Alasan Kecepatan Upload Smartfren 4G LTE Lebih Kecil Daripada Download

Kemarin Kamis (27/8/2015) saya melakukan network Drive Test Smartfren 4G LTE di Solo. Nah, dari hasil drive test tersebut sudah saya simpulkan di artikel sebelumnya (Ini Hasil Drive Test Jaringan Smartfren 4G LTE Di Solo). Jika Anda melihat beberapa hasil speed test yang saya upload, tentu akan ada yang aneh. Bagian mananya? Yaitu dibagian kecepatan Upload nya.

Dari beberapa hasil test jaringan Smartfren 4G LTE yang saya lakukan di Solo maupun di kota saya, Klaten, semuanya memiliki hasil kecepatan Upload yang kecil jika dibanding kecepatan Downloadnya.
Nah, bagi yang kurang tahu tentang hal ini tentu akan mengira bahwa kecepatan 4G LTE Smartfren kecil. Tetapi, alangkah baiknya kita ketahui dulu apa itu Download apa itu Upload. Agar nantinya muncul pemahaman yang benar tentang kecepatan ini.
Download, adalah proses mengambil data dari server ke komputer kita. Contohnya, ketika kita membuka halaman website, membuka streaming video, mengambil games dari sebuah website ke komputer kita, dll.
Upload, adalah proses mengirim data (request) dari komputer kita ke server. Contohnya, ketika kita melakukan klik link pada sebuah website, mengirim foto ke media sosial, mengirim file dari komputer ke email, dll.
Itu perbedaan Download dan Upload.
Lalu kenapa hasil speed test jaringan 4G LTE Smartfren untuk Upload kecil sekali?
Dari hasil penjelasan Bp. Munir Syahda Prabowo selaku Head of Network Special Project Smartfren setelah melakukan Drive Test Network Smartfren 4G LTE kemarin adalah penggunaan pelanggan Smartfren lebih banyak melakukan kegiatan Download katimbang Upload.
Kegiatan download seperti browsing (membuka laman web), streaming video, download file, lebih banyak dilakukan sehingga alokasi bandwidth Download memang diberikan ruang yang lebih besar.
Kecepatan Upload Smartfreen 4G LTE dari yang saya test memang sekitar antara 1 Mbps – 6 Mbps.
Namun, ternyata ada juga yang pernah mendapatkan kecepatan di bawah 1 Mbps. Nah, kalau seperti ini bagaimana?

Ada beberapa faktor yang menyebabkan kecepatan Upload jaringan Smartfren 4G LTE di bawah 1 Mbps.

1. Masuk Jaringan EVDO

Bisa jadi ketika mengukur kecepatan, jaringan tidak berada di coverage 4G LTE atau jaringan beralih di EVDO. Sehingga wajar jika kecepatan Upload berada di bawah 1 Mbps. Untuk itu, pastikan memilih mode network LTE Only agar selalu terkunci pada jaringan LTE.

2. Pemilihan Server Speed Test

Pengetesan kecepatan menggunakan Aplikasi Speed Test (OOKLA) juga mempengaruhi. Apalagi jika kita mendapatkan server yang sedang padat, sehingga ini menentukan kualitas speed test. Sebaiknya sebelum melakukan pengetesan menggunakan Aplikasi OOKLA SpeedTest, Anda menuju ke Setting dulu. Di sana ada pengaturan pemilihan server, apakah bisa Auto Select, atau Anda bisa memilih server yang ingin digunakan untuk melakukan pengetesan.
Itulah alasan mengapa kecepatan Upload Smartfren 4G LTE lebih kecil jika dibanding kecepatan Uploadnya.
Ada pertanyaan? Silahkan kirimkan melalui kolom komentar di bawah.

Baca juga:



11 Comments

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Your email address will not be published. Required fields are marked *