Mesin Penggiling Biji Kopi Yang Dulu Bukanlah Yang Sekarang

Sekarang ini kalau kalian hangout (halah bahasane :p) ke cafe, pasti melihat proses pembuatan kopi yang sangat menarik. Sang Barista pun memperagakan kepiawaiannya dalam meracik dan menyeduh kopi menjadi sajian kopi nikmat yang siap disantap oleh para pecinta kopi.

Mesin Penggiling Biji Kopi

Kalau kita amati, proses pembuatan secangkir kopi tidaklah lama. Padahal di sebuah cafe ada yang membuatnya dari kopi yang masih berbentuk biji, bukan yang sudah serbuk. Tapi coba lihatnya, proses cepat dan hasilnya nikmat.

Saya jadi keingat, dulu Pakdhe saya membelikan oleh-oleh biji kopi dari Timor Timur (Timor Leste). Waktu itu saya melihat Pakdhe saya membuat biji kopi tersebut menjadi bubuk dengan cara disangrai lalu ditumpuk. Kadang kalau proses sangrainya kurang lama, biji kopi sulit untuk ditumbuk. Alhasil serbuk kopinya pun tidak bisa halus dan masih memiliki tekstur kasar. Jadi kalau disebuah masih ada ‘krampul-krampul‘ kopinya. 😀

Dari itu semua, jelas lebih nikmat karena merasakan sendiri membuat kopi langsung dari biji kopi yang masih utuh yang ditumbuk menggunakan mesin manual yaitu alu (Bahasa Jawa).

Tapi, rasanya sekarang ini membuat kopi dengan ditumbuk secara manual seperti itu sudah jarang ditemui.

Apalagi kalau di cafe-cafe, mesin penggiling biji kopi sekarang ini bukanlah yang dulu. 😀

Sekarang ini apa-apa sudah pakai mesin otomatis, jadi kita tinggal masukin biji kopi lalu penjet tombol dan serbuk kopi pun jadi.

Menggunakan Coffee Grinder (Mesin Penggiling Biji Kopi) saat ini memang sedang marak digunakan. Di cafe banyak yang menggunakan Coffee Grinder ini.

Jelas, dengan menggunakan Coffee Grinder kita lebih mudah dan cepat dalam membuat serbuk kopi. Selain itu hasilnya juga lebih halus jika dibanding ditumbuk secara manual.

Meski menggunakan Coffee Grinder tentu tidak akan mengurangi esensi dari kopi itu sendiri. Justru, dengan menggiling sendiri kita bisa meracik dan meramu kopi sesuai dengan kesukaan kita.

Umumnya, Coffee Grinder ini menggunakan tenaga listrik sehingga sudah otomatis dalam penggilingannya. Tapi jika kalian ingin mendapatkan Coffee Grinder yang manual, saat ini juga masih ada yang jual. Tinggal pinter-pinter yang nyari saja, atau coba cari di marketplace seperti Tokopedia.

Mesin Giling Kopi

Kalau menggunakan mesin bertenaga listrik, tingkat kehalusan atau kekasaran serbuk kopi bisa kita atur. Karena ada yang memang suka kopi dengan tekstur halus dan ada yang suka tekstur kasar.

Jadi, mesin penggiling biji kopi yang dulu bukanlah yang sekarang. Kalau dulu ditumbuk, sekarang digiling pakai mesin. 😀 Sekarang tinggal Anda sendiri yang menentukan. Ingin menggunakan cara lama (manual) atau cara terbarukan. Pokoknya yang penting mari ngopi 😀

Baca juga:



One Comment

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Your email address will not be published. Required fields are marked *