Begini Cara Menjaga Umur Baterai Laptop ASUS A455LD Agar Lebih Tahan Lama

Ada yang punya laptop Asus A455LD? Jika ada toss dulu, berarti kita sama. 😀 Ini bukan promosi lho ya, tapi hanya sekedar ingin berbagi saja terutama soal cara menghemat baterai laptop Asus A455LD ini.

ASUS A455LD
Image via Kaskus.co.id

Aku yakin pasti yang baru aja punya laptop ini akan bertanya-tanya, lhoh kok baterainya nggak ada?

Hehe, tenang baterai Notebook Asus A455LD ini ada kok, cuma model baterainya nggak kayak laptop-laptop jaman dulu. Sekarang ini modelnya emang tanem baterai, jadi kalau mau ngelepas baterai ini ya harus bongkar laptopnya. 😀

Baca juga: Hati-Hati Ketika Upgrade RAM Laptop ASUS A455L

Tapi jangan khawatir, meskipun baterainya tanem tapi banyak banget keunggulannya. Owh ya, baterai tanem seperti ini bahasa kerennya adalah Baterai Non-Removable sob. Sedangkan baterai yang bisa dicopot itu namanya Baterai Removable. Biasanya, baterai non-removable ini sudah menggunakan baterai jenis Li-Po atau Lithium Polymer.

Sudah ada yang tahu karakteristik Baterai Li-Po (Lithium Polymer)?

Salah satu karakteristiknya yakni bisa memiliki Discharge Rate yang lebih tinggi. Ini artinya baterai Li-PO memiliki daya tahan yang lebih tinggi dibanding Li-ion yang sebelumnya banyak dipakai di perangkat notebook.

Di laptop ASUS A455LD ini menggunakan baterai Li-Po. Tentu untuk perawatannya juga berbeda dan yang lebih penting adalah bagaimana menjaganya agar umur baterai laptop bisa bertahan lebih lama (tidak ngedropan).

Baterai ASUS A455LD
Konfirmasi dari Technical Support ASUS

Setelah aku memiliki laptop ini, mulai aku pelajari penggunaan baterai ini. Karena aku punya pengalaman buruk soal perawatan baterai laptop yang salah sehingga malah bikin ngedrop.

Oke, jika kamu ingin menjaga umur baterai laptop Asus A455lD agar lebih tahan lama, bisa mencoba cara ini.

1. Kalau Ada Sumber Listrik, Colok Saja Chargernya

Kalau kalian pas mau make laptop ini, dan di dekat kamu ada colokan listrik, pakai saja. Soalnya kalau sering dipakai dalam keadaan tanpa charging dan menunggung baterai sampai habis dulu, justru itu akan memperpendek umur baterai. Wear Levelnya cepet meningkat. Cek wear level pakai software Baterai Care.

2. Kalau Udah 100% Nggak Usah Dicabut

Kalau pas charging dan ternyata kapasitas baterai Asus A455LD ini sudah 100% Fully Charged, nggak perlu kamu lepas. Colok aja terus sampai kamu matiin laptop. Lhoh apa nggak malah Overcharge? Tenang aja sob, di Asus seri baru termasuk A455LD ini sudah ada fitur Auto Cut-off. Yang artinya ketika kapasitas baterai (dalam keadaan charging) 95%-100%, arus listrik tidak lagi masuk ke baterai (tidak ngisi baterai lagi). Jadi proses charging sudah terputus secara otomatis dan listrik yang digunakan langsung dari colokannya.

Kalau nggak percaya coba kamu praktekan. Ketika baterai sudah 100% Fully Charged, cabut saja adaptornya hingga kapasitas berada diantara 93% – 99%. Kalau sudah dalam range itu, kamu colok lagi adaptornya (charging) lalu arahkan kursor mouse ke atas ikon baterai. Pasti akan muncul tulisan (Plugged in, not charging). Kamu juga bisa cek pakai software Baterai Care.

Baterai Asus A455LD

3. Colok Dulu Baru Dihidupin, Matiin Dulu Baru Dilepas

Maksudnya, kalau mau pakai laptop ini sambil di charging. Usahakan langkah pertama laptop di colok adaptornya dulu jika sudah baru hidupin laptopnya. Sedangkan ketika waktu matiin, ya laptopnya dimatiin dulu baru colokan dilepas.

4. Jangan Sering Di Charging

Maksudnya gini, kan ada yang pakai laptop kalau baterai sudah 100% ya udah nggak di charging, nanti di charging kalau udah 10-20%. Nah, seperti ini sebenarnya nggak bagus. Pokoknya ikuti seperti poin 1 di atas.

5. Lakukan Kalibrasi

Kalibrasi ini gampangannya merefresh ulang baterai. Biasanya kalibrasi dilakukan jika sudah dilakukan pengisian ulang sebanyak lebih dari 30 kali, atau Wear level menunjuk angka yang tinggi. Atau indikasi lainnya adalah jika indikator baterai tidak bisa 100% meski sudah lama di charging.

Beli notebook ASUS yang sudah ada fitur auto-cut off di sini.

Lalu Bagaimana melakukan kalibrasi ini?

Karena aku belum pernah melakukan kalibrasi baterai di Asus A455LD ini, jadi aku share dari pengalaman orang lain saja. Berikut caranya :

Ada yang mengatakan kalau beberapa jenis laptop ASUS memiliki pengaturan BIOS yang digunakan untuk kalibrasi baterai. Untuk bisa menggunakannya, kamu bisa reboot laptop lalu tekan F2, lalu cari pilihan “Start Battery Calibration“. Maka BIOS akan melakukan pengisian baterai hingga penuh, lalu kamu akan disuruh untuk melepas power adaptop laptop dan membiarkannya untuk proses pengosongan baterai. Jika baterai telah habis, maka proses kalibrasi selesai dan Restart laptop masuk ke sistem operasi seperti biasanya.

Namun, jika di BIOS laptop ASUS kamu tidak memiliki fitur ini, terpaksa harus melakukan secara manual. Begini caranya :

  1. Lakukan pengisian baterai hingga penuh.
  2. Setelah benar-benar penuh, cabut power adaptor dan lakukan reboot.
  3. Setelah kamu ke power option untuk mematikan semua notifikasi alarm baterai ketika baterai menunjuk level low.
  4. Biarkan laptop Anda mati sendiri karena baterai benar-benar habis.
  5. Setelah itu lakukan pengisian ulang sampai penuh kembali dan jika sudah lakukan reboot lagi. Maka laptop bisa digunakan kembali seperti semula.

Nah, itu sedikit sharing soal menjaga umur baterai ASUS A455LD agar lebih awet. Ada pertanyaan? Sampaikan di kolom komentar.

Baca juga:

WhatsApp
Telegram


221 Comments

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Your email address will not be published. Required fields are marked *