#Blogging for Human

Sabtu, 26 Oktober 2013

Faktor-Faktor Strategis Membuka Toko Batik

VIRMANSYAH.info - Faktor-Faktor Strategis Membuka Toko Batik | Bisnis dalam dunia fashion memang sangat menjanjikan karena semua orang pasti membutuhkan pakaian. Namun, bisnis dalam bidang ini juga tak semudah dengan apa yang dibutuhkan dipasar, meskipun produk jualan kita banyak dicari orang tetapi jika dalam mengatur sistem dan marketnya tidak jelas bisa jadi produk anda tidak laku dipasaran.

Dalam berbisnis di dunia fashion, juga harus memperhatikan beberapa faktor dan salah satunya dalah jenis produk itu sendiri apakah pakaian wanita atau pakai muslim dll.

Nah, saat ini saya akan sedikit memberikan beberapa Tips bagi anda yang ingin memulai bisnis jualan produk-produk Batik secara Offline (Membuka Showroom), entah baju yang sudah jadi maupun yang masih berupa bahan.

toko batik solo
sumber : http://us.images.detik.com/content/2009/10/21/501/batik01.jpg


1. Faktor Produk

Ketika akan jualan produk-produk Batik, yang perlu diperhatikan apakah produk batik anda ini adalah produk anda sendiri atau hanya reseller dari produsen batik lain. Karena ini akan menumbuhkan sebuah Brand pada batik anda. Jika produk batik anda memang batik produksi anda sendiri tentunya ini menambahkan nilai value pada Toko anda yang berimbas pada Branding Toko Anda nantinya. Calon konsumen pun akan lebih tertarik untuk mengunjungi toko anda, karena yang di display di Toko anda adalah batik produksi sendiri sehingga harganya pun akan lebih miring daripada batik yang hanya ngambil / reseller dari orang lain.

2. Faktor Lokasi

Karena batik ini bukan sembarang fashion pada umumnya, maka lokasi pun juga menentukan. Batik merupakan fashion budaya, yang mana sangat kental unsur budayanya, dan budaya di sini sangat berhubungan dengan tempat/lokasi. Nah, jika toko batik anda berlokasi di wilayah atau kota yang memiliki nilai sejarah budaya yang kuat, seperti Jogja atau Solo dan lainnya tentu ini akan menambah nilai pada Toko batik anda. Lokasi tidak hanya berupa kota, namun juga sebuah kawasan. Misalnya, di Kota Solo ada kawasan yang bernama Kampoeng Batik Laweyan, dimana kawasan ini memang sentranya batik di Kota Solo. Nah, jika toko anda berada di Kawasan ini maka toko anda akan mudah dikenali, karena berada dikawasan yang tepat dengan jualan Anda, yaitu batik. Dan selanjutnya tinggal bagaimana mengemas teknik marketing yang cocok, karena dikawasan yang seperti ini, tentu persaingan sangat ketat.

3. Faktor Interior Design

Ketika calon konsumen masuk ke dalam toko anda, yang pertama ia lihat adalah design interior toko anda, selanjutnya produk anda. Jadi, faktor tata ruang toko anda khususnya untuk produk batik sangatlah penting. Hal ini agar calon konsumen agar betah di toko anda karena suasananya nyaman. Dengan tata ruang yang selaras dengan produk anda (Batik), dan fasilitas yang lengkap seperti Kamar Pas, Toilet, Mini market, Display produk yang menarik dll, membuat calon konsumen akan lebih betah di Toko Anda.

4. Faktor SDM

SDM di sini adalah orang-orang yang melayani calon pembeli. Toko Anda besar, tetapi SDM sedikit itu tidak bagus, begitu juga sebaliknya. Karena hal ini tentu akan berdampak kepada kepuasan konsumen. SDM disini nanti juga berkaitan dengan sistem kerja, apabila SDM anda tidak dapat menjalankan Job Desk nya masing-masing itu juga akan berdampak pada konsumen lebih-lebih kepada toko anda kedepannya. Jadi sistem kerja yang jelas, fokus dan sesuai job desk nya masing-masing itu sangat penting. Sebisa mungkin mencari SDM yang benar-benar sesuai dengan job desknya.

Itu beberapa faktor yang perlu diperhatikan ketika anda membuka Toko Batik, sebenarnya masih banyak lagi, namun tentunya hal tersebut dapat diatasi dan dilihat setelah toko anda sudah berjalan, sehingga anda juga dapat melalukan evaluasi untuk kedepannya.



loading...
Faktor-Faktor Strategis Membuka Toko Batik 4.5 5 S Adi Firmansyah Sabtu, 26 Oktober 2013 VIRMANSYAH.info - Faktor-Faktor Strategis Membuka Toko Batik | Bisnis dalam dunia fashion memang...
Sabtu, 26 Oktober 2013Sabtu, Oktober 26, 2013

Faktor-Faktor Strategis Membuka Toko Batik

4.5 out of 5 based on 24 ratings. 5 user reviews:

Bagi yang kesulitan untuk mengirim komentar di blog ini, silahkan baca ini Cara Mengirim Komentar Melalui Disqus Comment System

0 komentar pengunjung:

Poskan Komentar

*Centang "Beri Tahu Saya" untuk mendapatkan notifikasi di email kamu kalau Komentar kamu sudah mendapat balasan dari ku.

*Jika tidak memiliki akun Google, silahkan pilih Name/URL, jangan Anonymous. Komentar dengan Anonymous tidak akan ditampilkan.


*Komentar tidak langsung muncul, karena akan saya moderasi terlebih dahulu.

*Segala bentuk komentar SPAM/Iklan tidak akan ditayangkan.

*Komentarlah sesuai dengan topik artikel di atas (Bisa Kritik/Saran/Kesan/Pertanyaan)

*KOMENTAR MODEL (Like, Nice Article, Thanks infonya, dll) yang hanya bertujuan untuk mendapatkan BACKLINK, tidak akan di APPROVE. Jika ingin mendapatkan BACKLINK dari blog ini silahkan hubungi saya untuk kerjasama SPONSORED POST.