Ternyata Jumlah Air Putih Yang Harus Dikonsumsi Per Hari Harus Sesuai Dengan Berat Badan

Sebelumnya aku mau mengucapkan Selamat Hari Air Sedunia pada 22 Maret 2017, hari ini. Bicara soal air, tentunya air adalah sumber daya alam yang sangat kita butuhkan baik untuk diri kita sendiri maupun kehidupan ini.

Minum Air Putih

Coba bayangkan kalau di dunia ini tidak ada air….

Sudah selesai membayangkannya? 😀

Tandus
gambar dari sesawi.net

Yang jelas jika tidak ada maka tidak ada kehidupan. Itulah mengapa kita perlu menjaga betul kelangsungan sumber daya air ini di hidup kita. Caranya bagaimana? Ya salah satunya tidak menggunakan air secara berlebihan. Contoh konkretnya adalah menutup kran air ketika sudah penuh.

Tidak hanya untuk kehidupan dan lingkungan saja, tubuh kita ini juga perlu air agar tetap bisa tumbuh dan berkembang. Kekurangan air sangat tidak bagus untuk kesehatan tubuh. Selain bisa dehidrasi, juga akan berdampak pada timbulnya penyakit-penyakit lain.

Baca juga : 10 Pesan Gizi Seimbang, Bacalah!

Biasanya takaran untuk jumlah konsumsi air putih itu minimal 8 gelas per hari. Iya kan? Soalnya ya sudah banyak iklan maupun himbauan untuk minum minimal 8 gelas per hari.

Tetapi tahukah kalau sebenarnya jumlah air putih yang harus dikonsumsi per hari itu harus disesuaikan dengan berat badan? Iya, ternyata aku juga baru tahu.

Aku tahu ketika melihat tweet dari akun @KemenkesRI yang menginformasikan jumlah air yang harus kita minum setiap harinya. Tweet yang berupa infografis tersebut menginformasikan takaran air minum yang disesuaikan dengan jumlah berat badan seseorang.

Berikut detailnya :

Jumlah Takaran Air Putih

Misal kalau punya berat badan 60 kg, maka jumlah air yang harus dikonsumsi setiap hari adalah 2,5 liter.

Jadi setiap orang itu tidak bisa mengkonsumsi jumlah air yang sama. Masing-masing ada takarannya sesuai dengan kondisi berat badannya. Karena mengkonsumsi air putih terlalu banyak pun juga tidak baik.

Baca juga : Cara Mudah Menguji Kualitas Air Minum

Aku pernah ada pengalaman belum lama ini. Waktu itu ada saudara yang masuk rumah sakit, beliau sakit jantung dan kadar gula tinggi. Dari saran dokter, malah disuruh mengurangi minum air putih.

Nah, intinya kita itu juga perlu untuk menjaga konsumsi air putih di tubuh kita, agar bisa seimbang dan menyehatkan.

Baca juga:

WhatsApp
Telegram


3 Comments

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Your email address will not be published. Required fields are marked *