Nusantara Sehat : Terpilih Menjadi Bagian Sahabat Indonesia Sehat

Saya bangga menjadi bangsa Indonesia, saya bangga menjadi bagian dari negeri tercinta, saya bangga menjadi salah satu blogger yang diberi kesempatan merajut mimpi bersama Kemenkes RI.

Tanggal 21-23 April 2016 kemarin, saya diberi kesempatan untuk turut serta mengunjungi Tim Nusantara Sehat yang ditempatkan di salah satu pulau terluar Indonesia, yakni di Pulau Belakang Padang, Batam, Kepri.

Pulau ini memang bagian terluar Indonesia yang berbatasan dengan negara tetangga, Singapura.

Jujur, ini pengalaman saya yang pertama kalinya mengunjungi pulau di luar Jawa. Terlebih pengalaman pertama ini dinikmati bersama teman-teman blogger lain, pers dan perwakilan Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kemenkes RI, total ada sekitar 60 orang di rombongan kemarin.

Pasti ada yang bertanya kenapa saya bisa ikut dalam acara bertajuk “Kunjungan Lapangan Tematik – Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Menuju Kepri Sehat” ini.

Blogger Nusantara Sehat
Foto by +Rahab Ganendra 

Ya, beberapa minggu sebelum hari H, saya sempat membaca status Facebook Kang Anjari selaku Kepala Opini Publik Pusat Komunikasi Publik Kementerian Kesehatan yang mengatakan bahwa pihaknya (Kemenkes RI) akan mengajak blogger dalam acara tersebut. Jelas, saya pribadi langsung tertarik. Banyak alasan yang melatarbelakangi saya ingin mengikuti acara tersebut.

Dan akhirnya, Kang Anjari memberikan informasi bahwa untuk mengikuti acara ini, blogger harus menulis artikel tentang “Jika Aku Tim Nusantara Sehat“.

Baca Artikel Sebelumnya : Nusantara Sehat : Merajut Mimpi Bersama Kemenkes RI

Saya yang pada waktu itu membaca status tersebut, langsung membacanya dengan seksama. Tanpa panjang lebar, langsung menulis artikel yang diminta. Jadilah artikel berikut ini “Jika Aku Tim Nusantara Sehat“. Karena belum ada yang mempublisnya, saya pun tak ada referensi bagaimana artikel yang diminta. Akhirnya saya menulis saja apa yang ada dibenak saya. Sempat ada keraguan apakah artikel seperti ini yang diinginkan, tapi karena sudah terlanjur dipublikasikan, ya sudah saya pasrahkan dan berharap bisa diterima.

Blogger Terpilih
Detail : Ini 10 Blogger Terpilih Ikut Jalan-Jalan ke Batam

Dan di tanggal 11 April 2016, Kang Anjari mengabarkan siapa saja blogger yang lolos untuk mengikuti kunjungan ke Batam nanti. Alhamdulillah, di situ ada nama saya. Tidak menyangka sebenarnya, terlebih ketika membaca daftar nama-nama blogger, semuanya adalah blogger dari Jakarta dan sekitarnya. Hanya saya sendiri yang dari luar Jakarta (daerah), Klaten.

Rasa bangga menyelimuti jiwa, karena dari 48 blogger yang mendaftar akhirnya saya bisa terpilih untuk menjadi bagian #SahabatIndonesiaSehat. Ini pengalaman yang tidak bisa saya lupakan. Terlebih, acara ini merupakan salah satu usaha untuk mewujudkan mimpi negeri untuk memberikan pelayanan kesehatan yang merata di setiap sudut negeri.

Meski saya dan rombongan datang bukan sebagai tenaga medis, tapi kehadiran kami untuk mengunjungi Tim Nusantara Sehat di Pulau Belakang Padang, Batam, Kepri ini bisa menjadikan energi positif untuk bersama-sama melihat secara langsung keadaan saudara kita di pulau terluar Indonesia. Dan tentunya bertemu langsung dengan para Tim Nusantara Sehat yang ditugaskan di sana.

Tidak hanya sekedar publikasi semata, tapi dari kunjungan itu, saya pribadi bisa merasakan betapa rasa syukur itu perlu kita ucapkan setiap hari. Saudara kita di Pulau Belakang Padang sana ternyata masih butuh perhatian, masih butuh bekal untuk meniti kehidupan yang lebih baik lagi. Saya sangat bersyukur bisa tinggal di daerah yang serba kecukupan, punya akses yang mudah dan tidak terkendala masalah sumber daya alam.

Terima kasih atas kesempatannya, silahkan dibaca artikel selanjutnya….

Artikel terkait seputar “Nusantara Sehat” :

Baca juga:



Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Your email address will not be published. Required fields are marked *