Inject Iklan Indosat Ooredoo Kembali Menghantui Pengguna

Dikategorikan dalam Informasi, Seluler

Wajar jika website terdapat iklan yang ada di beberapa bagian, tetapi hal itu menjadi tak wajar jika tiba-tiba kita ketika membuka website ada iklan yang sebenarnya tidak dipasang oleh pengelola website.

Itulah yang kembali saya alami hari ini ketika membuat beberapa website salah satunya adalah Speedtest.net.

Awalnya saya ingin mengetest kecepatan koneksi internet yang saya gunakan, Indosat Ooredoo. Tetapi ketika membuka laman www.speedtest.net ada sebuah kejanggalan di sana, yaitu munculnya banner iklan dari Google Adsense ukuran 300×600 yang terpampang di sisi kiri website dengan tombol close di atas.

Inject Iklan Indosat

Sontak melihat iklan ini saya menjadi heran dan bertanya-tanya. “Masa sih layanan pengukur kecepatan internet sekelas Speedtest pasang iklan model sticky seperti ini? Menutupi sebagian laman website lagi?”

Akhirnya saya coba untuk mereload ulang laman website, dan ternyata muncul lagi.

Karena saya punya pengalaman untuk hack website, eh maksudnya inspect element 😀 Saya coba untuk melihat source iklan tersebut. Lha dalah, ternyata ada sebuah tulisan “indosat” dan sebuah IP iklan.

Inject Iklan Indosat

IP : http://114.6.128.4:8004/CAMPAIGN/0008405588/0008403139/index.html

Saya coba cek IP nya dan ternyata milik Indosat!

Inject Iklan Indosat

Fix! Ini berarti inject iklan dari Indosat Ooredoo.

Sebagai pengguna, jelas saya sangat tidak nyaman dengan adanya iklan ini. Selain mengganggu, juga tidak layak perusahaan telekomunikasi sekelas Indosat melakukan semacam ini. Masa ya mau ikut-ikutan Telkom Speedy yang juga kerap melakukan inject iklan kayak gini.

Dan saya baru ingat, sebelumnya saya juga mengunjungi laman blog kawan saja, Cahyogya.com. Di laman blog itu, saya juga melihat iklan serupa. Tetapi saya kira itu memang sengaja dipasangi iklan oleh kawan saya.

Inject Iklan Indosat

Inject Iklan Indosat

Setelah melihat iklan yang di SpeedTest itu, saya coba kembali membuka laman blog Cahyogya.com, lalu saya coba hack eh maksudnya inspect element, dan ternyata itu juga inject iklan dari Indosat Ooredoo. Sangat disayangkan!

Kalau seperti ini siapa yang diuntungkan? Ya jelas Indosat! Pengguna internet dan pemilik website akan dirugikan!

Melalui artikel ini, saya sebagai pengguna layanan internet Indosat Ooredoo, memohon dengan sangat untuk menutup dan menghentikan inject iklan tersebut. Karena perbuatan tersebut sangatlah tidak beretika dan tentunya mengganggu kenyaman pengguna dalam mengakses internet.

Kalau kalian pengguna Indosat, dan mengalami hal serupa, silahkan komen di bawah, supaya Indosat tahu kalau kita (pengguna) ini risih dengan adanya inject iklan tersebut.

Baca Artikel Lainnya :

9 komentar

  1. haloo mas, saya juga pernah pake indosat, dan ada injectnya juga.. tapi ga sering sih.. hehe..

    tapi sekarang ga pake indosat, utk paketan saya sering gonta-ganti, cari yang pas dengan duit. wkwk

    btw inject iklan gini, ga beda jauh sama speedy alias indihome.. sungguh menyebalkan..

    1. Saya juga mengalami itu , dan membuat google adsense saya terganggu , pertanyaan buat admin apakah ada script untuk memblok inject iklan indosat ?.

  2. Apa ada cara utk menghapus inject? No bawaan dri Jkt pindah ke Bantul, penting utk kerja. Mslhnya koneksi paling cpt 12Kbs-walaupun 4G! Yg bikin parah tampilan aplikasi lain terganggu-malah gagal.

    1. Iklan inject ini muncul karena situs yang dikunjungi tidak menggunakan protocol HTTPS.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *