Jika Aku Tim Nusantara Sehat

Sebagai orang Indonesia, ternyata aku masih sangat awam dengan daerah-daerah dan pulau yang ada di Indonesia, salah satunya adalah Pulau Belakangpadang.

Dengan bantuan Google Maps, akhirnya aku search pulau tersebut dan ternyata pulau tersebut berada di perbatasan Indonesia-Singapore, ya sangat dekat sekali jika dilihat dari Google Maps. Pulau ini berada di Kecamatan Belakang Padang yang lokasinya memang berbatasan langsung ke negara tetangga, Singapura. Sehingga kecamatan ini bisa dikatakan kecamatan perbatasan yang ada di Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau.

Kenapa aku mencari pulau tersebut? Karena di Pulau tersebut ada Tim Nusantara Sehat yang lagi bertugas di Pulau Belakangpadang.

Tim Nusantara Sehat
Foto lewat Anjarisme

Sudah tahu Tim Nusantara Sehat?

Jika belum, aku akan sedikit jelaskan di artikel ini ya meskipun aku juga baru saja mencari tahunya. hehe.

Jadi, Nusantara Sehat itu adalah salah satu program yang dibentuk oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Tujuan dari program ini tak lain dan tak bukan adalah untuk memberikan pelayanan kesehatan primer dan terpadu bagi masyarakat di daerah yang memang sangat membutuhkan.

Program ini dibentuk dengan berbasis tim. Karena pihak Kemenkes RI memang sudah mengkaji pada 2012 lalu. Nah, hasil kajian itu salah satunya dengan menempatkan tenaga kesehatan di daerah tertentu dengan basis tim, bukan perseorangan.

Di awali pada tahun 2014, Tim Nusantara Sehat mampu meningkatkan tingkat kunjungan masyarakat ke Puskesmas. Pada waktu itu yang menjadi target pertama adalah puskesmas di provinsi Sumatra Utara, Kalimantan Barat, Maluku dan Papua. Total ada 4 puskesmas.

Lalu di tahun 2015, Tim Nusantara Sehat alhamdulillah bertambah. Di periode pertama ada 142 tenaga kesehatan yang tersebar di 20 puskesmas, sedangkan pada periode II tahun 2015 telah ada 552 tenaga kesehatan yanga ada di 100 puskesmas.

Nah, Pulau Belakangpadang yang masuk di Kecamatan Belakang Padang ini juga terpilih sebagai salah satu lokasi yang menjadi fokus dari Tim Nusantara Sehat. Berdasarkan informasi yang aku dapatkan, di sana ada 8-9 orang yang tergabung dalam Tim Nusantara Sehat.

Dengan usia tenaga kesehatan yang masih muda-muda (di bawah 30 tahun) mereka mengabdikan diri bertugas melayani kesehatan masyarakat di daerah tersebut. Tim Nusantara Sehat di Pulau Belakangpadang ini bertugas di Puskesmas Kecamatan Belakangpadang.

Jujur, aku sendiri ngga bisa membayangkan mereka bagaimana dan seperti apa bertugas melayani masyarakat di perbatasan sana.

Syukur alhamdulillah, besok 21-23 April 2016, pihak Kementerian Kesehatan RI akan mengadakan “Press Tour” ke Pulau Belakangpadang. Tentu salah satu agendanya juga melihat keadaan Tim Nusantara Sehat yang sedang bertugas. Dan yang menarik adalah pihak Kemenkes RI akan mengajak 10 blogger untuk mengikuti serangkaian acara tersebut.

Wow, ini membuat aku bahagia menjadi blogger, meskipun harus ada seleksinya, tapi aku punya peluang untuk mengikutinya.

Meskipun aku hanya seorang blogger yang tak punya background pendidikan bidang kesehatan, tapi keberadaan blogger dalam acara tersebut tentu akan membuat nilai positif sendiri.

Karena bagi aku memberikan pelayanan kesehatan tidak hanya bisa dilakukan melalui bentuk teknis (kesehatan fisik) saja. Dan blogger pun bisa menjadi Tim Nusantara Sehat.

