Hargailah Orang yang Bekerja Secara Mandiri

Bekerja Mandiri

Sekarang ini banyak sekali jenis pekerjaan yang ada di lingkungan kita. Tidak hanya pekerjaan kantoran saja, tetapi juga pekerjaan yang berbasis mandiri. Pekerjaan yang mandiri itu maksudnya ia bekerja tanpa ikatan perusahaan. Mungkin dari kita banyak yang menyebutkan freelancer.

Masalah yang ada saat  ini adalah pekerjaan ini masih dipandang sebelah mata oleh banyak kalangan. Mereka beranggapan pekerjaan ini bukan pekerjaan yang menjanjikan dan tidak bisa menjamin masa depan. Pada akhirnya banyak orang ketika ketemua pekerja mandiri selalu menyarankan untuk bekerja kantoran bahkan menyuruhkan bekerja sebagai PNS.

Saran yang bagus.

Akan tetapi tidak semudah itu menyarankan seorang pekerja mandiri untuk berubah bidang pekerjaannya. Karena mayoritas pekerja mandiri telah memilih pekerjaan itu sebagai pekerjaan utamanya. Para pekerja mandiri tidak sedang main-main atau sekadar mengisi waktu luang. Ia juga sedang bekerja seperti para pekerja lainnya.

Sangat disayangkan jika masih ada yang meremehkan pekerjaan ini. Apalagi jika melihat dan membandingkannya dari segi penghasilan. Saya itu sangat tidak etis. Masalah penghasilan itu adalah privasi setiap orang, kita tidak berhak mencampuri penghasilan orang lain. Lagi pula masalah penghasilan itu tidak bisa dilihat dari segi jenis pekerjaannya saja. Sejatinya rezeki itu banyak sekali pintunya. Tergantu bagaimana kita yang berusaha.

Meskipun bekerja secara mandiri, tidak jarang yang penghasilannya lebih besar dari mereka yang kerja kantoran bahkan PNS.

Para pekerja mandiri sering dipandang sebelah mata karena soal gaya hidupnya saja. Mereka kebanyakan beraktifitas di rumah dan tidak mau terlalu memperlihatkan hasil pekerjaannya. Sehingga sering disangka mereka ini orang yang tidak jelas status pekerjaannya.

Freelancer

Faktanya para pekerja mandiri selalu berusaha untuk menyelesaikan pekerjaan dengan penuh tanggung jawab. Mereka juga tetap berusaha, tidak hanya siang tapi juga malam. Bahkan ketika orang yang bekerja kantoran sedang tidur, para pekerja mandiri ini sedang menyelesaikan pekerjaannya. Mereka ini bekerja secara bebas waktunya, jadi ketika siang terlihat tidak bekerja, ya mereka memang sedang menyelesaikan pekerjaannya. Mereka akan menyelesaikan pekerjaannya di waktu yang lain misalnya saja malam hari.

Intinya adalah sama saja. Mau bekerja secara mandiri atau kantoran, setiap orang yang bekerja selalu punya tanggung jawab pekerjaannya masing-masing. Untuk itu mari kita saling menghargai dan saling mendukung satu sama lain. Jika ada rekan atau saudara kamu yang bekerja secara mandiri, dukunglah mereka agar bisa bekerja dengan baik.

Mereka tidak butuh saran pekerjaan lain, karena mereka telah mendapatkan pekerjaannya.

Masa depan bukan ditentukan oleh apa jenis pekerjaan saat ini, tetapi seberapa besar usaha yang telah dilakukan saat ini untuk mempersiapkan masa yang akan datang.

Percuma jika kerja kantoran (swasta), jika setiap harinya bergaya mewah-mewahan. Pada akhirnya di masa yang akan datang, tidak punya persiapan dan susah sendiri di masa depan.

Intinya semua itu sama saja. Tergantung seberapa besar usaha kita di hari ini.

Baca juga:



Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Your email address will not be published. Required fields are marked *