Begini Cara Menjaga Umur Baterai Laptop ASUS A455LD Agar Lebih Tahan Lama

Dikategorikan dalam Teknologi, Tips

Ada yang punya laptop Asus A455LD? Jika ada toss dulu, berarti kita sama. 😀 Ini bukan promosi lho ya, tapi hanya sekedar ingin berbagi saja terutama soal cara menghemat baterai laptop Asus A455LD ini.

ASUS A455LD
Image via Kaskus.co.id

Aku yakin pasti yang baru aja punya laptop ini akan bertanya-tanya, lhoh kok baterainya nggak ada?

Hehe, tenang baterai Notebook Asus A455LD ini ada kok, cuma model baterainya nggak kayak laptop-laptop jaman dulu. Sekarang ini modelnya emang tanem baterai, jadi kalau mau ngelepas baterai ini ya harus bongkar laptopnya. 😀

Baca juga: Hati-Hati Ketika Upgrade RAM Laptop ASUS A455L

Tapi jangan khawatir, meskipun baterainya tanem tapi banyak banget keunggulannya. Owh ya, baterai tanem seperti ini bahasa kerennya adalah Baterai Non-Removable sob. Sedangkan baterai yang bisa dicopot itu namanya Baterai Removable. Biasanya, baterai non-removable ini sudah menggunakan baterai jenis Li-Po atau Lithium Polymer.

Sudah ada yang tahu karakteristik Baterai Li-Po (Lithium Polymer)?

Salah satu karakteristiknya yakni bisa memiliki Discharge Rate yang lebih tinggi. Ini artinya baterai Li-PO memiliki daya tahan yang lebih tinggi dibanding Li-ion yang sebelumnya banyak dipakai di perangkat notebook.

Di laptop ASUS A455LD ini menggunakan baterai Li-Po. Tentu untuk perawatannya juga berbeda dan yang lebih penting adalah bagaimana menjaganya agar umur baterai laptop bisa bertahan lebih lama (tidak ngedropan).

Baterai ASUS A455LD
Konfirmasi dari Technical Support ASUS

Setelah aku memiliki laptop ini, mulai aku pelajari penggunaan baterai ini. Karena aku punya pengalaman buruk soal perawatan baterai laptop yang salah sehingga malah bikin ngedrop.

Oke, jika kamu ingin menjaga umur baterai laptop Asus A455lD agar lebih tahan lama, bisa mencoba cara ini.

1. Kalau Ada Sumber Listrik, Colok Saja Chargernya

Kalau kalian pas mau make laptop ini, dan di dekat kamu ada colokan listrik, pakai saja. Soalnya kalau sering dipakai dalam keadaan tanpa charging dan menunggung baterai sampai habis dulu, justru itu akan memperpendek umur baterai. Wear Levelnya cepet meningkat. Cek wear level pakai software Baterai Care.

2. Kalau Udah 100% Nggak Usah Dicabut

Kalau pas charging dan ternyata kapasitas baterai Asus A455LD ini sudah 100% Fully Charged, nggak perlu kamu lepas. Colok aja terus sampai kamu matiin laptop. Lhoh apa nggak malah Overcharge? Tenang aja sob, di Asus seri baru termasuk A455LD ini sudah ada fitur Auto Cut-off. Yang artinya ketika kapasitas baterai (dalam keadaan charging) 95%-100%, arus listrik tidak lagi masuk ke baterai (tidak ngisi baterai lagi). Jadi proses charging sudah terputus secara otomatis dan listrik yang digunakan langsung dari colokannya.

Kalau nggak percaya coba kamu praktekan. Ketika baterai sudah 100% Fully Charged, cabut saja adaptornya hingga kapasitas berada diantara 93% – 99%. Kalau sudah dalam range itu, kamu colok lagi adaptornya (charging) lalu arahkan kursor mouse ke atas ikon baterai. Pasti akan muncul tulisan (Plugged in, not charging). Kamu juga bisa cek pakai software Baterai Care.

Baterai Asus A455LD

3. Colok Dulu Baru Dihidupin, Matiin Dulu Baru Dilepas

Maksudnya, kalau mau pakai laptop ini sambil di charging. Usahakan langkah pertama laptop di colok adaptornya dulu jika sudah baru hidupin laptopnya. Sedangkan ketika waktu matiin, ya laptopnya dimatiin dulu baru colokan dilepas.

4. Jangan Sering Di Charging

Maksudnya gini, kan ada yang pakai laptop kalau baterai sudah 100% ya udah nggak di charging, nanti di charging kalau udah 10-20%. Nah, seperti ini sebenarnya nggak bagus. Pokoknya ikuti seperti poin 1 di atas.

5. Lakukan Kalibrasi

Kalibrasi ini gampangannya merefresh ulang baterai. Biasanya kalibrasi dilakukan jika sudah dilakukan pengisian ulang sebanyak lebih dari 30 kali, atau Wear level menunjuk angka yang tinggi. Atau indikasi lainnya adalah jika indikator baterai tidak bisa 100% meski sudah lama di charging.

Beli notebook ASUS yang sudah ada fitur auto-cut off di sini.

Lalu Bagaimana melakukan kalibrasi ini?

Karena aku belum pernah melakukan kalibrasi baterai di Asus A455LD ini, jadi aku share dari pengalaman orang lain saja. Berikut caranya :

Ada yang mengatakan kalau beberapa jenis laptop ASUS memiliki pengaturan BIOS yang digunakan untuk kalibrasi baterai. Untuk bisa menggunakannya, kamu bisa reboot laptop lalu tekan F2, lalu cari pilihan “Start Battery Calibration“. Maka BIOS akan melakukan pengisian baterai hingga penuh, lalu kamu akan disuruh untuk melepas power adaptop laptop dan membiarkannya untuk proses pengosongan baterai. Jika baterai telah habis, maka proses kalibrasi selesai dan Restart laptop masuk ke sistem operasi seperti biasanya.

Namun, jika di BIOS laptop ASUS kamu tidak memiliki fitur ini, terpaksa harus melakukan secara manual. Begini caranya :

  1. Lakukan pengisian baterai hingga penuh.
  2. Setelah benar-benar penuh, cabut power adaptor dan lakukan reboot.
  3. Setelah kamu ke power option untuk mematikan semua notifikasi alarm baterai ketika baterai menunjuk level low.
  4. Biarkan laptop Anda mati sendiri karena baterai benar-benar habis.
  5. Setelah itu lakukan pengisian ulang sampai penuh kembali dan jika sudah lakukan reboot lagi. Maka laptop bisa digunakan kembali seperti semula.

Nah, itu sedikit sharing soal menjaga umur baterai ASUS A455LD agar lebih awet. Ada pertanyaan? Sampaikan di kolom komentar.

Baca Artikel Lainnya :

224 komentar

  1. Berlaku untuk jenis laptop yang pakai baterai Lithium Polymer 😀 tapi nggak tahu apakah merk lain ada fitur Auto Cut-off nya kalau udah 100%

  2. Kalau baru beli usahakan di charge dulu kurang lebih 8 jam, baru setelah itu dipakai. Dan dilihat wear levelnya.

  3. Aman mas, saya pun sering main PES 2015 pakai laptop ini 😀 Tapi rekomendasi saya di upgrade dulu RAM nya, minimal 4GB lah…. terus kalau ngegame tetep di colok listrik (charger) aja, biar baterai awet.

  4. Hmmm… laptop saya ASUS seri A455L (Tanpa ada kata D-nya) apakah baterainya lithuim polimer kah? Ada fitur Auto Cut-off kah? Terima kasih

  5. Halo, sama aja gan ada D atau tidak… laptop sekarang ini khususnya ASUS pakainya baterai Li-Po. Untuk Auto Cut-Off ada. Di cek aja, kalau pas kapasitas baterai 98% coba dicolok chargernya, nanti pas muncul "Plugged in, not charging"

  6. Wah mantap langsung di bales komentar saya, padahal baru beberapa menit yang lalu saya komentar 😀

    Oke gan terima kasih banget udah ngejawab pertanyaan saya, sukses selalu gan blognya 😀

  7. Maaf gan tanya lagi, kok setelah sudah 98 persen baterai saya tidak ada notif "Plugged in, not charging" ya?

  8. Notifnya emang nggak muncul sendiri, tapi taruh kursor di atas indikator baterai, nanti muncul gini >> http://prntscr.com/9f6959

  9. Gan kalo chargernya panas itu gapapa? Soalnya kalo saya pake gaming suka panas chargernya

  10. gan punya ane A455LD WX110D kok plugged in, charging terus ya ? padahal udh sampai 100% tetep saja

  11. Coba cek pakai Software BatteryCare, lihat gambar ini http://prntscr.com/9idlhm

  12. Silahkan tanya lewat komentar ini saja, biar pertanyaan kamu juga bisa dibaca yang mungkin punya masalah seperti pertanyaan kamu. Pasti aku jawab, kalau aku bisa jawab. Thx

  13. gini laptop saya asus A455L udah di cek wear levelnya dan udah 12,44% itu harus di kalibrasi atau gimana?

  14. Sudah dipakai berapa bulan itu laptop? dan penggunaan sehari-hari gimana? apa selalu dicolok ke listrik atau kalau pas baterai habis terus colok?

    Saran pertama sebaiknya lakukan pengisian baterai selalu ketika dipakai. Isi full dulu, lalu lepas colokan, gunakan hingga persentase 80-95% lalu colok lagi. begitu terus sampai wear level turun.

    Kalau nggak turun-turun, lakukan kalibrasi.

  15. Tapi sebaiknya kalau mau kalibrasi, cek dulu pakai BatteryCare, apakah sudah disarankan untuk dilakukan kalibrasi >> cek gambar ini http://batterycare.net/images/ss/ssbc06.png

  16. Bang, laptop saya a455l pas saya cek wear level nya sudah 10,56% . Laptop sudah digunakan 6 bulan lebih . Apa itu normal atau tidak ?
    Terus kalo misalkan cara turun wear level kan full charge terus cabut , lalu colok lagi jika sudah 80-95% . Cabut charging setiap full atau gimana ?

  17. Jangan, sering2 dicabut, kalau ada sumber listrik colok aja chargernya, meskipun baterai udah 100%. Baca artikel ini : https://www.virmansyah.info/2015/12/tentang-wear-level-cycle-baterai-kalibrasi.html

  18. bro mau nanya, kalo dari SS berikut betrai laptop saya apakah normal ?
    http://prntscr.com/9lx4z5

    terimakasih

  19. Wear Level udah gede, sepertinya sudah saatnya dilakukan Kalibrasi. Coba dicek juga pakai BatteryCare. Itu baterainya pakai Lithium Ion ya? Ini laptop keluaran lama apa baru sih

  20. nah ini bro beda ama pake betray care waer level nya –> http://prntscr.com/9lxcut

    keluaran 2015 bro , pke Li-Ion

  21. Normal-normal saja. Sekarang gini, kalau ente ngerasa baterainya boros, coba buat di kalibrasi. karena ente yang merasakannya sendiri

  22. Mas mau nanya, kemarin laptop saya A455LD dibongkar terus batrenya dicopot. Pas dipasang kembali laptop langsung hidup sendiri, setelah itu ada tulisan plugged in, not charging padahal gak di charge, pas di charge gak mau ngisi. Gimana cara ngatasinnya gan?

  23. Ngatasinya ya dibongkar lagi, pastikan masangnya bener, kemungkinan itu ada yang salah. (Jangan tanya salahnya dimana, saya bukan tukang servis). Lebih baik bawa ke tempat service kalau emang dirimu nggak yakin bisa memperbaiki sendiri.

  24. Gan kok Asus A455l ane batre nya Lithium Ion bukan Li-Po ?? Fast Respond ya gan ..

  25. sabar bos, saya nggak online terus, jadi nggak bisa Fast Respond.

    Silahkan liha saja konfirmasi dari pihak ASUS nya >> http://prntscr.com/9qcjr5

  26. bang punyaku sudah 100% kok nggak not charging ya? padahal kmaren ada notifnya not charging,,
    kalo misalnya nggak aku cabut casnya gpp ta? >> http://prntscr.com/9sg1l2

  27. coba cabut dulu, terus biarin sampai 95-99% baru dicolok, nanti muncul Plugged in not charging gak

  28. gan.. laptop ane baru pakai 1 bulan.. tpi wear levelnya udh 6%.. laptop ane asus jg merk a455lf.. itu wear level ane tinggi gr2 pemakaian ane salah.. ane baru tau kalo cara charge nya seperti yg agan sebutin diatas.. kira2 wear lvl ane bisa nurun gak gan

  29. Asus a455l hbis instalasi windows dan program2nya d tinggal bentar tiba2 mati dan gk bisa menyala, knp gan? Windows 8.1

  30. gan ane ada laptop kayak ente. itu kok di kardusnya tulisannya Li-ION tanpa ada tambahan polymer ya? apa karena perbedaan tahun ya? saya beli di tahun 2014. kalo saya ganti baterai gitu yang harusnya pake Li-ion tapi beli yang Li-Po bisa ga? makasih 😀

  31. Gan, laptop ane juga sama kayak ente a455l, tp dah 100% kok tetep plugged in,charging ya ?

  32. Mas klo wear levelnya seperti ini apakah masih normal atau tidak? Bagaimana cara menurunkan wear levelnya?
    http://prnt.sc/abuqpj

  33. Saya baru menggunakan laptop itu sekitar 2 minggu, apakah wear level baterai laptop saya normal mas?

  34. mau tanya, saat laptop saya mau matikan baterai laptop 49% beberapa jam kemudian saya nyalakan kok tiba tiba baterainya 100% lalu saya restart lagi dan baterai kembali seperti saatmau dimatikan, ini kenapa ya?

  35. Mas mau tanya baterai laptop lipo tapi saat saya liat pas 93% keatas kok gak not charging ya? Padahal kemarin kemarin not charging, oh ya mas tolong bales pertanyaan saya kemarin please

  36. gan saya mau tanya laptop saya asus a455ld , kenapa ya gan klo habis pemakaian lama trus di shut down, lampu indikatornya tidak mau mati.?

  37. udah, tapi tetep charging, kemarin kemarin kalo dirange sekitaran itu mesti not charging, gimana ya?

  38. waduh apa nya, coba pakai baterai sampai habis dulu, terus di charger sampai full.

  39. Bray , mau nanya notebook asus A455LF-wx039t , baterainya Non-Removable , tipe yg digunakan baterai nya apa ya ??
    kalau ngecesh baterainya, apa notebook posisi mati Atau pas waktu nyala / dipakai sambil ngeces ??? lebih baik yang mana ??

    maklum newbie saya…
    Terima Kasih….

  40. Bray , mau nanya notebook asus A455LF-wx039t , baterainya Non-Removable , tipe yg digunakan baterai nya apa ya ??
    kalau ngecesh baterainya, apa notebook posisi mati Atau pas waktu nyala / dipakai sambil ngeces ??? lebih baik yang mana ??

    maklum newbie saya…
    Terima Kasih….

  41. setahu saya pakai tipe Li-Po, kalau dipakai usahakan tetap dicolok adaptor saja. selama masih ada sumber listrik.

  42. laptop asus a455lf dh ada fitur auto cut-offnya blm? klw digunakan sambil dicharge full sampai 100% ada bacaan not charging, v pas cek di batterycare ,charge/discharge rate: +1.1 w

  43. mas laptop saya pas dipake sambil dicolok adaptor wear levelnya malah naik dri 1.7%- 2,33%. gmana cara nurunin wear levelnya, asus a455lf. makasih 🙂

  44. 1. Colok adaptor ke sumber listri dulu,
    2. Colokan ke laptop
    3. Hidupkan listrik (adaptor)
    4. Hidupkan laptop.


    Cara mematikan laptop sebaliknya.


    Usahakan ketika dipakai, jangan cabut pasang charger.


    pakai laptop tanpa di charger dulu sampai indikator 70-80%, setelah itu dicharger sambil dipakai, hingga 100%.


    saya gak tau persis gimana cara menurunkannya, pengalaman saya beberapa waktu yang lalu wear level 3% nan, tapi sekarang aku cek udah 0,xx%.


    Intinya cara penggunaan harus diperhatikan.

  45. wear levelku 3.66 % wahhh wes mulai lelahh padahal lagi 1 bulan lebih

    http://prntscr.com/aknxiv

  46. Thanks gan
    Ilmunya mantap kebetulan aku punya sama dengan yang mas punya…..
    Laptop maksud nya 😀

  47. ini laptop punya aku wear levelnya 16% udah, sudah dipake 1 tahun setengah, gimana cara menurunkan wear levelnya?

  48. Ada solusi gan aplikasi buat widow 10, ane cek batterycare supportnya win 7/8…

  49. tempat ane kagak mau om win 10, dia minta net framework 3.5 …. padahal win 10 net framework 4.61…
    mohon solusinya…

  50. Saya mau nanya nih,kalo batre yang udah ada sistem auto cut off nya amanya sehari di pake berapa jam ya? Atau apakah bisa sampe 24 jam sehari? XD

  51. aman, tapi kalau terus-terusan ya mengurangi umur laptop, kalau mau dipakai 24 jam ya pakai PC aja.

  52. mas kok wear level saya 16,45% gimana ya
    itu normal gak
    klo gak normal bisa gak kembali k normal mas
    cara nya gimana biar bisa normal lagy mas

  53. Saya pakainya paling sehari itu cuman 4-7 jam an,jadi apakah amankan jika pake fitur ini setiap hari ?

  54. mau nanya, bukankah jika laptop di gunakan sambil di cash akan berbahaya karena menimbulkan radiasi yang tinggi dari aliran listrik? bagaimana?

  55. min laptop ane asus A455LF tipe baterainya Li-ion Pol apakah sama cara perawatannya min, thx

  56. Apakah Asus A455LB dan Asus A455LF juga punya fitur auto cut-off?
    Cara tahunya dari mana ya?
    Terima Kasih

  57. Cara mengetahuinya sudah saya sebutkan di atas. Tandanya ada tulisan "Plugged in, not charging". Silahkan baca lagi artikelnya di bagian tengah.

  58. Sekedar membantu orang yang kesulitan menginstall net 3.5
    Cara install net 3.5 ada 2 macam yaitu Demand / Enable. Prosedur yang diberikan oleh batterycare itu Demand. Pakai cara enable untuk menginstall net 3.5 100% work. ud ane tes.
    Silahkan buka link ini untuk panduannya tapi english.
    https://msdn.microsoft.com/library/hh506443%28v=vs.120%29.aspx

    Saran saja, sekali-kali coba klik solve problem atau troublesolving yang ada di windows ketika gagal menginstall sesuatu.

  59. Min. Pemakain 1.5 bulan wear level 4% normal ga? Kasusku sama sperti yang diatas. Tidak tau klo ad fitur auto-cut. Taunya dari sini malahan. Best deh review dan tipsnya.

  60. Gan kan saya baru beli notebook asus x454w, tipe batterynya sama li-po. Sebenernya lebih baik chargernya dicabut pas 100% terus dicharger lagi pas 20% atau dicharger terus karna udah ada auto cut-off nya? Karna saya masih ragu harus pakai cara yang mana. Kalau battery li-po dicharger terus gak akan ngerusak battery kaya type li-ion kan gan?

  61. Kalau ada fitur auto-cut off nya lebih baik dicharger terus aja meski udah 100%

  62. asus saya tipe a455ln pas ud 100% tulisan nya full charged 100% tanpa tulisan Plugged in, not charging apakah sama saja???

  63. Coba lepas dulu, kalau sudah 99% ke bawah, baru colok charger, cek apakah tulisannya sudah "Plugged in, not charging"

  64. Saya baru beli laptop model ini, Trs saya nyalakan dan sambil say cas, tp status powernya "pluged in not charging" kl itu kenapa ya mas? Apakah ini krn istruksinya hrs d cas dl 3 jam sblm pemakaian pertama?

  65. Status tsb muncul karena ada fitur auto-cut off, bisa dibaca2 artikel terkait soal ini.

  66. Mas punya saya kok sekarang fitur auto cut off nya gak aktif ya?, padahal kemarin masih aktiv kalau udah 90persen

  67. harga baterei non-removable berapaan ya gan yg asus? pernah ganti gak? tadi nanya CS sih bisa, cuman lupa nanya harga.

  68. Kak, laptop saya asus x453s dan baterainya non removeable. nah stelah saya baca artikel kakak, saya praktekkan dan keluar tulisan plugged in, not charging.
    Itu aman kan Kak utk laptop dlm jangka panjang kalo dipraktekkin terus?
    Makasih.

  69. Ah kamu pasti fast reading nih, 😀 coba baca dan pahami artikel di atas, pasti tahu maksudnya 'plugged in not charging'.

    Maaf, bukannya nggak mau jawab langsung, tapi biar bener paham sama artikel di atas 😀 #HappyReading

  70. kenapa ya min laptop asus A455L saya pas ngeca sudah penuh gak ada bacaan nya (Plugged in, not charging)saat batrai nya udah penuh apakah aman di pakai sambil main

  71. Ya wajar g muncul, lha pas ngisinya dibawah 90%, coba kalau udah 100% dicabut bentar, terus pasang lagi, pasti nanti muncul.

  72. Kak, mau nanya..
    Saya baru beli laptop yg sama serinya kayak kakak cuman saat saya cas kok gk naik2 ya baterainya? Mohon masukkannya

  73. Lha ada arus listrik masuk nggak 😀 Jangan-jangan belum dicolok ke listrik. Coba check pakai "battery care" terus lihat arus masuknya. kalau ada arus tapi indikator g naik, mungkin cuma OS nya…. btw pakai OS apa? Win 7 ?

  74. Kemarin coba kalibrasi tp kok wear level ga turun ya? Malah naik. Skrg jd 5%. Trs ane baca2 diatas kalo wear level bisa turun. Pny ane ga perna turun. Tetap aja alias konstan. Padahal ud ikutin cara diatas.

