 6 Plus. Lalu apa sih perbedaan mendasar antara iPhone 6 dengan iPhone 6 Plus ini? Yuk kita kepoin dikit.

iPhone 6 Plus
iPhone 6 vs iPhone Plus

Sebenarnya kedua tipe smartphone ini hampir memiliki kesamaan. Kalau ketika saya melihat spesifikasi antar keduanya, bisa dikatakan kedua smartphone milik Apple ini adik kakak’an. Atau bisa dikatakan kembar tapi beda. Beda jeda pengeluarannya dan beberapa spesifikasinya.

Desain

Masalah desain, kedua ponsel pintar ini memiliki desain fisik yang sama dan warna yang sama pula (Perak, Emas, Abu-abu). Nah, meski memiliki desain body yang sama, ternyata keduanya memiliki perbedaan dari sisi berat dan dimensinya.
Dimensi iPhone 6 : 138,1 x 67,0 x 6,9mm
Berat iPhone 6 : 129 gram

Dimensi iPhone 6 Plus : 158,1 x 77,8 x 7,1 mm
Berat iPhone 6 Plus : 172 gram

Jadi bisa dilihat, iPhone 6 Plus ini lebih besar dan berat.

Layar

Kalau dilihat dari dimensinya tersebut, sudah pasti layarnya juga memiliki perbedaan. Ya benar, ukuran layar iPhone 6 Plus lebih lebar, yakni 5,5″ sedangkan iPhone 6 hanya 4,7″.
Dari sisi spesifikasi layar masih sama, keduanya menggunakan layar Retina HD berteknologi IPS.

Performa

Dari sisi performa, keduanya masih terbenam chip prosesor yang sama yakni Chip A8 dengan arsitektur 64 bit (Koprosesor gerakan M8). Dan sama-sama menggunakan RAM 1GB. Prosesor untuk Grafis (GPU) juga sama PowerVR GX6450 (quad-core graphics). Kalau kapasitas penyimpanan semuanya memiliki 3 golongan, yaitu 16GB, 64GB dan 128GB.

Kapasitas Baterai

Dari kapasitas baterai, terlihat perbedaan yang cukup signifikan. Meski memiliki prosesor dan RAM yang sama, ternyata kapasitas baterai antar keduanya beda jauh. Lihat saja, iPhone 6 hanya memiliki kapasitas 1810 mAh dengan jenis baterai Non-removable Li-Po. Sedangkan iPhone 6 Plus memiliki kapasitas yang lebih besar, 2915 mAh dengan tipe baterai yang sama.
Tentunya dengan kapasitas baterai yang berbeda juga membuat waktu penggunaan baik untuk Waktu Bicara, Waktu Siaga, Penggunaan Internet, dll juga berbeda. Dan iPhone 6 Plus juaranya, karena lebih awet.

Sistem Operasi

Keduanya tidak memiliki perbedaan dari segi sistem operasi, sama-sama menggunakan iOS 8 sebagai sistem operasi utamanya. Sehingga Anda dapat menemukan fitur dan aplikasi yang sama di kedua smartphone Apple ini.

Kamera Primer & Sekunder

Baik iPhone 6 maupun iPhone 6 Plus, sama-sama memiliki kamera primer berkekuatan 8MP. Kamera sekundernya pun juga sama yakni 1.2MP. Kalau dari fitur kameranya, hampir semuanya sama. Namun ada satu perbedaan yang hanya dimiliki oleh iPhone 6 Plus yakni Penstabilan gambar optik. Fitur ini hanya ada di tipe ini. Untuk fitur lainnya tetap sama. Begitu juga untuk urusan Video.

Jaringan Seluler

Untuk jaringan seluler juga sama, sesuai dengan model yang ada seperti A1549 & A1522 (CDMA), A1586 & A1524 (GSM), A1549 & A1522 (GSM). Jika Anda ingin menggunakan jaringan seluler CDMA tinggal pilih model yang sesuai, begitu juga jika ingin menggunakan jaringan GSM. Semua model sudah support LTE.

Nah, jadi perbedaan mendasar ada pada bagian dimensi, kapasitas baterai dan satu fitur kamera. Untuk spesifikasi lainnya sama, termasuk tombol navigasinya.

Owh ya, ada satu lagi pembedanya, yaitu harga. Hehe. Sudah jelas kalau dilihat dari spesifikasi antar keduanya, harga iPhone 6 Plus akan sedikit lebih mahal.

Jika ingin mengetahui harga dari iPhone 6 Plus ini silahkan cek di Tokopedia. Ada produk Apple iPhone 6 Plus GSM 64 GB yang bisa Anda dapatkan disana dari berbagai penjual terpercaya.

Diterbitkan
Dikategorikan dalam Smartphone

Baca Artikel Lainnya :

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *