Apakah Perlu APBN & APBD Khusus Untuk Pemberdayaan Perpustakaan?

APBN Perpustakaan

Kita bisa menemui perpustakaan kalau tidak di sekolah dan ya kampus. Meskipun beberapa perpustakaan kampus ada yang bisa diakses untuk publik, tetapi itu kurang membuat tertarik masyarakat. Apalagi masyarakat kita itu masih belum memiliki minat di dunia literasi.

Padahal membaca buku itu bisa dijadikan gaya hidup sehari-hari yang sangat bermanfaat.

Solusinya adalah menghidupkan dan memberdayakan perpustakaan daerah. Jadi minimal di setiap kabupaten/kota harus punya perpustakaan yang layak.

Layak itu ya dari koleksi bukunya yang komplit dan up to date, serta dukungan fasilitas yang ada di perpustakaan. Sayangnya, keberadaan perpustakaan daerah kita saat ini sangatlah terbengkalai. Bahkan ada perpustakaan daerah yang hanya dijadikan tempat absen pegawainya. Hehehe.

Padahal kalau ingin menumbuhkan minat baca dan literasi masyarakat Indonesia, perlu adanya perpustakaan daerah. Pemerintah harus hadir di lingkungan ini, karena masalah pendidikan juga jadi tanggung jawab pemerintah.

APBN Perpustakaan

Kalau menurut saya, sangat perlu pemerintah pusat maupun daerah untuk turun tangan dalam pemberdayaan perpustakaan. Salah satunya adalah dengan mengalokasikan APBN dan APBD untuk pemberdayaan perpustakaan.

Ini sangat penting, karena keberadaan perpustakaan itu bisa mengangkat derajat wawasan kebangsaan masyara kita. Perpustakaan bisa menjadi tempat untuk membangun negeri. Perpustakaan akan menciptakan masyarakat yang lebih terbuka, berwawasan, saling menghargai pemikiran orang lain, dan melalui perpustakaan akan muncul ide-ide kreatif yang bisa digunakan untuk membangun negeri.

Saya rasa masih banyak manfaat perpustakaan yang bisa berdampak positif untuk negeri.

Jadi yang perlu dilakukan saat ini adalah membangun kembali perpustakaan daerah menjadi lebih menarik lagi. Sehingga masyarakat pun nantinya bisa tertarik untuk datang ke perpustakaan.

Kita bisa belajar dari Facebook. Media sosial ini termasuk yang cukup lama bertahan di tengah persaingan media sosial lain. Kalau saja Facebook dari dulu tidak melakukan pembaharuan fiturnya, pasti Facebook juga tidak akan bertahan sampai saat ini. Nah itu kuncinya, pembaharuan. Agar orang lebih tertarik ke suatu hal, maka perlu ada pembaharuan.

Kalau perpustakaan juga hanya didiamkan saja, ya mana ada orang yang tertarik mendatanginya. Perpustakaan pun harus berkembang juga, harus ada pembaharuan baik dari koleksi bukunya, fasilitasnya hingga konsep dari perpustakaan itu sendiri.

Itu sih opini saya. Kalau pemerintah memang benar ingin mencerdaskan bangsa ini, tentu keberadaan perpustakaan tidak boleh dilupakan.

Tulis di komentar, tentang ide kamu soal perpustakaan daerah agar bisa menarik masyarakat lagi.

Komentar yang bernada kotor dan tidak berfaedah, tidak akan dipublikasikan.

Baca juga:

WhatsApp
Telegram


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Your email address will not be published. Required fields are marked *