Kelebihan USB Type C untuk Smartphone

USB Type C

Sekarang ini sudah banyak smartphone yang sudah menggunakan USB Type C untuk mengisi baterai maupun keperluan koneksi data ke komputer. USB Type C ini merupakan pembaharuan dari USB Micro B yang saat ini juga masih banyak digunakan.

Di smartphone sendiri belum semua banyak yang menggunakan USB Type C, ya meskipun USB Type C ini sudah muncul lama. Hanya smartphone kelas atas dan beberapa kelas menengah saja yang baru menggunakan USB Type C.

Padahal kalau melihat kelebihan USB Type C, sangat memberikan manfaat yang banyak, diantaranya sebagai berikut :

USB Type C

Mendukung Fast Charging

Salah satu kelebihan dari USB Type C dibanding USB Micro B adalah sudah mendukung Fast Charging. Sehingga smartphone yang sudah memiliki USB Type C ini biasanya akan bisa mengisi baterai dalam waktu yang lebih cepat.

Tapi perlu diketahui juga, tidak selamanya smartphone yang sudah pakai USB Type C itu bisa langsung mendukung fast charging. Karena itu juga dipengaruhi oleh adaptor yang dipakainya. Ada smartphone yang sudah pakai USB Type C ternyata belum bisa fast charging, karena output adaptornya masih kecil. Solusinya cukup ganti adaptor yang mendukung fast charging.

Baca juga : Bagaimana Cara Kerja Wireless Charger?

Transfer Data Lebih Cepat

Jika kamu ingin transfer data dari PC ke ponsel atau sebaliknya melalui kabel data, maka dengan menggunakan USB Type C akan lebih cepat. Karena transfer data USB Type C ini bisa mencapai 10 Gbps.

Dengan catatan, kabel data USB Type C ini harus dihubungkan ke port USB 3.0 atau 3.1 agar mendapatkan kecepatan transfer yang maksimal. Kalau menggunakan USB 2.0 kecepatan yang didapatkan tidak bisa optimal.

Baca juga : IOTransfer, Aplikasi File Transfer Dan Manajemen Gratis Untuk IPhone

Tidak Bakal Terbalik

Nah kalau kita masih pakai USB Micro B, biasanya sering terbalik saat mencolok kabelnya ke smartphone. Kadang juga perlu melihat dulu mana yang atas dan bawah. Karena bentuk fisik port USB Micro B ini berbeda.

Port USB Micro B

Tapi kalau pakai USB Type C, tidak perlu khawatir terbalik. Karena bentuk portnya sama, jadi mau dibalik-balik langsung bisa masuk.

Port USB Type C

Itu kelebihan dari USB Type C, semoga kalau kamu punya perangkat yang pakai USB Type C sekarang sudah tahu fungsi dan manfaatnya apa saja.

Baca Artikel Lainnya :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *