Tarif Telkomsel Tak Manusiawi, Netter Ini Bikin Petisi

Dikategorikan dalam Internet, Seluler

Petisi Telkomsel

Sebagai seorang yang sehari-harinya bekerja menggunakan internet, saya sudah merasakan manis pahitnya tarif internet berbagai provider di Indonesia. Mengingat, saya memang hanya bisa mengandalkan koneksi internet melalui modem saja, sehingga gonta ganti paket internet sudah menjadi hal biasa.

Dari pengalaman yang saya rasakan, ada satu provider terkemuka di Indonesia yang saya rasa memiliki tarif yang tidak biasa. Ya, tarifnya sungguh luar biasa sehingga hanya orang tertentu saja yang bisa merasakannya.

Provider tersebut adalah Telkomsel. Dalam postingan kali ini saya bukan bermaksud untuk menyudutkan atau sejenisnya. Tapi, postingan ini hanya sebuah respon dari petisi yang dibuat oleh seorang netter bernama Djali Gafur.

Ia membuat Petisi di Change.org yang diberi nama Save Telkomsel. Petisi ini dibuat tentu bukan tanpa alasan. Saya yang pernah menggunakan Telkomsel sebagai koneksi internet, sudah paham betul apa yang dirasakan oleh Sdr. Djali Gafur tersebut.

Masalahnya adalah tarif internet Telkomsel yang tidak manusiawi. Selain itu adanya pembagian wilayah atau zona dalam penentuan tarif internet di tiap daerahnya. Sehingga tarif internet Telkomsel daerah bagian barat, tengah dan timur tidak sama. Dan naasnya, semakin ke timur semakin mahal. Inilah yang menjadi masalah bagi warga yang berada di Zona paling timur.

Ada 12 Zona yang ditetapkan Telkomsel untuk membagi tarif ini.

Tarif Telkomsel

Djali Gafur mengeluhkan ketidakadilan dalam pembagian tarif ini. Mereka yang ada di bagian wilayah Indonesia Timur memang masih mengandalkan Telkomsel sebagai provider paling baik dalam hal jangkauan sinyal. Namun, mahalnya tarif yang hampir dua kali lipat dari tarif daerah barat, membuka mereka menjadi gigit jari untuk bisa menikmati internet secara leluasa.

Padahal, mereka yang berada di Indonesia Timur, masih sangat butuh jaringan internet, khususnya untuk membantu pembangunan daerah di sana.

Padahal Telkomsel sudah sehati bagi mereka. Telkomsel merupakan jaringan provider terbaik yang ada di sana. Mereka hanya berharap adanya penghapusan zona paket data internet ini. Selain itu agar Telkomsel memberlakukan tarif internet yang manusiawi dan merakyat.

Kalau menurut saya, tarif internet Telkomsel ini memang yang paling mahal. Meski saya berada di Jawa Tengah, tapi jika dibandingkan dengan tarif internet provider lain seperti Indosat, XL, Three, maka Telkomsel adalah yang paling mahal. Bahkan lebih mahal dua kali lipat dari tarif internet provider lain.

Saya sih berharap, Telkomsel sebagai anak perusahaan BUMN, bisa merubah tarif internet ini. Sehingga penyebaran sinyal yang bagus hingga ke pelosok Nusantara, juga diimbangi dengan tarif yang merakyat. Agar pertumbuhan masyarakat di bidang IPTEK khususnya untuk masyarakat Indonesia Timur sama ratanya dengan Indonesia Barat.

Sehingga apa yang menjadi niat Telkomsel bisa menjadi nyata, yaitu “Begitu Dekat Begitu Nyata“.

Buat yang mau menandatangani petisi ini, langsung menuju ke sumber Petisi: Internet Untuk Rakyat – Save Telkomsel

Baca Artikel Lainnya :

9 komentar

  1. Saya malah baru tau kalau ternyata Telkomsel menerapkan tarif dengan model zona seperti di atas, ternyata lumayan juga tarifnya untuk yang paling kanan…. Saya sendiri pake operator kuning sementara ini 🙂

  2. Sebagai pengguna telkomsel juga agak terganggu sie sama tarif zona kayak gitu, gak adil banget rasanya,

  3. bener. saya terakhir pakai Telkomsel pas waktu ada perdana Simpati Loop itu, udah lama banget sih. harganya bikin ngilu hehehe

  4. Bener tuh…. telkomsel penjahat pulsa… boros banget pake telkomsel mentang2 nggak ada saingan…

  5. kalau untuk internet jangan ini deh, kalau nelpon bolehlah, gegara banyak orang yang pakai telkomsel

  6. Waduh ada yang bener2 protes ternyata 🙂
    saya juga pilih opsel lain buat internet karena bingung sama pembagian zona belum lagi ada aturan kuota yg khusus bisa dipakai di jaringan 3G 🙁

  7. kami di indonesia timur ini merasa seperti terdiskriminasi padahal kami adalah bagian dari NKRI. operator Telkomsel ini sangat memanfaatkan kesempatan karena kebanyakan di wilayah timur disini hanya operator telkomsel yang tersedia jadi mereka dgn seenakx memberlakukan tarif yang tidak manusiawi sama sekali. BRTI dan Kominfo pun seperti tutup mata n tutup telinga ttg hal ini. katax perusahaan plat merah? koq malah mencekik rakyat dgn tarif2x? kami benar-benar merasa terdiskrimasi sekali.

  8. telkomsel semakin mahal saja,,, apalahi di tarif paket data ,,, harganya beda sama yang di smskan
    saya udah pindah ke indosat sejak lama,, lebih murah dan jangkauan 4G sudah masuk ke desa saya

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.