Ancaman Bahaya Bagi Pengguna Earphone

Dikategorikan dalam #LBI2015, Gaya Hidup, Kesehatan

Mendengarkan lagu ketika santai maupun bekerja memang sangat mengasyikan. Selain dapat digunakan sebagai sarana penghibur diri, juga dapat dijadikan pengusir penat dan kejenuhan. Bagi sebagian orang, mendengarkan sebuah lagu kurang nyaman jika tidak melalui earphone. Karena selain suara semakin jelas juga tidak membuat orang lain terganggu akan suara yang dihasilkan oleh speaker. Namun, apakah Anda pernah memikirkan dampak dari terlalu sering menggunakan earphone?

Bahaya Menggunakan Earphone

Penggunaan earphone yang terlalu sering ternyata dapat menimbulkan dampak yang buruk untuk kesehatan kita, terutama dalam hal pendengaran.

Kasus ini telah ditelitii oleh WHO, dan menyimpulkan bahwa dampak dari penggunaan earphone yang terlalu sering akan berdampak pada timbulnya efek negatif pada telinga. Akan muncul denging pada telinga yang disebabkan rumah siput (koklea) lelah dalam menerima suara yang masuk melalui earphone, terlebih jika suara  terlalu keras.

Perlu Anda ketahui bahwa telinga manusia terbiasa mendengarkan suara dengan frekuensi sebesar 65 decibel (dB) ,dan yang sangat fatal adalah ketika telingan terlalu sering mendengarkan suara di atas 65 dB akan berdampak pada kualitas pendengaran kita. Dan tahukah Anda berapa frekuensi yang dihasilkan oleh earphone? yaitu sebesar 95-115dB. Nah, bayangkan jika frekuensi tersebut terlalu sering masuk ke telinga kita. Itu akan berdampak pada pendengaran secara permanen.

Jika saat ini Anda termasuk orang yang sering mendengarkan lagu melalui earphone selama lebih dari lima jam dalam seminggu, Anda patut waspada dan perlu dikurangi intensitasnya. Karena ada sebuah penelitian yang telah menginformasikan bahwa penggunaan earphone lebih dari lima jam dalam seminggu membuat kerusakan permanen dalam pendengaran, dan ini terjadi pada anak muda.

Dampak dari seringnya mendengarkan lagu atau suara lain melalui earphone adalah sebagi berikut :

1. Menurunkan Batas Kemampuan Pendengaran

Penggunaan earphone yang terlalu sering dapat menurunkan batas kemampuan pendengaran manusia (Ambang Pendengaran).

2. Mengakibatkan Tuli

Meskipun tidak terjadi secara langsung, namun penggunaan earphone yang terlalu sering, secara perlahan akan mengakibatkan tuli.

3. Merusak Telinga

Earphone yang kurang bersih dan memiliki tekstur yang kasar dapat mengakibatkan kerusakan pada telinga bagian lubang telinga. Dan juga berakibat pada gendang telinga yang tidak kuat lagi menerima suara yang terlalu keras.

Aktifitas ini bagi sebagai dari kita masih dianggap sepele. Namun, sebenarnya memiliki dampak yang sangat buruk bagi kesehatan, terutama pendengaran. Oleh karena itu, mari mulai saat ini kurangi penggunaan earphone. Kualitas earphone yang digunakan juga perlu diperhatikan, karena akan berpengaruh pada kualitas suara yang dihasilkan.

Baca Artikel Lainnya :

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *