#Blogging for Human

Jumat, 18 Oktober 2013

Berselancar di Situs Resmi Indonesia.Travel, Wonderful Indonesia

Bicara tentang Indonesia itu tak ada habisnya. Negara dengan luas 1.919.440 km² ini memiliki beranekaragam budaya, adat, suku, dan yang tak kalah menariknya yaitu tempat-tempat wisatanya yang tak kalah dengan negara lain.

Dari Sabang sampai Merauke, disetiap sudut pulau pasti memiliki tempat wisata yang indah, eksotis dan bahkan belum terjamah oleh manusia. Buat yang mengatakan Indonesia Tak Indah, berarti dia belum mengelilingi keindahan-keindahan yang tersimpan di negeri ini.

Memang, untuk mengelilingi Indonesia perlu waktu, apalagi Indonesia negaranya kaya akan pulau-pulau, sehingga hal ini membutuhkan transportasi yang tak hanya sekali.

Tapi tenang saja, teknologi membantu kita. Jika kita belum sempat keliling negeri ini, alangkah baiknya kita mencari tahu dulu tempat-tempat terselubung yang eksotis dan indah yang belum pernah kita kunjungi.

Indonesia Travel Wonderful Indonesia


Indonesia.Travel, Situs Resmi Tempat Informasi Wisata Indonesia

Wonderful Indonesia, yeah, dukungan teknologi yang semakin maju ini memudahkan kita untuk mencari tahu informasi-informasi tempat wisata di Indonesia yang mungkin belum pernah kita dengar sebelumnya. Tak perlu bertanya kepada orang-orang, cukup buka notebook atau gadget dan selancarlah ke dunia maya dengan mengetikkan di Address Bar alamat www.indonesia.travel, maka anda akan diajak menuju ke sebuah laman yang di dalamnya anda akan menemukan informasi-informasi yang membuat anda tercengang seputar Indonesia, ternyata Indonesia itu kaya toh. Ya, di Website tersebut kita dapat menemukan informasi sekilas tentang Indonesia, flora fauna, tempat wisata, kebudayaan indonesia, tempat destinasi menarik di Indonesia dan lain sebagainya. Pokoknya dalam satu website yang komplit akan informasi mengenai Indonesia.

Bagi yang belum tahu Indonesia.Travel, Indonesia.Travel ini adalah sebuah situs resmi yang menyajikan informasi-informasi tentang Indonesia khususnya dalam bidang travel (wisata, budaya, dan yang berkaitan dengannya). Sehingga anda tak perlu lagi pusing-pusing mencari referensi destinasi wisata Indonesia.

Sayangnya, setelah saya amati belum banyak yang mengenal situs ini, hanya mereka yang memiliki passion di dunia Travel yang mayoritas sudah mengenal situs ini. Padahal situs ini sangat recommended untuk semua orang agar mengetahui informasi tentang negerinya sendiri. Mungkin ada beberapa faktor yang menyebabkan mereka belum tahu, hal ini bisa jadi disebabkan karena faktor dari internal website ini yang kurang menggugah minat masyarakat. 

Desain Website

Dari segi desain website, Indonesia.Travel ini saya rasa sudah cukup bagus. Di halaman depan juga menampilkan slideshow foto-foto berupa tempat-tempat wisata di Indonesia. Dengan sentuhan warna background hijau membuat mata enak memandangnya dan sesuai dengan temanya yaitu seputar Travel.

Menu navigasi juga komplit, sepertinya menampilkan Budaya, Destinasi Wisata, dan Aktivitas Travel lain yang dikemas dalam menu navigasi yang terstruktur dan mudah dipilih.
Selain itu juga ada tombol sosial media yang memudahkan pengunjung untuk share informasi yang ada di website ini dengan mudah.
Di bagian atas juga telah ada navigasi pilihan bahasa, sehingga bagi pengunjung luar Indonesia dapat dengan mudah memiliki bahasa yang dimengertinya, ada 7 pilihan bahasa di menu tersebut.

indonesia travel
Tampilan via Mobile

Namun, yang saya sayangkan, website ini kurang responsive, sehingga jika di buka dengan perangkat dengan resolusi 1000px ke bawah kurang enak untuk dipandang, dan membuat bingung pengunjung. Apalagi saat ini orang lebih sering berselanjar di dunia maya menggunakan gadget. Memang sih, ada aplikasi khusus untuk gadget, misalnya Android. Namun, bagi pengunjung yang belum memiliki aplikasi tersebut dan ingin langsung mengakses

Untuk Desain Website ini saya beri nilai 80

Aktivitas Sosial Media Juga Penting

Nah, agar penyampaian informasi seputar travel Indonesia ini lebih maksimal, maka tidak memusatkan melalui website saja. Masyarakat Indonesia yang notabene suka bersosial media ini entah melalui Facebook, Twitter atau lainnya harus dimanfaatkan untuk menyampaikan informasi yang ada di dalam website. Jadi bisa dikatakan Sosial Media sebagai jembatan antara masyarakat dengan website, dan sosial media juga dapat digunakan sebagai media untuk berinteraksi lebih dekat dengan masyarakat.