  75. laptop saya asus A456U pasti ada gak sih auto-cut off nya? soalnya ini terbaru dari A455LD/A455L . thanks

  76. Kak mw tanya, saya brsn beli a555lb, itu termasuk lipo dan ada fitur cuoffnyakan? Kan a555lb sodara ma a455l cuman beda ukuran layar. Brt kalau misa di kos2an buat ngegame gt mending lgsg colok trus aja br nyalain n mainan ya kak? Tolong jawab kak, mksh

  77. Min saya mau nanyak, laptop saya itu pass ngecas udah ada sih tulisan not changering tapi tam cek di battrecare kok charger nya 1.1mhz gitu gimana itu min?? Atau boleh dicas terus kalau udah 100% itu ??

  78. mas ane mau tanya,laptop ane asus X455L batterai wear levelnya udah 6% padahal baru 3 bulan beli gimana cara turuninnya mas?

  79. Min, mau nanya.

    1. Status baterai laptop gue kaya begini http://prnt.sc/bol6gg
    itu fine gaa ya?

    2. Di screenshot tersebut "Charge/discharge rate: -6.1w" itu wajar min?

    3. Kadang kalau udah 100% status baterai "fully charged" terus. Jadi perlu dicabut sampai 96% abis itu dicolok lagi baru "plugged in, not charging" namun seperti pertanyaan no. 2 charge/discharge rate nya selalu bernilai negatif. Apa itu ga masalah?

    Sudah min itu aja, penggunaan laptop masih baru min sekitar tgl 16 juni 2016 hingga sekarang dan modelnya Asus a455lb.

    Terima kasih min, mohon dijawab min. Please dijawab hehe.

  80. Mas ane baru beli laptop dgn batre Li-PO. Berapa lama waktu ngecharge awalnya ya, sampai batre penuh atau sampai 8 jam. thx

  81. mas.. kalau update ke windows 10 tapi ram cuman 4 gb , apakah ada masalah mas? suwun

  82. Kak kmren abis beli laptop Asus a455ld tapi ga lgs tek charge 8 jam, itu ntar ada pengaruhnya ga?

  83. Mau tanya laptop sy asus x450cc pmakaian 1thnan wear level 20% sy mnanyakan ko battery sy mentok di 89 persen tdk bs full dan indikator hijau ?

  84. Gan kalau kita memakai laptopnya cuma sebentar misal 15-30 menitan, sebaiknya di colok chargenya atau ga usah ?

  85. Gan laptop saya ASUS X555DG dan kalo cursor di arahkan ke baterai kayak gini -> http://prntscr.com/c3wcjn

    Tapi kalo di klik ada tulisan not charging nya
    Di cek pake BatteryCare charge/discharge rate nya 0 W

    Ada masalah ga tuh?

  86. Sore gan, mau nanya nih. Batere laptop ane kalo full tulisannya fully charged, udah ane coba pake sampe 93% tapi tetep fully charged ketika 100%. Ketika ane cek di battery care ada daya yg masuk sekian watt. Lalu ane close battery care dan masuk lagi ternyaya charge/discharge rate jadi 0 W. Apakah laptop ane udh ada fitur auto cut off dan apakah statistik di battery care ga realtime? Maksudnya harus di refresh dulu supaya dapet statistik yg pas.

  87. Gan mau tanya nih battery saya udah 100% masih ngecharge, tipe laptop saya ASUS 456UR, apa laptop saya belum ada fitur autocutoff ??? saya sudah pakai app battery care buat monitoring battery saya. meski udah 100% masih g berhenti ngecharge. apa perlu app / settingan buat autocuttoffnya gan ???
    mohon bantuannya gan…

  88. Kang…mo tny nih….

    wear level : 6.21%
    Baterai : Li-Po
    Discharge cycle : 11/30
    Pemakaian : +- 2 bulan..

    1. Kira2 kondisi batere saya wajar ato tidak ?
    2. Gimana cara turunin wear level ?
    3. Apakah perlu dilakukan kalibrasi ?

    Tnx

  89. 1. Wajar/Tidaknya tergantung dari cara pemakaian masnya sendiri, jadi saya tidak bisa menyimpulkan.
    2. Coba jangan sering lepas pasang charger. Kalau ada colokan, selalu pasang saja ketika digunakan.
    3. Belum perlu, jika sudah 30/30 baru perlu dilakukan.

