Tips Atur Keuangan Keluarga Dengan Gaji Kecil

Banyak orang menganggap bahwa menabung hanya bisa dilakukan ketika memiliki gaji yang banyak. Benarkah mindset tersebut? Jadi kalau gaji kecil tidak boleh menabung? Inilah yang menjadikan orang kaya semakin kaya dan orang miskin menjadi semakin miskin. Justru karena memiliki gaji kecil, seharusnya mengatur keuangan mesti dijadikan prioritas.

Apalagi jika kamu sudah berumah tangga, maka tak ada cara lain yang bisa kamu lakukan untuk menyelamatkan bahtera rumah tangga, selain mengatur keuangan lebih efektif lagi. Jangan khawatir, berikut ini kami akan menyajikan beberapa tips atur keuangan keluarga dengan gaji kecil.

#Tentukan Anggaran Bulanan dengan Matang

Jika kamu punya gaji kecil dan ingin berhemat, maka kamu mesti menentukan anggaran bulanan sematang mungkin. Tentunya, anggaran bulanan ini mesti sesuai dengan kondisi finansial kamu. Gunakan aplikasi keuangan sederhana untuk mencatat semua kebutuhan rumah tangga dalam sebulan. Beberapa prioritas yang mesti kamu catat yaitu biaya makan, biaya air/listrik, biaya sekolah (jika punya anak), biaya transportasi, dan juga biaya tak terduga. Untuk biaya kesehatan, sebaiknya kamu apply BPJS atau asuransi kesehatan. Pastikan kamu mencatat setiap poinnya dengan detail beserta perhitungan yang matang. Lebih bagus lagi jika kamu menetapkan anggaran harian, sehingga kamu lebih mudah dalam menentukan estimasi anggaran bulanan.

#Tetapkan Target Bulanan dan Tahunan

Selain menetapkan anggaran bulanan, kamu ‘pun sebaiknya menetapkan target bulanan dan tahunan. Misalnya kamu punya gaji 2 juta rupiah, maka setelah menetapkan anggaran bulanan sebesar 1.5 juta rupiah, kamu ‘pun mesti menyisihkan sisa gajimu yang 500 ribu rupiah. Nah sisa gaji kamu tersebut mesti kamu jadikan target bulanan, jadi target tahunannya sebesar 6 juta rupiah. Jika kamu mampu keep dengan target bulanan dan tahunan, maka kamu ‘pun otomatis memiliki tabungan keluarga.

#Manfaatkan Diskon

Meskipun memiliki gaji dalam jumlah kecil, namun bukan berarti kamu tak bisa shopping. Namun daripada shopping di mall atau supermarket, sebaiknya kamu shopping via online saja. Banyak sekali keuntungannya, salah satunya yaitu kamu berkesempatan mendapatkan produk dengan diskon gila-gilaan. Salah satu marketplace yang sering memberikan diskon yaitu Lazada. Kamu bisa mendapatkan diskon Lazada ini pada momen-momen tertentu, jadi kamu mesti update terus. Dengan memanfaatkan diskon Lazada 2017, tentunya kamu bisa menghemat budget bulanan hingga level maksimal.

#Gunakan Dua Rekening Tabungan

Salah satu faktor yang menyebabkan karamnya kondisi finansial keluarga yaitu karena suami menggunakan satu rekening tabungan saja dalam mengelola keuangan keluarga. Tak hanya itu, rekening tabungan yang dipegang suami juga cepat habisnya. Jadi agar terhindar dari pemborosan, sebaiknya sang suami membuat dua rekening tabungan, satu untuk dirinya dan satu lagi untuk keperluan keluarga. Rekening tabungan keluarga tentunya mesti dipegang oleh istri.

#Hemat Listrik

Konsumsi energi listrik berlebihan merupakan salah satu penyebab kondisi finansial keluarga semakin menurun. Jadi untuk menghemat budget bulanan, sebaiknya kamu lebih aware mengenai konsumsi listrik keluarga. Pastikan lampu dimatikan jika tidak dipakai, apalagi pada siang hari. Selain lampu, item-item lainnya yang berpotensi menguras energi listrik yaitu kulkas, AC, dan juga dispenser. Dengan menghemat energi listrik, tentunya kamu ‘pun bisa menghemat anggaran keluarga.

#Makan dan Masak di Rumah

Bagi kamu yang baru menikah, kebiasaan makan di luar biasanya belum bisa dihilangkan. Jika gajimu belum terlalu tinggi – apalagi jika kamu masih ngontrak – sebaiknya hindari dulu deh makan di luar. Sebaiknya biasakan makan dan masak di rumah, sehingga budget bulanan menjadi lebih hemat. Bagi istri, tentu dengan masak di rumah menjadikan suami menjadi lebih sayang. Selain itu, suami dan istri bisa colab memasak jenis masakan yang diinginkan. Dengan masak di rumah, kamu juga bisa memilih bahan-bahan masakan yang lebih fresh.

Baca juga : Wah Ini Nih! Kerja Santai, Duit Gede

Meskipun memiliki gaji kecil, namun bukan berarti kamu tak bisa berhemat. Justru karena gaji yang masih minim, kamu bisa memperbaiki kondisi finansialmu dengan cara mengatur keuangan lebih efektif lagi. Semoga beberapa tips diatas bermanfaat ya.

Baca juga:



Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Your email address will not be published. Required fields are marked *