4 Cara Memilih Web Hosting Terbaik

Dikategorikan dalam Teknologi
Tips Memilih Web Hosting

Membuat situs web baru itu membutuhkan waktu untuk apa dan bagaimana web tersebut akan dibuat. Bukan hanya masalah tampilan situs webnya saja, tetapi juga menentukan rencana yang jelas tentang jenis konten yang akan ada di web tersebut.

Saat ini memiliki situs web sangat penting, terutama untuk bisnis kecil dan menengah (UMKM). Memiliki situs web dapat membantu bisnis Anda bisa berkembang dan menjangkau jutaan pelanggan baru tanpa batasan. Saya di sini tidak untuk memberitahu Anda mengapa UKM perlu memiliki website, tetapi kami ingin memberi tahu Anda tentang cara memilih salah satu elemen terpenting yang dimiliki situs web, yaitu web hosting.

Apa pun jenis situs web yang Anda buat, entah itu blog, situs eCommerce, profil perusahaan, dll., yang pasti Anda membutuhkan web hosting agar situs web Anda dapat berjalan dan bisa diakses secara online. Jadi, jelas bahwa web hosting berperan penting dan menentukan performa situs web di kemudian hari.

Dengan mengikuti tips bagaimana memilih penyedia web hosting ini, Anda akan dapat menemukan yang paling sesuai untuk situs web dan anggaran Anda. Mari kita lihat apa saja yang perlu Anda perhatikan saat memilih paket web hosting untuk situs web Anda!

Tentukan Apa yang Dibutuhkan Website Anda

Menentukan apa yang dibutuhkan situs web Anda akan memudahkan Anda memilih penyedia dan paket web hosting yang tepat. Anda akan tahu paket seperti apa yang Anda butuhkan, dan pencarian Anda jauh lebih mudah. Ketika Anda menentukan apa saja yang dibutuhkan untuk situs web Anda, pastikan untuk memasukkan faktor-faktor berikut :

  • Disk Space dan BandwidthDisk Space dan Bandwidth merupakan elemen penting dari setiap situs web. Jika Anda tidak mendapatkan disk space dan bandwidth yang cukup, maka Anda tidak akan menambahkan konten ke situs web Anda. Selain itu situs akan menjadi lamban. Baca lebih banyak tips bagaimana cara menentukan berapa banyak disk space dan bandwidth yang Anda butuhkan sehingga Anda dapat menemukan solusi hosting yang ideal untuk situs web Anda.
  • Tujuan – Menentukan apa tujuan situs web Anda akan membantu Anda dalam menentukan berapa banyak sumber daya yang Anda butuhkan. Jadi, Anda perlu memutuskan situs web seperti apa yang Anda inginkan. Apakah itu blog, toko online, situs pribadi, landing page, situs profil perusahaan, dll. Saat Anda memutuskan, Anda akan dapat menentukan berapa banyak Disk Space dan Bandwidth yang Anda butuhkan.
  • Pembuatan Situs Web – Anda juga harus menentukan bagaimana Anda akan membuat situs web dan alat apa yang ingin Anda gunakan. Dengan begitu, Anda bisa mencari penyedia web hosting yang mendukung alat yang Anda butuhkan tersebut. Misalnya apakah ingin pakai WordPress, Joomla, Drupal, Custom PHP/JS, dll.
  • Fitur – Apakah Anda butuh web hosting yang memiliki fitur web builder? Apakah Anda memerlukan web hosting yang menerima metode pembayaran online? Apakah Anda memerlukan bantuan untuk mengelola situs web Anda atau tidak? – ini semua adalah pertanyaan yang perlu Anda tanyakan pada diri sendiri sehingga Anda dapat mempersempit pencarian dan memilih paket web hosting yang ideal untuk situs web Anda.
  • Keamanan – Setiap situs web harus aman; tidak ada keraguan tentang itu. Namun, tingkat keamanan yang Anda pilih juga bergantung pada apa yang Anda lakukan di situs web Anda. Misalnya, toko online biasanya akan membutuhkan fitur keamanan (SSL) yang lebih kuat karena mereka menerima pembayaran online dan meminta pelanggan untuk berbagi informasi sensitif.
  • Anggaran – Meskipun tidak bijak untuk memilih penyedia web hosting hanya berdasarkan anggaran, Anda tetap perlu mempertimbangkan berapa banyak yang dapat Anda sisihkan setiap bulan atau tahun untuk anggaran web hosting.

Lakukan Riset

Riset Web Hosting

Ada banyak cara untuk melakukan riset dan membandingkan penyedia web hosting. Yaitu, Anda dapat membaca ulasan dari platform terpercaya, dan Anda dapat membaca ulasan yang dibuat oleh orang-orang yang telah menggunakan penyedia web hosting tersebut. Selain itu, banyak penyedia yang memiliki testimonial pelanggan yang dapat Anda baca untuk melihat apa yang mereka katakan tentang layanan penyedia.

Selain itu, Anda juga dapat mencari penyedia yang memiliki uji coba gratis atau kebijakan garansi uang kembali dan mencobanya secara langsung tanpa risiko. Dengan begitu, Anda dapat menguji penyedia secara langsung dan melihat apakah dapat dipercaya.

Bandingkan Fitur

Setelah Anda membuat daftar penyedia web hosting yang menurut Anda dapat dipercaya, Anda harus membandingkan fitur dan layanan mereka. Setiap penyedia menawarkan berbagai fitur dan layanannya sendiri, jadi Anda akan melihat fitur dan layanan mana yang paling cocok untuk Anda dengan membandingkannya.

Saat Anda melakukan ini, pastikan untuk membandingkan fitur berikut:

  • Data Center – pilih web hosting dengan data center terbanyak di seluruh dunia atau dalam satu negara punya beberapa data center. Pastikan juga memiliki data center di dekat Anda agar situs web Anda lebih cepat dan tidak sering mengalami downtime.
  • Registrasi Nama Domain – nama domain adalah bagian penting dari setiap situs web karena itu adalah nama yang dilihat orang ketika mereka membuka situs web atau mencarinya. Beberapa penyedia web hosting menawarkan layanan pendaftaran domain dalam paket web hosting mereka, yang akan membuat seluruh proses pengaturan nama domain Anda menjadi lebih mudah.
  • Email – memiliki email khusus dengan nama situs web Anda merupakan nilai tambah yang bagus. Beberapa penyedia web hosting menawarkan fitur seperti itu, sementara yang lain tidak.

Dukungan Pelanggan

Support 24-7

Setelah Anda menemukan beberapa pilihan yang menawarkan semua fitur yang Anda butuh kan, akan lebih baik jika Anda memilih salah satu yang menawarkan dukungan pelanggan terbaik. Dukungan pelanggan sangat penting untuk setiap pemilik situs web, karena dapat memberi Anda bantuan yang Anda butuh kan saat situs Anda tidak aktif atau saat Anda mengalami masalah lain.

Jadi, saat memilih penyedia Anda, pastikan penyedia tersebut menawarkan dukungan pelanggan 24/7 melalui berbagai saluran, seperti obrolan langsung, email, telepon, dan tutorial.

Sekarang setelah Anda mengetahui jenis situs web apa yang akan Anda miliki dan fitur apa yang Anda perlukan, Anda harus memilih paket hosting yang sesuai. Misalnya, Anda dapat menggunakan Shared hosting jika Anda memiliki situs yang lebih kecil dengan sedikit lalu lintas; VPS Hosting jika Anda memiliki situs berukuran sedang dengan lebih banyak konten dan pengunjung; dan Dedicated Hosting jika Anda memiliki situs web besar dengan banyak foto, video, teks, dan ribuan pengunjung setiap hari.

Kesimpulan

Seperti yang Anda lihat, memilih penyedia web hosting yang tepat sangat penting bagi setiap pemilik situs web. Karena itu dapat membuat situs web Anda berhasil atau bahkan gagal. Dengan mengikuti tips dari saya ini, Anda dapat memastikan bahwa Anda mengambil semua langkah dan tindakan pencegahan yang diperlukan saat memilih penyedia web hosting Anda.

Selain itu, Anda akan dapat memilih penyedia yang ideal untuk Anda dan memastikan bahwa situs web Anda berfungsi penuh. Terakhir, saya meninggalkan Anda dengan beberapa tips apa yang tidak boleh dilakukan dengan situs web Anda untuk lebih memastikan keberhasilan dan perkembangan web Anda ke depannya.

Diterbitkan
Dikategorikan dalam Teknologi

Baca Artikel Lainnya :

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *