Berpindah Dari Bermimpi ke Melakukan, Semua Itu Karena Internetnya Indonesia

Dikategorikan dalam Edukasi
Internetnya Indonesia - Fulltime Blogger

Sekitar 6 tahun yang lalu saya mengawali profesi ini. Profesi yang awalnya hanya menjadi mimpi. Bahkan tidak pernah terbayangkan sama sekali kalau saya bisa menjalaninya hingga saat ini.

Blogger Penuh Waktu (Full Time Blogger), itulah profesi yang saya jalani saat ini. Profesi yang dulunya tidak pernah jadi cita-cita, karena profesi ini penuh dengan ketidakpastian. Bahkan dulu saya tidak yakin kalau menjadi Full Time Blogger bisa menghidupi.

Menjadi Full Time Blogger membuat saya bisa bekerja di mana dan kapan saja. Yang terpenting ada jaringan internet yang jadi penopang pekerjaan saya sehari-hari. Itulah yang menjadi mimpi saya, memiliki pekerjaan yang tidak terikat oleh waktu dan ruang.

Meskipun saat ini masih terus berjuang, tetapi nyatanya saya bisa hidup, bisa bahagia, bisa menghidupi keluarga, dan tentunya bisa berkarya tanpa batas, sesuai dengan keahlian yang saya miliki. Semuanya itu berkat manfaat internet yang telah berkembang di Indonesia hingga saat ini.

Berawal dari Rasa Penasaran

Semua itu bermula ketika saya masih SMA, sekitar tahun 2008. Masih ingat betul saat salah satu kawan saya bertanya kepada saya, “Bisa buat blog tidak?”.

Pertanyaan itu akhirnya terbawa ke dalam pikiran saya dan membuat penasaran. Selang beberapa minggu kemudian, akhirnya saya ke warnet (warung internet) untuk mencari tahu bagaimana membuat blog. Waktu itu saya belum punya komputer di rumah, jadi selalu mengandalkan warnet jika ingin mengakses internet dan komputer. Walaupun memiliki keterbatasan perangkat, saya terbilang cukup cepat memahami teknologi komputer. Semua itu karena saya sangat penasaran dan tertarik dengan teknologi internet pada waktu itu.

Singkat cerita, dari rasa penasaran itu saya mencoba membuat blog untuk pertama kalinya. WordPress.com adalah platform blog gratis yang saya gunakan pertama kali. Virmansyah.wordpress.com, adalah blog pertama saya. Sampai saat ini blog tersebut masih ada, meskipun sudah lama tidak ada update tulisan di dalamnya.

Dari blog tersebutlah saya mulai belajar banyak hal baru seputar blog. Seperti ilmu SEO (Search Engine Optimization) yang berfungsi untuk meningkatkan trafik website secara organik hingga bagaimana menghasilkan uang dari blog.

Lagi-lagi karena sudah tahu kalau blog bisa menghasilkan uang, saya pun mencoba untuk mencari tahu dan mengimplementasikannya di blog saya.

Kemudian membuat blog baru lagi dengan mencoba platform blog lain seperti Blogspot hingga membuat blog dengan WordPress Self Host yang lebih fleksibel.

Waktu itu saya sudah kuliah di jurusan IT. Tetapi percayalah, ilmu website dan blog yang saya dapatkan bukan berasal dari kuliah saya, melainkan dari internet. Di situ saya benar-benar merasakan betul manfaat internet yang membuat saya selangkah lebih maju di banding kawan-kawan seperjuangan saya. Bayangkan, di semester pertama saya sudah tahu tentang blog, HTML/CSS, SEO, domain, dan hosting. Sedangkan kawan-kawan saya mayoritas baru mengetahuinya ketika semester lima.

Andai waktu itu saya tidak menggunakan internet dengan bijak, mungkin saya akan terlambat mendapatkan ilmu itu. Dan mungkin saya akan berhenti untuk mendalami blog.

Melihat Peluang dan Manfaat Internet

Full Time Blogger
Ilustrasi Gambar dari Pexels

Setelah selesai kuliah, saya mencoba untuk berkarya yang tidak jauh dari dunia website dan internet. Saya mencoba untuk membuka layanan pembuatan website dan pernah juga bekerja di sebuah perusahaan sebagai SEO Specialist.

Di sinilah saya justru mulai gelisah dengan masa depan saya. Secara gaya bekerja, ternyata saya tidak nyaman untuk bekerja mengikuti sistem kerja perusahaan pada umumnya. Berangkat pagi, pulang sore, seperti setiap hari dengan melakukan pekerjaan yang sama.

Saya termasuk orang yang tidak bisa dibatasi oleh sistem ketika bekerja. Saya ingin memiliki profesi yang bisa fleksibel menjalankannya tanpa ada batasan waktu dan sistem. Seperti internet yang tak ada batasnya.

Di waktu itu, saya masih tetap mengelola beberapa blog saya. Hingga pada suatu saat saya memiliki keinginan untuk fokus mengelola blog saya dan keluar dari perusahaan tersebut.

Berpindah dari Bermimpi ke Melakukan

Mimpi itu semakin kuat, semakin membuat saya resah. Karena ini menyangkut masa depan saya. Saya bermimpi ingin menjadi Full Time Blogger seperti orang-orang di negara lain yang bisa bebas bekerja kapan saja, di mana saja, dengan penghasilan yang tidak ada batasannya. Tetapi waktu itu saya sadar kalau blog saya belum bisa menghasilkan.

Ditambah lagi waktu itu saya masih belum yakin kalau blog bisa menghidupi saya. Belum lagi masalah sosial yang bakal saya hadapi nanti jika punya profesi ini. Wajar, waktu itu di Indonesia khususnya di daerah saya masih sangat sedikit bahkan tidak ada yang berprofesi sebagai Full Time Blogger. Tekanan itu semakin membuat saya bimbang.

Titik terang itu akhirnya muncul setelah saya mencoba untuk melihat peluang yang ada. Mungkin itu cara saya mencari pembenaran dan untuk memotivasi diri sendiri.

Yang saya lihat waktu itu adalah peluang perkembangan teknologi dan internet di Indonesia. Waktu itu perkembangan internet di Indonesia mungkin belum meluas, bahkan jaringan internet seluler pun belum 4G seperti sekarang ini. Tetapi saya yakin kalau jaringan internet di Indonesia akan semakin baik. Apalagi Indonesia punya Telkom Indonesia yang terus mengembangkan layanan internetnya, salah satunya dengan produk IndiHome yang saat ini sudah meluas hingga ke desa-desa.

IndiHome
Gambar dari IndiHome.co.id

Dulu orang beranggapan kalau IndiHome hanya bisa dinikmati oleh orang-orang tertentu saja, tetapi sekarang semua orang bisa mengaksesnya. Ini bukti bahwa IndiHome adalah Internetnya Indonesia. Saya pun merasakannya sendiri. Dulu desa saya jauh dari jaringan kabel Telkom Indonesia, tetapi sekarang justru sudah ada di depan rumah saya. Padahal rumah saya di tengah desa.

Nah, selain melihat peluang perkembangan internet, saya juga melihat perkembangan gadget khususnya smartphone yang semakin meluas ke masyarakat bawah.

Dilansir dari Techno Okezone, pada akhir tahun 2015 diperkirakan pengguna smartphone di Indonesia mencapai 55 juta pengguna. Itu peluang yang sangat besar dan membuat saya semakin yakin pada waktu itu.

Saya berpikir, kalau mayoritas masyarakat di Indonesia ini nantinya sudah punya smartphone berarti mereka akan semakin mudah mengakses internet. Dan yang akan banyak diakses adalah mesin pencari untuk mencari informasi yang mereka butuhkan.

Dari situlah saya ketemu polanya, yaitu Internet, Mesin Pencari, Website.

Dan akhirnya di awal tahun 2016, saya memutuskan untuk resign dan fokus mengelola blog saya yang belum ada penghasilannya itu. Saya memberanikan diri mengambil keputusan itu karena saya yakin kalau internet ke depannya tidak akan mati. Justru internet akan berkembang dan semakin dibutuhkan oleh masyarakat.

Peran saya sebagai blogger justru akan dibutuhkan untuk bisa membuat konten artikel yang positif, bermanfaat dan dibutuhkan oleh masyarakat. Itulah yang menjadi semangat saya untuk terus berkarya sebagai Full Time Blogger. Ada rasa bangga jika artikel yang saya buat bisa bermanfaat dan menjadi solusi bagi masyarakat yang membutuhkan.

Mulai dari situ, akhirnya saya semakin semangat untuk mengembangkan blog saya. Salah satunya dengan membuat blog baru lagi.

Bekerjalah Seperti Internet yang Tak Ada Batasnya

Sudah 6 tahun saya menjalani profesi ini dan apa yang saya prediksikan dulu ternyata semakin nyata. Sekarang orang-orang justru tidak bisa lepas dari internet. Bahkan bangun tidur pun yang dilakukan adalah mengakses internet.

Contoh nyata bisa kita lihat di beberapa tahun belakangan ini. Di mana dunia dilanda wabah virus yang mematikan hingga membuat segala sektor berdampak. Dulu orang tidak pernah membayangkan untuk bekerja dari rumah, tetapi sekarang justru banyak orang yang diminta bekerja dari rumah. Itu semua karena manfaat internet yang semakin membaik.

Dan saya pun sangat bersyukur. Ketika banyak orang-orang diminta bekerja dari rumah, bahkan banyak yang kehilangan pekerjaan, saya masih bisa bekerja dengan normal di rumah seperti biasa. Kalau dulu saya dianggap aneh kalau bekerja dari rumah, sekarang justru itu sudah menjadi hal yang wajar. Dan saya sudah melakukannya sejak 2016, jauh sebelum wabah ini melanda.

Ke depannya saya yakin internet akan semakin dibutuhkan. Tidak hanya untuk kebutuhan informasi saja, tetapi juga sudah menjadi bagian dari aktivitas sehari-hari. Sekarang ini eranya Revolusi Industri 4.0 atau Internet of Things (IoT) yang mana internet sudah jadi bagian dari kegiatan dan aktivitas manusia sehari-hari.

Penetrasi Smartphone di Indonesia
Penetrasi Smartphone di Indonesia – databoks.katadata.co.id

Data di atas diambil dari katadata.co.id. Kita bisa lihat bagaimana pengguna smartphone di Indonesia terus meningkat setiap tahunnya. Bahkan di tahun 2025 diprediksi pengguna smartphone akan mencapai 89% dari populasi di Indonesia.

Sebagai seorang Blogger, ini adalah peluang dan saya punya tanggung jawab untuk terus mendistribusikan konten positif untuk masyarakat Indonesia. Saya sangat bersyukur hingga saat ini bisa tetap fokus dan konsisten di profesi ini.

Saya termasuk salah satu orang yang sangat merasakan manfaat internet untuk hal yang positif. Menjadi Full Time Blogger juga salah satu ‘pencitraan’ potensi diri saya yang tidak bisa berdiam diri begitu saja. Saya termasuk orang yang tidak bisa dibatasi dalam berkarya.

Bagi sebagian orang mungkin internet dilihat sebagai sebuah jaringan komunikasi nirkabel saja. Tetapi saya melihat internet sebagai sebuah semangat untuk terus berkarya tanpa batas, layaknya internet yang tak ada batasnya. Internet bisa diakses dengan baik oleh pengguna karena jaringannya yang saling terhubung, tidak ada pembatas atau titik akhirnya.

Itulah yang menjadi salah satu motivasi saya dalam berkarya, saya tidak ingin berhenti di sini saja. Saya ingin membuat hal baru, minimal yang bermanfaat untuk diri saya sendiri, keluarga dan orang-orang di sekitar saya.

Menjadi Blogger adalah salah satu profesi yang membuat saya terus belajar tentang hal-hal baru. Menjadikan saya untuk terus tanggap dengan perkembangan yang ada saat ini melalui internet. Dan yang lebih utama adalah bisa membantu masyarakat agar bisa memanfaatkan internet tanpa ada batas ruang dan waktu. Misalnya saja dengan membantu UMKM untuk mempromosikan produknya melalui blog saya.

Kemudian saya juga sempat membuat website nirlaba, Kabardesa.com yang mewadahi warga-warga desa agar bisa mengabarkan informasi tentang desanya melalui website tersebut. Mereka bisa menulis apapun tentang desanya, dan mengabarkannya melalui media yang bisa diakses oleh semua orang di dunia.

Itu mungkin terlihat sederhana, tetapi di era sekarang hal seperti itu akan sangat bermanfaat untuk perkembangan sebuah negeri.

Kesimpulan

Jika dulu saya tidak bersentuhan dengan internet, mungkin akan beda ceritanya. Faktanya, internet justru membuka cakrawala baru di hidup saya. Dari internet saya bisa melihat peluang baru dan mewujudkan mimpi menjadi nyata.

Dunia telah berubah, internet telah menjadi bagian dari hidup kita. Sekarang tinggal bagaimana kita menggunakannya. Apakah untuk hal-hal yang bermanfaat atau hanya untuk hal-hal yang membuang waktu saja.

Internet telah membuka lapangan pekerjaan dan profesi baru. Sekarang tinggal bagaimana kita mengambil peluang itu. Apakah mau mempelajari hal baru atau hanya berdiam diri sembari bermimpi tanpa beraksi.

Internet telah memberikan manfaat yang tak terbatas bagi masyarakat luar khususnya di Indonesia. Dengan populasi penduduk yang banyak ini, kita harus bisa mengambil peluang dari sini. Jangan hanya menjadi pengguna, tetapi jadilah pemain di dalamnya. Infrastruktur internet di Indonesia sudah sangat mendukung, Telkom Indonesia sudah memberikan fasilitas jaringan internet yang mumpuni melalui produk IndiHome yang dimilikinya. Sayang jika kita menggunakan internet hanya untuk kesenangan yang membuang-buang waktu saja.

Sekarang tinggal dari kita sendiri, apakah mau terus bermimpi atau melakukan aksi. Jangan takut untuk mencoba melakukan hal baru yang mungkin selama ini hanya jadi mimpi. Terkadang mimpi itu terlalu berat untuk kita lakukan, tetapi jika ada niat dan kemauan, semua bisa dilakukan tanpa beban.

Pesan saya khususnya untuk kawan-kawan yang saat ini belum mendapatkan pekerjaan, cobalah untuk memanfaatkan internet lebih bijak lagi. Kita bisa belajar apapun melalui internet, kita bisa mencoba mencari pekerjaan dari internet, atau jika yang ingin berbisnis bisa juga memulainya lewat internet.

Apapun bisa kita lakukan tanpa adanya batasan, karena inilah Internetnya Indonesia yang terus berkembang untuk memenuhi semua aktivitas tanpa batas.

Baca Artikel Lainnya :

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.