Hati-Hati Ketika Upgrade RAM Laptop ASUS A455L

Beberapa hari yang lalu saya memutuskan untuk membeli notebook baru untuk mendukung pekerjaan sehari-hari saya. Sebenarnya sih laptop yang lama ini (Compaq 510) masih layak pakai cuma karena kondisi baterai yang drop dan layar LCD yang udah bergaris-garis, membuat saya tak nyaman. Selain yang paling membuat khawatir adalah kalau hard disk mendadak mati :D, maklum udah lama ini laptop. Jadi, mumpung ada budget, saya memutuskan cari laptop baru, yakni ASUS A455L.

Hati-Hati Ketika Upgrade RAM Laptop ASUS A455L

Kebutuhan saya cuma untuk browsing dan office saja, jadi laptop dengan spesifikasi seperti ASUS A455L ini sudah mumpuni. Alhamdulillah

ASUS A455L ini cuma dibekali RAM 2GB, dan saya rasa ini masih kurang untuk menjalankan sistem operasi dan prosesor 64 bit. Untungnya di laptop ini tersedia Slot Memori RAM tambahan yang bisa ditambahi RAM SODIMM. Dan saya berniat untuk mengupgrade RAM menjadi 6GB saja, sehingga saya butuh Memori RAM SODIMM 4GB.

Tapi buat teman-teman yang juga memiliki Laptop seperti ini atau sejenis, pastikan agar lebih hati-hati ketika upgrade RAM Laptop ASUS A455L ini. Mengapa? Karena teman-teman harus memperhatikan poin-poin di bawah ini.

1. Pakailah Jenis RAM DDR3L (Low-Voltage)

ASUS A455L ini memiliki prosesor generasi baru (Haswell), sehingga IMC (Integrated Memory Controller) prosesor Haswell ini hanya support RAM DDR3L (Low-Voltage). Jadi, kalau mau beli Memori RAM, pastikan cari yang DDR3L bukan DDR3. Beda lho…

2. Beli Yang Kapasitas Besar Sekalian

Kalau memutuskan untuk upgrade RAM di ASUS A455L, pastikan membeli RAM yang besar sekalian atau sesuai yang diinginkan. Karena Slot RAM yang accessible di laptop ASUS ini cuma ada 1 Slot, yang 2GB itu onboard. Jadi jangan tanggung beli.

Saya rekomendasikan Beli RAM Notebook terbaik di sini.

3. Tanyakan Berapa Maksimal RAM yang bisa dipasang

Saya belum tahu berapa maksimal RAM yang bisa dijalankan di ASUS A455L ini. Cuma dari hasil pengalaman teman, laptop jenis ini bisa dikasih RAM accessible hingga 8GB, artinya total jadi 10GB.

4. Jangan Pasang Sendiri

Jangan pasang sendiri kalau GARANSI masih ada. Karena memasang atau mengupgrade RAM ASUS A455L sendiri bisa membuat garansi hangus. Ini yang saya tidak sukai, kemarin saya berniat ingin mengupgrade sendiri, tetapi setelah mendapat informasi dari teman, akhir tidak jadi saya buka. ๐Ÿ˜€ Jadi, solusinya kita harus ke tempat dimana kita beli atau datang ke ASUS Service Center agar diupgrade pihak sana dan supaya garansi tidak hilang. Tapi begini, dari hasil browsing, ada yang menyebutkan kalau biaya pemasangan ini sampai Rp 150.000, itu di ASUS Service Centernya. Haha, buat kita-kita yang tahu cara upgrade RAM tentu harga segitu terlalu mahal ya. ๐Ÿ˜€ Tapi ya gimana lagi daripada garansi hilang.

“RALAT Poin 4, karena untuk membuka slot RAM di Asus A455L ini cukup membuka baut penutup yang ada di bagian belakang laptop, jadi tidak akan menghangusnya GARANSI. ASAL dibuka dengan benar dan tidak menimbulkan cacat atau kerusakan!”

Beli Notebook ASUS Terbaru di sini.

Nah itu beberapa poin yang perlu diperhatikan ketika mau mengupgrade RAM Laptop ASUS A455L ini. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

WhatsApp
Telegram


315 Comments

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Your email address will not be published. Required fields are marked *