Perbedaan Facial Wash dan Facial Scrub. Pria Wajib Tau!

Facial Wash dan Facial Scrub

Perbedaan Facial Wash dan Facial Scrub | Siapa bilang pria nggak boleh merawat diri khususnya wajah? Justru pria yang notabene punya kegiatan yang lebih padat harus pandai-pandai merawat wajahnya, supaya nggak muncul jerawat, dll. Perawatan wajah pria yang paling standar adalah menggunakan produk cuci muka.

Saya sendiri pun juga cuma pakai produk itu saja. Karena nggak mungkin cuci muka pakai sabun untuk badan, karena itu nggak cocok dan bikin kulit wajah bisa iritasi. Makanya muncul produk cuci muka yang sekarang ini banyak sekali pilihannya.

Tapi yang paling penting bagi seorang pria adalah harus tahu kalau produk cuci muka itu ada jenis, yaitu Facial Wash dan Facial Scrub.

Perbedaan Facial Wash dan Facial Srub

Facial Wash dan Facial Scrub

Kedua produk ini sama tapi beda. Sama-sama untuk membersihkan area wajah, tetapi beda fungsinya. Nah di artikel ini saya ingin berbagi sedikit tentang perbedaan antara Facial Wash dan Facial Scrub.

Facial Wash

Kebanyakan pria menggunakan produk ini. Facial Wash ini adalah sabun yang fungsinya untuk membersihkan area muka (wajah). Mengapa tidak boleh pakai sabun mandi biasa untuk membersihkan area wajah? Karena bahan sabun mandi itu terlalu keras untuk kulit wajah.

Jadi bisa berakibat iritasi atau muncul masalah di kulit wajah. Bukannya bersih malah hancurin kulit wajah. Untuk itu sebagai gantinya, harus pakai Facial Wash yang sifatnya lebih lembut.

Facial Wash ini fungsinya untuk mengangkat kotoran yang ada di wajah dan mengurangi minyak berlebih bagi yang wajahnya berminyak. Nah hati-hati juga saat memilih produk Facial Wash, karena saat ini ada beberapa jenis tergantung dari jenis kulit masing-masing.

Ada Facial Wash yang memang dikhususkan untuk wajah yang berminyak, ada juga yang punya keunggulan untuk mengurangi noda dan jerawat.

Banyak pria tidak tahu soal ini dan justru salah memilih Facial Wash. Yang pada akhirnya produk yang dibeli tidak cocok dengan kulitnya sehingga bisa menimbulkan masalah. Saya sendiri dulu pernah membeli produk Facial Wash yang tidak sesuai dengan kulit wajah saya, akhirnya setelah pemakaian beberapa hari, malah timbul jerawat. 🙁

Facial Wash ini karakternya lembut dan berbusa jika digunakan.

Facial Scrub

Kalau Facial Scrub itu punya fungsi yang lebih spesifik. Kalau Facial Wash tadi lebih untuk membersihkan kotoran di wajah setiap harinya, Facial Scrub ini lebih untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan membuat wajah menjadi lebih cerah dan rata. Maksudnya bukan wajahnya jadi rata ya 😀 tetapi kecerahannya jadi rata, kalau ada plek-plek hitam atau sel kulit mati bisa hilang.

Jadi Facial Scrub ini bukan sekadar sabun muka saja. Teksturnya berbeda, seperti namanya, produk ini ada scrub atau butiran-butiran kecil seperti pasir. Cirinya itu, jadi memang ada kasar teksturnya.

Dan sebenarnya Facial Scrub yang bagus itu yang nggak ada foam-nya kalau dipakai. Jadi pas diratain ke tangan itu nggak muncul busa, itu yang bagus.

Nah yang punya kulit wajah berminyak, cocok untuk menggunakan Facial Scrub, karena bisa membantu mengecilkan pori-pori kulit wajah. Tapi harap hati-hati buat yang punya kulit wajah sensitif, pemakaian Facial Scrub justru malah membuat iritasi.

Penggunaan Facial Wash dan Facial Scrub berbeda

Selain fungsi berbeda, cara penggunaan Facial Wash dan Facial Scrub pun berbeda. Kalau Facial Wash kamu bisa gunakan setiap hari, pagi dan sore/malam, sedangkan Facial Scrub jangan digunakan setiap hari. Ya paling tidak 1 minggu 2 kali.

Mengapa Facial Scrub tidak boleh digunakan setiap hari? Karena justru bisa merusak kulit. Kan kandungan Facial Scrub itu berbeda dengan Facial Wash, dan memang fungsinya sendiri juga berbeda.


Baca juga : Ternyata Jumlah Air Putih Yang Harus Dikonsumsi Per Hari Harus Sesuai Dengan Berat Badan

Itu perbedaan Facial Wash dan Facial Scrub. Gimana-gimana? Udah dong belum kalian para pria-pria yang ingin wajahnya glowing? Jangan sampai salah beli ya.

Baca Artikel Lainnya :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *