#Blogging for Human

Kamis, 19 November 2015

Kenapa Kamu Harus Rutin Merawat Laptop?

Laptop yang kamu miliki bisa jadi malapetaka buat hidupmu. Apalagi kalau kamu gunain laptop untuk kebutuhan kuliah (ngerjain skripsi) atau urusan kerjaan dengan klien-klien kamu.

Ingat, laptop atau notebook itu adalah perangkat komputer yang memiliki komponen lebih kecil daripada Personal Computer (PC).

So, dari segi risiko tentu lebih tinggi dibanding dengan PC.

Sayangnya hal ini yang kurang menjadi kesadaran buat pemilik laptop dan biasanya itu adalah orang yang awam soal IT.

Nah...kalau kamu adalah bagian dari orang awam ini, aku akan menjelaskan kenapa sih kamu harus rutin merawat laptop yang kamu miliki?

Cara Merawat Laptop
Image via xenompc.com
Soalnya ini demi keselamatan kamu dan laptop kesayangan kamu.

Ok, berikut adalah alasannya.

#1 Laptop Kamu Terdapat Data Yang Penting

Di laptop kamu ada perangkat keras yang namanya Hard Disk. Hard Disk ini tempat untuk menyimpan segala file-file kamu termasuk sistem operasi, seperti Windows 7 dan lainnya.

Nah, bayangkan jika kamu lagi ngerjain skripsi lalu laptop tiba-tiba mati karena harddisk rusak. Kelarrr hidup loe.....

Data-data skripsi kamu termasuk foto-foto mantan kamu nggak bakal bisa diselametin lagi. Kalaupun bisa itu sangat kecil kemungkinannya jika masalah ada di hard disknya.

Untuk itu kamu harus rutin melakukan perawatan laptop kamu dari sisi hard disk. Caranya?

Untuk perawatan hard disk bisa dilakukan dengan cara melakukan Disk Defragment, matikan laptop melalui proses Shutdown bukan langsung dipencet tombol powernya, jangan dipaksa buat maen game kalau laptop nggak support gaming, dll.

#2 Spare Part Laptop Harganya Mahaall

Kamu tahu harga spare part laptop? Kalau belum tahu coba cari tahu. Misalnya harga motherboard laptop, harga keyboard laptop, harga lcd laptop, harga cd-room laptop, dan lainnya.

Kalau udah tahu harganya coba renungkan. Harga cukup mahal, jika dibanding dengan perangkat personal computer. Tak heran jika laptop sekarang ini harganya mahal-mahal.

Nah, untuk itu rawatlah laptop kamu supaya terhindar dari kerusakan.

Biasanya yang sering trouble itu dibagian baterai laptop, keyboard laptop, lcd, dan cd-room. Bagian-bagian ini sering terjadi karena kesalahan pengguna.

Misalnya saja untuk baterai. Kamu harus tahu tuh baterai laptop kamu tipe apa. Kan sekarang ada tipe Lithium Ion dan Lithium Polymer. Masing-masing memiliki karakteristik berbeda. Termasuk cara perawatannya.

Coba baca-baca artikel di internet tentang cara merawat baterai laptop supaya awet tidak drop.

Baca juga: Begini Cara Menjaga Umur Baterai Laptop ASUS A455LD Agar Lebih Tahan Lama

Kan ada tuh laptop yang kalau sering dicharger (kapasitas baterai habis baru dicharge) malah jadi gampang drop.

Hal-hal seperti ini perlu kamu pelajari. Jangan asal pakai aja. Nanti ribet sendiri kalau udah mati, laptopnya.

#3 Harga Laptop Mahal

Tahu sendirilah sekarang ini nilai tukar rupiah terhadap dollar gimana. Dan tentunya ini berdampak pada penjualan elektronik termasuk laptop yang notabene produk import.

Harga laptop aja terus naik karena didalamnya juga ada upgrade teknologi yang lebih canggih, ditambah nilai tukar rupiah terhadap dollar. Duh...kalau yang punya duit pas-pasan pengen ngelus dada...
Cara merawat laptop

Untuk itu, ayolah rawat laptop mu mulai dari sekarang. Harga laptop itu sekarang mahal. Apa kamu nggak kasihan sama orang tua mu yang beliin kamu laptop?

Tapi kalau kamu beli sendiri dan kamu tajir, ya terserah loe sih...

Jadi, itu alasan simple kenapa kamu harus merawat dan menjaga laptop kesayangan kamu. Kalau kamu nggak bisa merawatnya, coba tanya teman, saudara, tetangga atau siapa kek yang bisa.

Dan jangan lupa, bawa ke service center tiap satu tahun sekali untuk membersihkan debu di dalam laptop kamu. Tapi kalau kamu bisa bongkar sendiri ya syukurlah, biar lebih hemat.

Itu saja yang bisa aku sampaiin, aku Virmansyah, terima kasih.


loading...
Kenapa Kamu Harus Rutin Merawat Laptop? 4.5 5 S Adi Firmansyah Kamis, 19 November 2015 Ayo rawat laptop kamu. Karena Laptop yang kamu miliki bisa jadi malapetaka buat hidupmu. Laptop yang kamu miliki bisa jadi malapetaka buat hidupmu. Apalagi kalau kamu gunain laptop untuk ke...
Kamis, 19 November 2015Kamis, November 19, 2015

Kenapa Kamu Harus Rutin Merawat Laptop?

Ayo rawat laptop kamu. Karena Laptop yang kamu miliki bisa jadi malapetaka buat hidupmu. 4.5 out of 5 based on 24 ratings. 5 user reviews:

Bagi yang kesulitan untuk mengirim komentar di blog ini, silahkan baca ini Cara Mengirim Komentar Melalui Disqus Comment System

0 komentar pengunjung:

Poskan Komentar

*Centang "Beri Tahu Saya" untuk mendapatkan notifikasi di email kamu kalau Komentar kamu sudah mendapat balasan dari ku.

*Jika tidak memiliki akun Google, silahkan pilih Name/URL, jangan Anonymous. Komentar dengan Anonymous tidak akan ditampilkan.


*Komentar tidak langsung muncul, karena akan saya moderasi terlebih dahulu.

*Segala bentuk komentar SPAM/Iklan tidak akan ditayangkan.

*Komentarlah sesuai dengan topik artikel di atas (Bisa Kritik/Saran/Kesan/Pertanyaan)

*KOMENTAR MODEL (Like, Nice Article, Thanks infonya, dll) yang hanya bertujuan untuk mendapatkan BACKLINK, tidak akan di APPROVE. Jika ingin mendapatkan BACKLINK dari blog ini silahkan hubungi saya untuk kerjasama SPONSORED POST.