5 Cara Jadi Stand Up Comedian Versi Pandji Pragiwaksono

Cara Menjadi Stand Up Comedian

Sekarang ini Stand Up Comedy sudah menjadi tren bagi banyak kalangan. Bahkan ada yang menganggapnya sebagai ‘profesi’ baru di dunia entertainment. Apalagi melihat banyaknya Stand-Up Comedian yang bermunculan di film layar lebar, semakin lah membuat orang-orang yang merasa dirinya lucu untuk bisa menjadi komika.

Tetapi banyak juga yang tidak tahu bagaimana memulainya. Di dalam dirinya merasa dia lucu, tapi bagaimana menjadi Stand Up Comedian itu yang masih belum tahu caranya.

Nah beberapa waktu yang lalu Pandji Pragiwaksono yang juga seorang Stand Up Comedian telah berbagi tips soal ini. Dia share di channel YouTubenya. Karena menarik, akhirnya saya coba minta izin untuk membagikannya ulang melalui blog ini dalam format artikel.

Dan berikut ini 5 Cara Jadi Stand Up Comedian Versi Pandji Pragiwaksono

Cara Menjadi Stand Up Comedian

5. Pelajari komika-komika profesional

Bersyukurlah hidup di era sekarang ini yang mana untuk menonton sebuah pertunjukan khususnya Stand Up Comedy itu bisa dilakukan melalui platform media yang sudah ada, seperti YouTube, Netflix, Iflix, HOOQ, dll.

Kaitannya dengan menjadi komika, yang harus dilakukan pertama kali adalah tontonlah semua pertunjukan stand up comedy sebanyak-banyaknya dari berbagai komika yang ada. Kemudian pilih satu komika yang kamu suka dan minimal kamu pengen menjadi stand up comedian tersebut, karakter atau gaya stand up nya misalnya.

Kalau sudah dapat nih, pelajari dia bagaimana cara ber-stand up-nya.

Yang dimaksud Pandji untuk mempelajarinya itu adalah kamu diminta untuk membedah jokes komika tersebut. Kamu bisa dengarkan berulang-ulang, cari tahu mengapa dia suka menggunakan joke seperti itu, dll.

Catat semua yang memang perlu dicatat. Ingat, kamu hanya diminta mempelajarinya, bukan menggunakan materi stand up comedy nya.

Akan tetapi tonton juga pertunjukan komika yang lain agar kamu bisa mendapatkan referensi teknik stand up comedy yang lebih banyak lagi. Bisa saja nanti kamu mengambil teknik story telling nya dari komika ini, tekni callback ngambil dari komika ini, dll. Kemudian semua jadikan satu dan disesuaikan dengan karakter persona diri kamu, sehingga kamu akan memiliki ciri stand up comedy yang unik.

4. Mulai menulis materi Stand Up sendiri

Akar dari stand up comedy itu sebenarnya adalah menulis. Kalau kamu pernah denger Raditya Dika jadi juri di SUCA atau SUCI pasti dia sering bilang kalau menulis itu penting. Cobalah untuk mulai menulis materi Stand Up kamu sendiri. Tidak perlu tahu banyak teknik dulu, yang penting tulis, kemudian coba materimu itu ke teman-teman.

Masalah materi bisa juga dibaca melalui beberapa buku yang ada. Pandji bilang kalau Ernest Prakarsa pernah bikin buku alih bahasanya Buku Step by Step to Stand Up Comedy karya Greg Dean, buku Pandji yang berjudul Merdeka Dalam Bercanda juga ada beberapa bagian yang membahas soal itu. Kalau yang cukup lengkap bisa baca bukunya Ramon Papana yang berjudul KITAB SUCI STAND UP COMEDY.

Tapi yang paling penting adalah dicoba dulu untuk menulis yang menurut kamu itu lucu. Kemudian bisa dicoba ke temen-temen deket mu.

Pas nyoba ke temen jangan bilang kalau kamu punya jokes, ngobrol aja seperti biasa tapi diselipi joke-joke yang udah kamu tulis itu. Dan lihat respon temen lu.

3. Rajin-rajin datang ke Open Mic

Di kota atau daerah mu pas ada lah event-event Open Mic. Kalau nggak ada yang join kota sebelah. Atau coba cari info lewat Komunitas Stand Up Indo, itu komunitas regionalnya sudah menyebar ke seluruh kota di Indonesia.

Datang ke open mic dan lihat para komika yang lagi Stand Up.

Kenapa harus datang ke Open Mic? Karena nonton stand up comedy secara langsung itu beda sama nonton di YouTube atau secara online. Dengan nonton langsung ke Open Mic, nanti kamu akan dapat banyak hal, nggak hanya yang bagus-bagus tapi juga yang jelek-jelek.

Nah di sinilah kamu bisa mempelajari secara langsung para komika yang sedang Open Mic. Misalnya ada komika yang ternyata joke nya nggak sampai ke penonton, di sini kamu bisa coba cari penyebabnya. Kemudian mengapa komika yang ini bisa pecah, kamu juga bisa cari penyebabnya.

2. Mulai rutin ikutan Open Mic

Nah setelah di tahap ketiga di atas, lama kelamaan, kamu akan tahu sendiri bagaimana Stand Up Comedy secara langsung itu. Dan kamu juga akan sadar kalau ternyata banyak komika yang nggak lucu. Berbekal apa yang telah kamu pelajari saat nonton open mic, kamu bisa coba untuk mulai mencoba ikutan Open Mic.

Open Mic itu adalah acara yang sangat terbuka, siapapun boleh mencobanya. Dan ini memang biasa digunakan oleh para komika untuk mencoba joke-joke barunya.

Jadi nggak usah minder atau takut jika nanti nggak lucu. Karena itu udah biasa. Dan memang sebagai komika harus siap tidak lucu. Dan di Open Mic ini memang menjadi tempat untuk mengasah mental stand up kamu. Karena biasanya di Open Mic itu situasi dan kondisinya tidak selalu kondusif. Kadang penonton sangat perhatian sama komika yang lagi tampil, tapi kadang situasinya juga ramai, malah kadang ada yang komika lain yang ‘mencaci’ komika yang garing.

Tapi ini tidak salah. Justru di tempat inilah bisa kamu jadikan untuk media belajar yang sangat baik. Kamu akan terbiasa dengan keadaan-keadaan seperti itu, sehingga nanti tidak kaget jika kamu Stand Up beneran.

1. Gabung dengan Komunitas Stand Up Comedy

Kenapa gabung? Karena dengan berkomunitas kamu akan bisa belajar stand up comedy dan kamu akan berkesempatan bisa ikut di acara-acara Stand Up Comedy.

Dengan berkomunitas kamu akan semakin lebih matang dalam ber-stand up.

Mungkin ini aja yang bisa saya tulis dari apa yang disampaikan Pandji melalui videonya tentang cara jadi stand up comedian. Kalau kamu ingin menonton tips ini dalam versi video Pandji, silakan tonton di bawah ini.

Makasih, selamat belajar Stand Up Comedy!

Baca juga:

WhatsApp
Telegram


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Your email address will not be published. Required fields are marked *