Kesalahan Fatal Ketika Mengolah Sayuran

VIRMANSYAH.info – Sayuran sangat baik untuk tubuh karena memiliki kandungan gizi yang berlimpah. Tak heran jika bagi sebagian orang yang sedang diet, selalu mengkonsumsi sayuran dengan rutin.

Akan tetapi, sayuran tak ada manfaatnya lagi jika salah dalam mengolahnya. Dan ternyata masih banyak yang belum mengetahui bagaimana mengolah sayuran dengan benar.

Ilustrasi Memasak Sayuran / image credit vemale.com

Berikut ini beberapa kesalahan fatal yang sering terjadi ketika mengolah sayuran. Semoga bisa diambil intisarinya dan dapat dijadikan pedoman ketika memasak sayuran.

1. Memasaknya Terlalu Lama

“Proses pemanasan akan menghancurkan sebagian besar nutrisi yang terkandung dalam sayuran,” kata Ahli diet nabati, Julieanna Hever, seperti yang diinfokan Kompas.com, Sabtu(24/1/2015). Hal tersebut memang benar. Dan masih banyak yang memasak sayuran terlalu lama dengan dasar agar matang, padahal itu salah. Karena kandungan gizinya akan hilang.

2. Dimasak Dalam Suhu Terlalu Panas

Selain dimasak terlalu lama, biasanya kesalahan lain ketika memasak sayuran adalah memasaknya dengan suhu yang terlalu panas. Selain akan menimbulkan gosong, juga dapat merusak antioksidan yang terkandung di dalam sayuran.

3. Penggunaan Minyak Yang Beragam

Perlu diperhatikan juga ketika memasak sayuran terlebih ketika menumis. Menumis memang sangat baik karena dapat mempertahankan kadar nutrisi yang ada dalam sayuran. Namun, jika menggunakan berbagai jenis minyak, khususnya minyak yang memiliki lemak tak jenuh dapat menimbulkan racun karena minyak tersebut teroksidasi dalam suhu yang tinggi.

4. Mengupas Sayuran

Kulit sayuran mengandung banyak mineral dan vitamin. Namun ini yang tak disadari dan banyak yang mengupasnya lalu dibuang. Sebaiknya sayuran yang memiliki kulit, cukup dibersihkan di bawah air mengalir tanpa harus mengupas kulit sayurannya.

5. Terlalu Banyak Menggunakan Minyak

Sayuran-sayuran segar seperti brokoli, selada dan lainnya memiliki kandungan nutrisi yang tinggi dan memiliki kalori yang rendah. Namun sayang ketika Anda terlalu banyak menambahkan minyak seperti minyak zaitun ke dalam masakan Anda, ini akan meningkatkan jumlah kalori. Perlu Anda ketahui bahwa dalam satu sendok makan minyak zaitu mengandung 120 kalori. Padahal Anda tidak menggunakannya hanya satu sendok, bahkan lebih.

Nah, dalam memasak pun perlu dipelajari. Memasak bukan hanya soal rasanya yang enak, namun yang terpenting adalah kandungan nilai gizi yang ada di dalam masakan tersebut.

Jangan sampai melakukan kesalahan fatal yang membuat masakan kehilangan sumber gizi yang diperlukan oleh tubuh. Kesehatan tubuh lebih penting daripada kelezatan di lidah. Semoga bermanfaat.

Baca juga:



Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Your email address will not be published. Required fields are marked *