ASUS A455L Diinstall Windows 10? Ini Reviewnya

Saat awal-awal memiliki laptop ASUS A455LD, sistem operasi yang aku pakai adalah Windows 7 64 bit.

Padahal dulu direkomendasikan oleh toko untuk diinstall Windows 8 64 bit saja karena akan lebih optimal. Tapi aku tetep bersikukuh untuk pakai Windows 7 saja karena berbagai alasan.

Yang pertama, User Interface yang lebih familiar dan tidak ribet. Entah mengapa aku merasa ribet saja kalau pakai Windows 8.

Yang kedua, merasa nyaman dengan Windows 7. Meski waktu itu masih pakai versi pak tani. hahaha. I am sorry…

Sebelum install, aku sempatin buat ke forum-forum lihat pengalaman pengguna yang sudah menggunakan laptop ASUS A455LD ini dengan sistem operasi Windows 7. So far…tidak ada masalah cuma ada beberapa kendala seperti driver yang harus mencarinya sendiri dan itu kadang tidak support.

Kalau masalah itu mah buat aku nggak masalah, bisa diatasi. Jadi aku pastiin untuk install Windows 7 64 bit. Mengapa 64 bit, ya karena laptop sekarang ini khususnya tipe ini support 64 bit.

Proses install selesai dan akhirnya aku harus mencari driver dulu.

Browsing kesana kemari download driver dari VGA, LAN, WiFi, dll, nggak ada yang support. Karena melihat kuota internet semakin berkurang, akhirnya aku coba aja pakai driver bawaan yang sebenarnya untuk Windows 8.

Karena iseng, eh driver bawaan itu malah support semua. -_- Jadi sia-sia aku download bermega-mega tadi.

Kesimpulannya, laptop ASUS A455LD sangat kompatible dan lancar menggunakan sistem operasi Windows 7 64 bit.

Booming Windows 10

Awalnya sih biasa saja lihat info update soal Windows 10. Tapi setelah mendapatkan info bahwa di tahun pertama pengguna Windows versi sebelumnya bisa melakukan upgrade secara gratis maka aku jadi tertarik untuk nyoba. (baca juga: Asik, Windows 10 Bisa Dimiliki Secara Gratis)

Tapi waktu itu masih rada ragu, soalnya takut nanti kalau habis upgrade ke Windows 10 ada aplikasi atau driver yang nggak support.

Akhirnya setelah mencari informasi di beberapa situs, semakin yakin untuk mengupgrade Windows 7 aku ke Windows 10.

Windows 10

Waktu itu aku upgrade via fitur Reverse Upgrade yang muncul di notifikasi update Windows 7. Jadi upgradenya via online, bukan download Windows 10 manual lalu di install, bukan begitu.

Jadinya aku butuh kuota internet yang besar dan koneksi yang kenceng. Dan dulu itu aku upgrade pada malam hari, biar bisa ditinggal tidur. 😀

Nah pas upgrade Windows 10 ini aku pilih untuk tetap menjaga file-file user dan aplikasi yang terinstall di Windows 7 sebelumnya. Supaya nanti aku nggak usah install-install lagi.

Sebenere sempet ragu pas milih ini, takutnya nanti malah bikin Windows error atau tidak support. Tapi berbekal keyakinan, akhirnya setelah selesai proses aman dan lancar jaya.

Kesimpulannya setelah melakukan upgrade ini adalah ASUS A455LD sangat kompatible dengan Windows 10.

Driver
Driver yang aku install pas pakai Windows 7 masih tetap berjalan baik di Windows 10. Semua hardware berjalan baik dan tombol-tombol juga fungsi, seperti tombol FN & shortcut lainnya.

Aplikasi & Software
Seperti yang aku sebutin di atas, kalau aku nggak hapus aplikasi dan software yang terinstall di Windows versi sebelumnya (Windows 7). Dan ketika Windows 10 sudah ON, aplikasi-aplikasi masih tetap berjalan dengan lancar.

Gaming
Aku juga sudah nyoba buat ngegame, PES 2015, lancar jaya pakai Windows 10. Tapi perlu diingat, aku sudah upgrade RAM laptop ini jadi 6GB.

Baca juga: Hati-Hati Ketika Upgrade RAM Laptop ASUS A455L

Performa & Trouble
Sejauh ini performa memuaskan, tidak perlu terjadi trouble dari sisi Windowsnya. Mungkin karena aku juga rajin update Windows ketika mendapatkan notifikasi update. Jadinya dari sisi sistem juga terjamin.

Owh ya sebagai tambahan, dulu Windows 7 aku versi Ultimate, jadi pas upgrade Windows 10 ini dapat jatah Windows 10 Pro.

Baca juga:



27 Comments

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Your email address will not be published. Required fields are marked *