#Blogging for Human

Senin, 19 Januari 2015

Ancaman Bahaya Bagi Pengguna Earphone

Mendengarkan lagu ketika santai maupun bekerja memang sangat mengasyikan. Selain dapat digunakan sebagai sarana penghibur diri, juga dapat dijadikan pengusir penat dan kejenuhan. Bagi sebagian orang, mendengarkan sebuah lagu kurang nyaman jika tidak melalui earphone. Karena selain suara semakin jelas juga tidak membuat orang lain terganggu akan suara yang dihasilkan oleh speaker. Namun, apakah Anda pernah memikirkan dampak dari terlalu sering menggunakan earphone?

Bahaya Menggunakan Earphone


Penggunaan earphone yang terlalu sering ternyata dapat menimbulkan dampak yang buruk untuk kesehatan kita, terutama dalam hal pendengaran.

Kasus ini telah ditelitii oleh WHO, dan menyimpulkan bahwa dampak dari penggunaan earphone yang terlalu sering akan berdampak pada timbulnya efek negatif pada telinga. Akan muncul denging pada telinga yang disebabkan rumah siput (koklea) lelah dalam menerima suara yang masuk melalui earphone, terlebih jika suara  terlalu keras.

Perlu Anda ketahui bahwa telinga manusia terbiasa mendengarkan suara dengan frekuensi sebesar 65 decibel (dB) ,dan yang sangat fatal adalah ketika telingan terlalu sering mendengarkan suara di atas 65 dB akan berdampak pada kualitas pendengaran kita. Dan tahukah Anda berapa frekuensi yang dihasilkan oleh earphone? yaitu sebesar 95-115dB. Nah, bayangkan jika frekuensi tersebut terlalu sering masuk ke telinga kita. Itu akan berdampak pada pendengaran secara permanen.

Jika saat ini Anda termasuk orang yang sering mendengarkan lagu melalui earphone selama lebih dari lima jam dalam seminggu, Anda patut waspada dan perlu dikurangi intensitasnya. Karena ada sebuah penelitian yang telah menginformasikan bahwa penggunaan earphone lebih dari lima jam dalam seminggu membuat kerusakan permanen dalam pendengaran, dan ini terjadi pada anak muda.

Dampak dari seringnya mendengarkan lagu atau suara lain melalui earphone adalah sebagi berikut :

1. Menurunkan Batas Kemampuan Pendengaran

Penggunaan earphone yang terlalu sering dapat menurunkan batas kemampuan pendengaran manusia (Ambang Pendengaran).

2. Mengakibatkan Tuli

Meskipun tidak terjadi secara langsung, namun penggunaan earphone yang terlalu sering, secara perlahan akan mengakibatkan tuli.

3. Merusak Telinga

Earphone yang kurang bersih dan memiliki tekstur yang kasar dapat mengakibatkan kerusakan pada telinga bagian lubang telinga. Dan juga berakibat pada gendang telinga yang tidak kuat lagi menerima suara yang terlalu keras.

Aktifitas ini bagi sebagai dari kita masih dianggap sepele. Namun, sebenarnya memiliki dampak yang sangat buruk bagi kesehatan, terutama pendengaran. Oleh karena itu, mari mulai saat ini kurangi penggunaan earphone. Kualitas earphone yang digunakan juga perlu diperhatikan, karena akan berpengaruh pada kualitas suara yang dihasilkan.


loading...
Ancaman Bahaya Bagi Pengguna Earphone 4.5 5 S Adi Firmansyah Senin, 19 Januari 2015 Sering menggunakan earphone ketika mendengarkan musik? Awas ada bahaya yang mengintai! Simak selengkapnya di sini Mendengarkan lagu ketika santai maupun bekerja memang sangat mengasyikan. Selain dapat digunakan seb...
Senin, 19 Januari 2015Senin, Januari 19, 2015

Ancaman Bahaya Bagi Pengguna Earphone

Sering menggunakan earphone ketika mendengarkan musik? Awas ada bahaya yang mengintai! Simak selengkapnya di sini 4.5 out of 5 based on 24 ratings. 5 user reviews:

Bagi yang kesulitan untuk mengirim komentar di blog ini, silahkan baca ini Cara Mengirim Komentar Melalui Disqus Comment System

0 komentar pengunjung:

Poskan Komentar

*Centang "Beri Tahu Saya" untuk mendapatkan notifikasi di email kamu kalau Komentar kamu sudah mendapat balasan dari ku.

*Jika tidak memiliki akun Google, silahkan pilih Name/URL, jangan Anonymous. Komentar dengan Anonymous tidak akan ditampilkan.


*Komentar tidak langsung muncul, karena akan saya moderasi terlebih dahulu.

*Segala bentuk komentar SPAM/Iklan tidak akan ditayangkan.

*Komentarlah sesuai dengan topik artikel di atas (Bisa Kritik/Saran/Kesan/Pertanyaan)

*KOMENTAR MODEL (Like, Nice Article, Thanks infonya, dll) yang hanya bertujuan untuk mendapatkan BACKLINK, tidak akan di APPROVE. Jika ingin mendapatkan BACKLINK dari blog ini silahkan hubungi saya untuk kerjasama SPONSORED POST.