Dalam hal ini, Indonesia.Travel sudah memiliki berbagai sosial media, seperti Facebook FansPage, Twitter, Google+, Flickr, Youtube dan lainnya. Sehingga media-media sosial ini dapat mengakomodir berbagai lapisan masyarakat.

Namun, apakah media-media sosial yang banyak ini apakah produktif semua, yuk kita lihat.

Untuk Facebook Fanspage kita dapat melihat jumlah like sebanyak 90.000an Liker. Artinya ini baru sepersekian persen dari total pengguna internet di Indonesia dan sepertinya harus ditingkatkan lagi untuk jumlah like. Jumlah liker banyak belum tentu bagus, yang terpenting apakah Fanspage tersebut di update secara rutin atau tidak. Jika kita lihat update media sosial ini cukup rutin, namun tidak tiap hari.

Mungkin, dapat diagendakan tiap hari minimal share informasi wisata yang ada di website. Khususnya informasi yang sekiranya baru untuk masyarakat. Sosial media yang lain saya kira juga harus seperti itu, sehingga masyarakat akan lebih cepat mengetahui informasi-informasi tentang Indonesia.

Untuk Aktivitas Sosial Media, saya beri nilai 80.

Informasi Konten Sangat Variatif

Website Indonesia.Travel ini tidak hanya dikhususkan untuk media informasi masyarakat Indonesia saja, tetapi juga mancanegara, hal ini dapat kita lihat dari adanya konten website dengan 7 Pilihan Bahasa, sehingga informasi yang ada di website ini dapat dinikmati oleh wisatawan mancanegara yang ingin mencari informasi destinasi wisata Indonesia. Selain itu, juga sebagai media promosi Indonesia ke seluruh dunia, bahwa Indonesia memiliki banyak kekayaan alam dan budaya.

Saya sebenarnya mencari informasi mengenai Backpacker di website ini, namun ternyata saya tidak menemukannya. Lebih baik, di website Indonesia.Travel ini juga diberi informasi konten atau kanal Backpacker. Karena masyarakat Indonesia itu sudah dengan gaya wisata backpackernya, sehingga ini akan menambah nilai tambah untuk para backpacker dalam mencari informasi tambahan lain ketika akan trip ke berbagai wilayah dengan model backpacker.

Di sebelah kiri ada menu Trip Planner, namun sepertinya jarang di update, dan Forum. Nah, forum ini sangat perlu, karena di dalam forum ini nanti akan ada interaksi sehingga membuat nilai plus website ini dalam membantu Branding website.

Untuk masalah konten saya sudah cukup puas, karena selain informasi konten berupa artikel, juga ada informasi konten berupa gambar, video, dan lainnya, yang membuat pencari informasi tidak jenuh karena ada pilih konten lain selain artikel.

Untuk informasi konten ini saya beri nilai 90

Kelengkapan Destinasi Wisata

Sebenarnya daya tarik website ini adalah di kanal ini. Ya, Indonesia yang berpulau-pulau membuat seorang pencari berita akan mencari informasi tempat-tempat wisata disetiap pulau yang ada di Indonesia.

Di dalam website ini telah disajikan destinasi wisata berdasarkan wilayah provinsi, sehingga ini akan memudahkan dalam mencari tempat-tempat wisata di provinsi tersebut. Informasi yang disajikan pun cukup lengkap, selain tempat wisata dan lokasinya juga ada informasi mengenai tempat-tempat penting disekitarnya beserta kontak yang dapat dihubungi, seperti restoran dan penginapan.

Untuk kelengkapan Destinasi ini saya rasa sudah cukup namun perlu ditambahkan tempat wisata yang belum terjamah oleh pemerintah, sehingga ini nanti juga sebagai media promosi tempat wisata tersebut.

Kelengkapan Destinasi saya beli nilai 90

Update News

Yang membuat orang malah mengunjungi suatu website salah satunya adalah tidak pernah di update. Beritanya basi dan itu-itu saja, tidak ada yang baru, yang ada hanya permainan judul namun makna konten tetap sama. 


Di Indonesia.Travel ini update berita sudah cukup bagus, artinya telah rutin di update. Hal ini dapat dilihat dengan update berita terakhir pada tanggal 16 Oktober 2013, yaitu informasi Kuis "Wonderful Indonesia Treasure Hunt!" Berhadiah Paket Wisata ke Danau Toba, dan ini sangat menarik. Sehingga akan berdampak pada naiknya visitor website dan pada akhirnya website akan mudah dikenal.

Update News saya beri nilai 95

Interaktivitas

Untuk Interaktivitas ini saya ingin menyoroti masalah sosial media facebook dan twitter, karena kedua jejaring sosial ini yang paling banyak digunakan orang. Saya lihat di Fanspage jarang bahkan tidak ada interaksi dari admin kepada liker dalam bentuk balasan komentar. Bahkan ada Liker yang bertanya tetapi tidak di balas. Untuk di twitte juga seperti itu.

Padahal aktivitas di Twitter dan Facebook ini sangatlah penting untuk menjadi interaktivitas keduabelahpihak, sehingga hubungan akan semakin dekat dan Indonesia.Travel akan semakin dikenal.

Untuk interaktivitas ini saya beri nilai 60

Quiz

Quiz juga salah satu cara untuk membangun interaksi kepada pengunjung. Untuk Quiz sendiri bentuk Quiz nya cukup menarik dan untuk mengikutinya cukup mudah, yaitu bisa diintegrasikan dengan akun jejarin sosial. Quiz dengan sistem poin sebenarnya cukup bagus untuk menambah daya tarik pengunjung selain itu trafik juga semakin besar. Namun, di sisi pengguna, Quiz dengan sistem poin ini terkadang kurang seru, apalagi jika dinilai berdasarkan jumlah like atau share.



Mungkin untuk Quiz selanjutnya dapat menggunakan model Quiz yang benar-benar mengasah pengetahuan pengguna dan dinilai berdasarkan kemampuan pemikiran pengguna tersebut.

Untuk Quiz saya beri nilai 70

------------------------------------

Dari berbagai aspek di atas, sebenarnya semua itu sangat mempengaruhi faktor branding sebuah website, sehingga memang perlu dipersiapkan secara matang, apalagi ini website resmi tentang sebuah portal informasi Indonesia.

Dan saya menilai keseluruhan dari website Indonesia.Travel ini dengan nilai 85. Khususnya saya lebih ingin website ini memiliki desain yang responsive, setelah itu sosial media lebih aktif lagi dan informasi konten yang lebih bervariatif lagi.

Nah, bagi anda yang belum mengetahui situs informasi wisata di Indonesia, bisa mengunjungi Indonesia.Travel dan temukan tempat-tempat wisata menarik yang belum anda ketahui.

Website : www.indonesia.travel
Facebook : www.facebook.com/indonesiatravel
Twitter : twitter.com/indtravel
Google+ : https://plus.google.com/u/1/113482415074556838502



loading...
Berselancar di Situs Resmi Indonesia.Travel, Wonderful Indonesia 4.5 5 S Adi Firmansyah Jumat, 18 Oktober 2013 Bicara tentang Indonesia itu tak ada habisnya. Negara dengan luas 1.919.440 km² ini memiliki berane...
Jumat, 18 Oktober 2013Jumat, Oktober 18, 2013

Berselancar di Situs Resmi Indonesia.Travel, Wonderful Indonesia

4.5 out of 5 based on 24 ratings. 5 user reviews:

Bagi yang kesulitan untuk mengirim komentar di blog ini, silahkan baca ini Cara Mengirim Komentar Melalui Disqus Comment System

1 komentar:

*Centang "Beri Tahu Saya" untuk mendapatkan notifikasi di email kamu kalau Komentar kamu sudah mendapat balasan dari ku.

*Jika tidak memiliki akun Google, silahkan pilih Name/URL, jangan Anonymous. Komentar dengan Anonymous tidak akan ditampilkan.


*Komentar tidak langsung muncul, karena akan saya moderasi terlebih dahulu.

*Segala bentuk komentar SPAM/Iklan tidak akan ditayangkan.

*Komentarlah sesuai dengan topik artikel di atas (Bisa Kritik/Saran/Kesan/Pertanyaan)

*KOMENTAR MODEL (Like, Nice Article, Thanks infonya, dll) yang hanya bertujuan untuk mendapatkan BACKLINK, tidak akan di APPROVE. Jika ingin mendapatkan BACKLINK dari blog ini silahkan hubungi saya untuk kerjasama SPONSORED POST.