Jadi kalau aku sebagai blogger menjadi Tim Nusantara Sehat, maka Insya Allah aku akan berusaha :

#1 Mengabarkan Kalau Indonesia Punya Daerah Yang Harus Dijaga

Iya, tentu jika aku menjadi Tim Nusantara Sehat apalagi di Pulau Belakangpadang, aku akan mengabarkan ke berbagai orang melalui blog yang aku miliki kalau Indonesia itu tidak hanya Jawa, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua saja. Masih ada pulau-pulau kecil di luar sana yang perlu diketahui dan dilindungi. Terutama melindungi Sumber Daya Manusianya agar memiliki pelayanan kesehatan yang sama dengan masyarakat di pulau-pulau besar.

Apakah dengan mengabarkan ini bisa berdampak positif?

Menurut aku bisa. Dengan mengabarkan otomatis akan banyak orang yang tahu, apalagi jika di daerah kecil tersebut punya masalah, baik itu masalah kesehatan, sosial dan lainnya. Di sini tentu akan memicu orang-orang yang ada di kota-kota besar untuk turut membantu mereka yang ada di pinggiran. Kalau tak dikabarkan mana bisa tahu.

Seperti aku barusan, jika Kemenkes RI tidak mengabarkan adanya kegiatan ini, aku juga tak tahu Pulau Belakangpadang itu ada dimana.

#2 Mengajak Masyarakat Untuk Ngeblog

Apabila diberi kesempatan untuk menjadi Tim Nusantara Sehat khususnya di Pulau Belakangpadang, aku ingin mengajak 10 blogger yang terpilih untuk berkenan memberikan pelatihan singkat tentang blogging kepada masyarakat Pulau Belakangpadang.

Ini melanjutkan poin pertama. Karena untuk mengabarkan suatu daerah tidak bisa hanya satu orang saja, dan tentunya warga sekitar juga harus terlibat di dalamnya.

Nah, untuk itu masyarakat di Pulau Belakangpadang perlu dibekali ketrampilan untuk itu.

Dengan mengandalkan platform blog gratis atau bisa menggunakan media yang aku miliki (KabarDesa.com), masyarakat disana diharapkan bisa secara mandiri mengabarkan situasi dan informasi yang sedang terjadi melalui media online. Bahasa kerennya sebagai citizen journalism.

Karena bagi aku, kesehatan tidak hanya dari sisi fisik saja. Mencari informasi dan memberitakannya menurut ku juga sebuah gaya hidup yang sehat. Mungkin kalau dibahas secara ilmiah, ini akan mengasah panca indera dan juga otak manusia.

Buat apa fisik sehat tapi mental tidak. Buat apa fisik sehat, mental sehat tapi tak bisa bermanfaat untuk orang banyak.

Ya semoga memang ada kesempatan untuk melakukan itu, syukur-syukur jika pihak Kemenkes RI memang mengagendakan untuk ini. Agar potensi dan masalah yang ada di Pulau Belakangpadang bisa terangkat ke seluruh masyarakat Indonesia.

***

Pulau Belakangpadang
Lingkaran Merah adalah Pulau Belakangpadang, sangat dekat dengan Singapore

Jelas, nanti tentu akan semakin banyak lagi potensi-potensi yang terkuak di daerah ini. Terlebih jika di daerah ini ada banyak sekali objek wisata, makanan khas dan lainnya, secara tidak langsung akan mampu mendatangkan wisatawan dari berbagai daerah agar bisa berkunjung ke Pulau Belakangpadang ini.

Dengan banyaknya orang yang berkunjung, maka kesejahteraan masyarakat akan meningkat, dan tentunya ini akan berdampak baik pada pelayanan kesehatan dan kesehatan masyarakat di pulau ini.

Semoga dengan kegiatan nanti dan syukur-syukur ada aku di situ, maka akan muncul sekumpulan warga sekitar yang terus bisa terjalin silahturahminya dengan kita-kita para Tim Nusantara Sehat, meskipun sudah tak ada di sana. Sehingga jalinan komunikasi ini nanti bisa memberikan kontribusi dalam bentuk lain untuk perkembangan daerah di Pulau Belakangpadang.

Iya, itu hanya baru sebatas mimpi, karena ku sendiri tak tahu persisnya kondisi di daerah sana, baik kondisi lingkungannya dan sumber daya manusianya.

Tapi yang jelas jika Aku Tim Nusantara Sehat, ini akan menjadi pengalaman pertama ku keluar pulau dan naik pesawat. Tolong jangan tertawa. :3 Dan pastinya aku bisa turut membantu mempublikasikan potensi-potensi yang ada di daerah sana. Ini Baru Indonesia!

Baca juga:

WhatsApp
Telegram


14 Comments

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Your email address will not be published. Required fields are marked *