  90. asus A455LF dalam keadaan di colok tapi battery gak sampe full 100% cuma sampai 99% dan ada tulisan not charging ? itu gimana masbro ,biasa nya sampe 100% baru cut-off auto

  91. Gan,, saya baru beli laptop belum ada seminggu. Kata tokonya udah di cas tapi kalau udah 10% dicas 3 – 4 jam tanpa dimainkan, itu maksudnya suruh dihabiskan dlu baru dicas apa gpp dimainkan sambil dicas?? *typeX540L

  92. Mungkin maksudnya waktu beli baru, lebih baik dilakukan pengisian ulang terlebih dahulu tanpa dipakai (dinyalakan).

  93. Klo pas 95% sya colok adaptor tulisannya tetep "plug in, charging" itu gmna ? Dibaterai care jg ada arus masuk. Leptop ane klo dicas cuma bisa sampai 99% gk bisa 100% itu knpa ya ? Mohon balasan nya

  94. bg sya rencanya mau belli asus a455lb itu baterai nya sma kyk laptop abg apa bukan, dan satu lagi guna kalibrasi itu untuk ap y

  95. kalo udah 100% tapi di batterycare charge/discharge rate nya masih +1,2W itu udah auto cut off apa belum ya gan, laptop ane asus a456ur

  96. Berarti baterai sudah nggak sehat. Coba dilakukan kalibrasi dulu, barang kali bisa sembuh

  97. Kak aku mau tanya laptop aku sama kayak kakak. Tp semenjak 1 bulan ke belakang setiap charge itu dak pernah sampe ke 100% cuma sampe 74% dan itupun low nya cepet banget. Kira kira itu kenapa ya? Dan solusinya gmn ya??

  98. Mau tanya, laptop asus yg memiliki fitur auto cut off itu apa hanya seri A455L aja? di seri X455L gak ada?

  99. Mas saya membiarkan laptop asus a555ld membiarkan ngecas pada malam hari. Sewaktu itu baterai laptop saya malam jam 10 malam udah 10%. Pas besok subuh jam 5 subuh baterai nya udah 100%. Yang saya tanyakan adalah apa dampak biruknya jika ngecas laptop terlalu lama ? Bagaimana cara mengatasinya ?

  100. Halo mas saya mau tanya sedikit waktu saya pake cara mas selama 1 hari ini tingkat wear saya pada indikator baterycare sedikit demi sedikit turun itu wajar"aja atau ada masalah? Contoh pagi hari wearnya 5% trs saya matikan dan sore saya nyalakan wearnya menjadi 4% apakah hal seperti ini aman atau tidak aman?

  101. Baterycare juga menandakan tidak ada watt yg masuk lalu saya exit dan buka lagi yg terjadi seperti saya jelaskan di bawah wear saya 15,09 menjadi 13,99 ini normal"aja atau malah jadi masalah?

  102. Kan saya ikutin cara abang dan sesuai 99% dan chargernya saya colokkan sama kyk gambar yg di artikel abang

  103. Bang sebelumnya wear saya kan 15,09 tuh sekarang saya pake cara abang kalo baterai tetep harus di charge wearnya turun jadi 13,99 itu masalah atau wajar"aja bang?

  104. Nah bang setengah jam yg lalu saya malah ke hapus baterycarenya dan sebelumnya wearnya 15,09 sekarang wearnya turun menjadi 14,05 itu wajar apa gk ya bang?

  105. Bang kalo seperti ini bisa buat nurunin wear apa gk? Atau juga bisa naik atau tetap aja? Trs saya juga mau tany kalo saya berpergian dan saya sempet chargen laptopnya pas 20%itu bisa nambah wear ya bang?

  106. Eh bang kelupaan maaf saya banyak tp kalo misalnya saya pergi dan gk ada tempat charge trs waktu di charge itu baterai dalam keadaan 20%boleh gk bang seperti ini? Dan kalo seperti ini bisa nambah wear gk? Trs bang saya juga mau tanya cara seperti ini bisa nurunin wear juga atau bikin naik atau tetap saja?

  107. Ok bang makasih tp cara seperti ini bisa bikin wear laptopnya naik atau tetap ya? Trs kalo misalnya saya pergi keluar trs saya cabut dari chargenya itu bikin nambah wear gk bang?

  108. Nah bang saya kan sering ngegame tp sesuai spek lah mainnya itu kalo udh full tp tetap di charge walaupun sambil boleh gk bang?

  109. Tidak perlu, gunakan saja sewajarnya dulu. Dan kalau dipakai laptopnya, lebih baik sambil dicolok listrik

  110. Halo bang saya selama 6 bulan ini punya laptop ASUS A455LF dan sebelumnya saya tidak pernah baca artikel ini untuk perawatan baterai.Waktu saya cek wear level saya 15,09 itu normal apa gk ya? Dan apakah perlu di kalibrasi? Soalnya sebelum baca artikel ini saya habis charge 100% saya cabut aja.

  111. bang saya punya laptop asus A455LF wear levelnya sekitar 15.09% pemakaian baru 9 bulan atau 10 bulan itu normal apa gk ya?
    soalnya saya krng ngerti kalo baterai full tetep di charge.

  112. bang, laptop saya A455lf.
    Mau nanya.. auto cut pada saat laptop mati berfungsi apa tidak?
    Kalau charge laptop keadaan mati kira-kira berapa lama sampai 100%.
    mkasih..

  113. Gan laptop saya A456UR, wear level nya udah 12,50% karena saya ga tau kalo udah 100% mending terus di colok aja sedangkan saya udah 100% malah dicabut, apa perlu di kalibrasi? soalnya saya cari di bios "Start Battery Calibration" gak ada. Gimana cara nurunin wear level nya ya gan?

  114. Gan laptop gua asus XA455LD ane masih bingung. Kalo gua nge cas sambil maen game pasti nga sampe 100% tapi kalo di biarin 100%. Lalu kalou mau liat wear levelnya di mana gan, sama auto cut off itu di mana di liatnya ?

  115. Kalo kaya tips dari yang ketiga tapi harus tunggu lima menit setelah dicolokin baru dinyalain, dan tunggu lima menit setelah dimatikan baru dicabut itu gimana gan?

    apa boleh langsung ga perlu tunggu lima menit?

    maaf gan banyak tanya, maklum newbie

  116. Terus kalo pake mode baterai beberapa detik aja, wear levelnya pasti langsung nambah, apa itu wajar juga gan?

  117. Gan ane mau nanya, laptop ane asus A456UR pemakaian kurang dari 2 bulan tapi wear levelnya udah 3% lebih itu wajar gak ya?

    gara2 ane main game posisi nyolok listrik (not charging) trs tiba2 mati lampu tapi ane ga sadar & lanjut main game, pas keluar game ane cek wear levelnya nambah.

    trs cara mengurangi wear level gimana ya gan??
    Terimakasih

  118. mas , kenapa ya laptop saya pas udh 99% msh charger trs sampe 100%
    pd hal pas udh 100% saya lepas trs saya tunggu sampe 99%
    malah gk muncul" not charging nya

    tp pas kemarin saya pakai ada muncul not charging nya dan skrg gk ad

  119. Katanya indikasi harus ngelakuin kalubrasi itu "jika indikator baterai tidak bisa 100% meski sudah lama di charging."

    Jadi yg bener yg mana ? Aman aman aja atau harus kalibrasi om?

  120. untuk keterangan baterai 100% bukan plugged in not charged lagi ya ?
    tapi fully charged, ga masalah kan kalo dicharge terus selama penggunanaa?

  121. tidak masalah. itu karena pengaruh fitur auto cut off, jadi meski 98% daya akan memutus pengisian ke baterai. jadi intinya aman.

  122. saya mau tanya, untuk batery asus A455LA..
    waktu ngecas itu 98% plugged in not charged, nah setelah penggunaan saya matikan dan sengaja tetap dicas lama, tapi pas saya buka lagi keterangannya masih tetap 98%..

    apa itu gangguan atau bagaimana?
    terimakasih

  123. pas kebetulan baru cari-cari info tentang baterai.. ternyata malah dapat info valid dari blogmu di..
    aku selama ini salah malahan.. pantesan wear level wes 10% wkwkwkwk… tapi jarena nek dicharge suwee ntar turun sendiri ya wear level e

    1. Tergantung baterainya sama fitur di laptopnya kayaknya mas. Ada yang dicharge terus malah jadi drop

  124. sya baru beli laptop asus x441m. Pas beli hri pertma sya ngecas laptop sktr 30 menit. Sya cek wrna indikatornya kuning akhirnya dicabut. Baru pake 1 jam baterai lngsng berkurang dri 97% – 78%. Wajar ngga mas baterai berkurang 19% dipake 1 jam??

    1. Kalau gak salah X441MA menggunakan intel celeron dg TDP 6 watt. Sebenarnya saya agak terkejut mendengar laptop ini bisa menghabiskan daya diatas 15% dalam 1 jam jika digunakan untuk penggunaan ringan. Tapi kalau 20% dalam 1 jam dipakai nge-game atau multitasking aplikasi yang agak berat ya wajarlah, malahan itu tergolong irit, artinya kalau konsumsi daya terbesarnya hanya segitu mungkin bisa bertahan 5 jam lebih dari 100% hingga 0%.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *