Cara Menyeduh Susu Bubuk yang Salah

Menyeduh Susu Bubuk

Aku bukan mau ngasih tau cara menyeduh susu bubuk yang salah, tapi justru aku mau ngasih tau kalau masih banyak orang yang salah saat menyeduh susu bubuk. Yang pada akhirnya kandungan gizi pada susu tersebut malah hilang dan tidak terserap baik oleh tubuh kita.

Susu bubuk ini adalah susu yang suka aku konsumsi, daripada susu cair (UHT). Entah mengapa kalau minum susu UHT rasanya nggak suka.

Susu bubuk merupakan susu cair yang dikeringkan dengan suhu hampir 200 derajat celcius dengan alat khusus sehingga bisa menjadi susu kering yang solid. Proses pemanasan ini tentunya akan mengurangi bahkan membuat kandungan nutrisi yang ada pada susu ini akan hilang.

Dalam proses produksinya, susu bubuk ini akan ada tambahan nutrisi yang sesuai dengan kebutuhan. Makanya sekarang ini ada banyak jenis susu kan, mulai susu yang tinggi kalsium, susu yang tinggi protein, susu khusus orang yang berusia 50 tahun ke atas, susu khusus balita, dll.

Terlepas dari itu semua, yang jelas susu bubuk tetap memiliki kandungan nutrisi yang baik, itu semua bisa kita lihat pada tabel gizi dalam kemasannya.

Kesalahan dalam Menyeduh Susu Bubuk

Menyeduh Susu Bubuk

Banyak yang masih sembarangan dalam menyeduh susu bubuk. Yang akhirnya membuat kandungan gizi dan nutrisinya berkurang bahkan hilang. Niatnya pengen nambah gizi malah cuma minum susu tanpa gizi. Sayang kan.

Berikut ini beberapa kesalahan yang sering orang lakukan dalam menyeduh susu bubuk,

1. Menyeduhnya dengan Air Panas

Kesalahan yang paling sering adalah menyeduhnya dengan air panas secara langsung. Entah itu air panas yang dari termos atau air yang baru mendidih. Menyeduh dengan air panas tidak disarankan, karena akan membuat bakteri baik atau probioik yang ada di dalam susu menjadi mati.

Lalu diseduh dengan air apa?

Coba lihat dicara penyajian, umumnya susu bubuk harus diseduh dengan air hangat. Jarang aku menemukan di cara penyajian suruh diseduh dengan air panas. Air hangat di sini suhunya yang paling baik sekitar 40-70 derajat celcius.

Cara yang baik adalah tuang air panas dulu ke gelas kemudian tambahkan air dingin (suhu normal), baru masukkan susu bubuknya.

Baca juga : Memilih Susu Formula Yang Tepat Untuk Anak

2. Jumlah Takaran Tidak Pas

Kemudian kesalahan kedua yang juga sering dilakukan adalah jumlah takaran sajinya tidak sama dengan anjuran. Kebanyakan orang yang ‘ngeyel’ dan ‘sok tau’, membuat susu bubuk itu takarannya 2 sendok makan. Padahal dicara penyajian anjurannya 4 sendok makan.

Intinya harus mengikuti takaran cara penyajian.

Ingat, pihak produsen susu tersebut memberikan anjuran takaran penyajian tidak sembarangan. Mereka memberikan informasi itu sudah melalui proses riset. Dengan takaran segitu, nantinya kebutuhan nutrisi bisa terpenuhi.

Jadi, selalu baca dulu tabel cara penyajian yang ada di kemasan. Harus berapa sendok, dan pakai sendok makan atau sendok teh atau sendok takar yang sudah include di dalam kemasan.

3. Jumlah Air Tidak Pas

Selain jumlah takaran susunya, yang banyak ngasal itu adalah jumlah air yang digunakan. Misalnya saja untuk orang dewasa di cara penyajian diminta untuk diseduh di 200ml air hangat. Ya, harusnya ukuran airnya ya segitu.

Yang umum dilakukan itu biasanya dibuat dalam 1 gelas besar (gelas belimbing), padahal itu lebih dari 200ml. 200ml itu kalau untuk gelas belimbing dewasa hanya setengah gelas lebih sedikit.

Gelas Belimbing

Atau kalau mau akurat ya pakai gelas takar. Beli saja lah, murah harganya dan bisa digunakan untuk apa saja, nggak harus buat nakar bikin susu.

Jadi antara takaran susu dan air harus pas.

4. Ditambah Gula

Masyarakat kita itu kadang memang aneh, sudah dibuatkan takaran nutrisi yang pas sesuai hasil para ahli, tapi tetap pengen dikasih tambahan sesuka hati seperti gula. Ya kecuali kalau minum susunya nggak niat buat nyari gizi, cuma buat asal minum terserah. Mau ditambah kopi, jahe, dll terserah kamu, asal tanggung sendiri risikonya.

Orang kalau minum susu itu masih banyak yang belum paham susu apa yang diminum. Dan belum tahu tujuannya minum susu itu untuk apa. Yang paling umum itu, minum susu supaya gemuk. Padahal susu nggak jamin bikin gemuk.

Baca juga : Proses Pembentukan ASI (Air Susu Ibu)

Jadi sebelum beli susu itu cari dulu tujuannya apa. Apakah ingin untuk menjaga kesehatan tulang dan otot, atau ingin menambah masa otot. Kalau misal cari yang untuk kesehatan tulang, berarti cari susu yang tinggi kalsium.

Terus nggak usah aneh-aneh ditambah bahan dari luar. Para ahli gizi itu sudah membuat susu tersebut sesuai dengan kebutuhan, jadi nggak usah sok jadi ahli gizi. 😀

Itu beberapa kesalahan yang sering orang lakukan saat menyeduh susu bubuk. Owh ya, jangan lupa juga untuk mengonsumsi susu sesuai dengan waktunya. Kapan waktu yang baik untuk konsumsi susu? Akan ada pada postingan selanjutnya.

Baca Artikel Lainnya :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *