Menapaki Jejak Blogger Melalui Event Blogger

Ngeblog bukan hanya sebatas menorehkan tulisan ke dalam blog maupun blogwalking saja. Namun, dibalik itu semua ada sesuatu yang perlu dijaga dan diwujudkan ke dalam dunia nyata, yaitu kopdar (kopi darat) atau gathering.

Kopdar merupakan acara yang paling ditunggu-tunggu oleh sesama blogger. Selain dapat bertatap muka secara langsung, juga dapat saling bertukar pikiran antar sesama blogger.

Penting nggak sih, acara blogger itu?

Bagi saya bukan masalah penting atau nggak penting, tapi lebih kepada keharusan untuk diadakannya acara blogger seperti kopdar. Mengapa? Karena :

1. Tambah Kenal

Dengan kopdar maka sesama blogger yang semula hanya berkomunikasi secara online, kini bisa lebih akrab dan lebih kenal melalui dunia nyata. Pasti akan ada hal-hal yang tidak bisa diungkapkan secara online, namun ketika offline akan banyak sekali hal baru yang didapat.

2. Tambah Keluarga
Kalau sudah kenal dan sudah akrab biasanya akan sering berkomunikasi. Dan dapatlah keluarga baru.

3. Tambah Pengalaman
Dengan adanya acara kopi darat apalagi dikemas dengan sebuah acara, akan semakin merekatkan hubungan antar sesama blogger dan yang paling utama adalah dapat menapaki jejak para blogger yang sudah berpengalaman. Dan inilah ilmu yang bisa kita serap.

4. Tambah Rejeki
Biasanya kalau sudah tau seluk beluk blog yang dikelola dan siapa kita, kalau ada rejeki pasti dibagi-bagi. Misalnya kalau lagi dapat tawaran job review atau ada tawaran untuk ikut acara lain. Itu rejeki luar biasa.

Nah, saya sendiri pun sudah pernah mengikuti event-event blogger seperti ini. Yang pertama kali saya ikuti adalah Kopdar Blogger Nusantara Tahun 2011 di Sidoarjo. Kebetulan dulu pas lagi gabung sama Komunitas Blogger Jogja (KBJ) dan saya datang bersama teman-teman KBJ. Kopdar Blogger Nusantara 2011 dulu adalah yang pertama.

Sayangnya untuk Kopdar Blogger Nusantara 2012 yang diadakan di Makassar saya tidak bisa ikut karena terkendala waktu dan transportasi. Tapi tak apa, harapan saya waktu itu tahun 2013 bisa ikut event blogger se-Indonesia ini.

Ternyata harapan saya benar, Kopdar Blogger Nusantara 2013 justru berada di Jogja dan saya malah turut membantu dalam susunan kepanitiaan. Dulu saya jadi Koor. LO. Ya, meskipun acara yang diselenggarakan tidak sesuai agenda namun cukup memberikan pengalaman dalam mempersiapkan event sekelas nasional.

Pada waktu itu saya kecewa, kecewa bukan karena acaranya tidak sesuai dengan agenda yang disusun, namun kecewa karena tidak bisa merasakan esensi kopdar-nya. Ya, saya terlalu sibuk untuk mengurusi acara supaya semaksimal mungkin bisa lancar dan tak ada waktu untuk ngobrol banyak dengan teman-teman yang datang ke Jogja. Tapi saya tetap senang karena masih ada teman-teman blogger yang masih mengikuti hingga acara berakhir. :’)

Tahun 2015, apa harapan untuk event blogger?

Sudah kita ketahui bersama bahwa tahun 2014 Event Blogger Nusantara tidak diadakan. Saya sebenarnya tahu mengapa tidak ada lagi di tahun 2014 ini. Akan tetapi, saya tetap menyikapinya secara positif. Mungkin ini cara Tuhan agar kita(blogger) lebih erat lagi ketika nanti bertemu di event Blogger Nusantara 2015.

Rasa kangen suasa kopdarnya agar lebih terasa dan lebih menikmati esensi kopdar yang sebenarnya.

Di tahun 2015 ini event blogger seperti Kopdar Blogger Nusantara bisa diadakan apapun itu bentuk acaranya yang terpenting adalah bagaimana agar blogger-blogger se-Nusantara bisa saling bertemu, bercanda, dan berbagi dalam kebersamaan demi memajukan tanah air Indonesia.

Selain itu juga agar bisa merekatkan kembali komunitas-komunitas blogger daerah yang saat ini menurut saya tidak seramai dan seaktif satu dua tahun yang lalu bahkan mati suri. Sehingga kita sebagai blogger bisa terus menapaki jejak blogger-blogger yang tersebar di tanah Nusantara ini. Blogger Nusantara, Blogger Istimewa!

Baca juga:

WhatsApp
Telegram


18 Comments

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Your email address will not be published. Required fields are marked *