ASUS A455L Diinstall Windows 10? Ini Reviewnya

Dikategorikan dalam Teknologi

Saat awal-awal memiliki laptop ASUS A455LD, sistem operasi yang aku pakai adalah Windows 7 64 bit.

Padahal dulu direkomendasikan oleh toko untuk diinstall Windows 8 64 bit saja karena akan lebih optimal. Tapi aku tetep bersikukuh untuk pakai Windows 7 saja karena berbagai alasan.

Yang pertama, User Interface yang lebih familiar dan tidak ribet. Entah mengapa aku merasa ribet saja kalau pakai Windows 8.

Yang kedua, merasa nyaman dengan Windows 7. Meski waktu itu masih pakai versi pak tani. hahaha. I am sorry…

Sebelum install, aku sempatin buat ke forum-forum lihat pengalaman pengguna yang sudah menggunakan laptop ASUS A455LD ini dengan sistem operasi Windows 7. So far…tidak ada masalah cuma ada beberapa kendala seperti driver yang harus mencarinya sendiri dan itu kadang tidak support.

Kalau masalah itu mah buat aku nggak masalah, bisa diatasi. Jadi aku pastiin untuk install Windows 7 64 bit. Mengapa 64 bit, ya karena laptop sekarang ini khususnya tipe ini support 64 bit.

Proses install selesai dan akhirnya aku harus mencari driver dulu.

Browsing kesana kemari download driver dari VGA, LAN, WiFi, dll, nggak ada yang support. Karena melihat kuota internet semakin berkurang, akhirnya aku coba aja pakai driver bawaan yang sebenarnya untuk Windows 8.

Karena iseng, eh driver bawaan itu malah support semua. -_- Jadi sia-sia aku download bermega-mega tadi.

Kesimpulannya, laptop ASUS A455LD sangat kompatible dan lancar menggunakan sistem operasi Windows 7 64 bit.

Booming Windows 10

Awalnya sih biasa saja lihat info update soal Windows 10. Tapi setelah mendapatkan info bahwa di tahun pertama pengguna Windows versi sebelumnya bisa melakukan upgrade secara gratis maka aku jadi tertarik untuk nyoba. (baca juga: Asik, Windows 10 Bisa Dimiliki Secara Gratis)

Tapi waktu itu masih rada ragu, soalnya takut nanti kalau habis upgrade ke Windows 10 ada aplikasi atau driver yang nggak support.

Akhirnya setelah mencari informasi di beberapa situs, semakin yakin untuk mengupgrade Windows 7 aku ke Windows 10.

Windows 10

Waktu itu aku upgrade via fitur Reverse Upgrade yang muncul di notifikasi update Windows 7. Jadi upgradenya via online, bukan download Windows 10 manual lalu di install, bukan begitu.

Jadinya aku butuh kuota internet yang besar dan koneksi yang kenceng. Dan dulu itu aku upgrade pada malam hari, biar bisa ditinggal tidur. 😀

Nah pas upgrade Windows 10 ini aku pilih untuk tetap menjaga file-file user dan aplikasi yang terinstall di Windows 7 sebelumnya. Supaya nanti aku nggak usah install-install lagi.

Sebenere sempet ragu pas milih ini, takutnya nanti malah bikin Windows error atau tidak support. Tapi berbekal keyakinan, akhirnya setelah selesai proses aman dan lancar jaya.

Kesimpulannya setelah melakukan upgrade ini adalah ASUS A455LD sangat kompatible dengan Windows 10.

Driver
Driver yang aku install pas pakai Windows 7 masih tetap berjalan baik di Windows 10. Semua hardware berjalan baik dan tombol-tombol juga fungsi, seperti tombol FN & shortcut lainnya.

Aplikasi & Software
Seperti yang aku sebutin di atas, kalau aku nggak hapus aplikasi dan software yang terinstall di Windows versi sebelumnya (Windows 7). Dan ketika Windows 10 sudah ON, aplikasi-aplikasi masih tetap berjalan dengan lancar.

Gaming
Aku juga sudah nyoba buat ngegame, PES 2015, lancar jaya pakai Windows 10. Tapi perlu diingat, aku sudah upgrade RAM laptop ini jadi 6GB.

Baca juga: Hati-Hati Ketika Upgrade RAM Laptop ASUS A455L

Performa & Trouble
Sejauh ini performa memuaskan, tidak perlu terjadi trouble dari sisi Windowsnya. Mungkin karena aku juga rajin update Windows ketika mendapatkan notifikasi update. Jadinya dari sisi sistem juga terjamin.

Owh ya sebagai tambahan, dulu Windows 7 aku versi Ultimate, jadi pas upgrade Windows 10 ini dapat jatah Windows 10 Pro.

Diterbitkan
Dikategorikan dalam Teknologi

Baca Artikel Lainnya :

27 komentar

  1. Maaf gan saya juga pake ASUS A455L dengan RAM 6 GB, saya mau upgrade windows ke 10, tapi bisa gak saya gak perlu hapus instalasi software yg telah saya instal? maksudnya setelah upgrade aplikasi2 saya tidak ada yg hilang, alu berapa ukuran size windows 10 saat agan upgrade ke Windows 10? mksh

  2. Halo, coba deh dibaca lagi artikel di atas. Aplikasi yang sudah saya install sebelumnya nggak hilang karena ada pilihannya waktu upgrade. Ukurannya sekitar 4-5 giga.

  3. oke gan gini saya mempunyai kira2 30 GB lagi untuk disk space system direktori C:/ saya, kira2 saat telah diinstal windows 10 apakah akan berkurang ukuran disk saya "misal win 10: 5 GB" jadi 25 GB? apakah win 10 langsung replace OS lama saya jadi saya tidak usah repot2 untuk disk cleaner lagi?

    btw saya takut DOTA 2 saya hilang gara2 update win 10 😀

  4. Nanti OS yang lama (windows 7 / 8) akan tergantikan langsung oleh Windows 10. Setelah Windows 10 running, kamu bisa lakukan Disk Cleanup untuk membersihkan Windows .old

  5. Gan kalo install ulang ke win 10, ram saya 2.00 GB Jadi (1.45 GB Usable), itu gimana caranya supaya ram usable saya tetap 2.00 GB ??

  6. @Yohanes : Kalau pengen ram usable tetap 2 GB, ya jangan dihidupkan laptopnya. Yang namanya laptop sudah dihidupkan, tentu ada service/process yang berjalan. Terlebih di Windows 10 banyak service/program2 default yang berjalan sehingga membuat ram banyak digunakan. Solusinya ya tambahin RAM situ,

  7. nggak usah di install driver wifi, nanti udah detect sendiri. terus coba update drivernya. Untuk masalah WiFi memang menjadi bugs dari windows 10, coba search "How to fix No WiFi Windows 10"

  8. Mas virman, aku minta toko rekomendasi yang menjual kaset windows 7 / 8.1 / 10 versi home 64bit yang ORI dong. Diantara ketiga versi tadi tolong sebutin harganya masing-masing ya mas, aku pengen pindah ke Genuine, nyari yang murah dulu saja.
    Aku tunggu balasannya, mas virman.

    makasih

  9. Kalau toko online saya kurang tau mbak, ini mbak lokasinya dimana, coba di toko-toko komputer ternama di daerah mbak, biasanya jual kok. Setahu aku kalau yang paling mahal ya windows 10, Windows 10 Home 64bit di salah satu toko laptop di Solo harganya sekitar 1,5 juta.

  10. Mas Virman,

    Saya juga punya ASUS A455L sudah upgrade ke windows 10, yang mau saya tanyakan, apakah camera laptop punya mas Virman berfungsi setelah di-upgrade? karena camera saya tidak bisa digunakan setelah di-upgrade.

    Terima kasih atas perhatiannya.

  11. Ternyata, cameranya tidak berfungsi jika login dengan account administrator. Setelah pakai account lain, berfungsi.

    Thanks buat infonya yah.

  12. Beli saja yang tipe DDR3L (Low Voltage). Lebih jelasnya baca di artikel berikut Hati-hati Ketika Upgrade RAM Laptop ASUS A455L

  13. Mas Virman Saya juga pakai Laptop ASUS A455L(F) , Saya juga sudah upgarade ram menjadi 6GB (awal 2GB + 4GB)
    Saya sekarang pakai windows 7 64bit , Saya mau nanya Windows yang recommended/Support buat laptop saya apa ya mas?

  14. Ada yang bisa bantu agan anonim ini? 🙂 Anonim sih namanya, jadi nggak bisa ngasih pencerahan. 😀 Pakai nama ya gan kalau komen.

  15. gan, ane baru pake Asus A455LD yg core i3. update os dari 8.1 ke 10. nah nyari driver nvidia dan intelnya gmn? soalnya ane cek kyanya instalan driver Nvidia di win 8.1 sebelumnya gak bsa kpake di win 10

  16. Ane pakai yang punyanya windows 8.x cek dimari http://www.asus.com/us/supportonly/X455LD/HelpDesk_Download/

  17. malem mas…

    rencana lepi A455LD mau saya upgrade dari 8.1 ke 10,
    nah setelah baca tulisan punya mas, berarti gak usah download driver lagi ya untuk Intel HD sama NVidia nya?

    soalnya kata temen ane harus ganti driver yang support buat windows 10

    thx…

  18. sepengalaman saya kemarin tidak perlu ganti driver mas. Jadi kemarin pakai driver vga yang sudah saya install di Windows 7.

    Karena di Asus pun juga tak menyediakan driver VGA untuk Windows 10 64 bit. Silahkan cek di sini >> http://www.asus.com/us/supportonly/X455LD/HelpDesk_Download/

  19. ass ,, saya mau tanya mas ,
    saya install win10 dan berhasil tapi pas saya restart itu tidak mau ke dekstop lg , itu masalah di drivernya atau gmn ya mas??
    saya install manual bukan update seperti artikel diatas
    terima kasih

  20. Wah jujur kurang tahu kalau masalah di atas, belum pernah mengalaminya. Mungkin ada pembaca lain yang mengalami kasus seperti ini? Bisa dong dibantu kakak yang satu ini.

  21. Kalo ane instal manual windows 10 tapi waktu booting kadang stuck di loading circle, atau masuk desktop tapi ngga bisa di apa2in, keyboard jg ga fungsi. Kira2 kenapa ya gan?

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.