Dispenser Minuman Ini Bikin Anak Gemar Minum Air Putih

Dikategorikan dalam Gaya Hidup, Kesehatan
Minum Air Putih

Mom, kemarin kan aku udah ngasih informasi soal pentingnya menggendong anak supaya nyaman dan aman. Nah, kali ini aku juga mau ngasih tips buat kesehatan anak yang jarang sekali moms semua perhatiin.

(Baca juga: Mom, Buatlah Si Kecil Nyaman Dengan Gendongan Bayi Ini)

Pasti sudah tahu semua kan mom kalau minum air putih itu menyehatkan. Tetapi supaya sehatnya lengkap tentu juga harus memenuhi kebutuhan standart. Berapa itu?

Sebelumnya kita lihat dulu bahwa asupan air bagi butuh anak itu sekitar 10-15 persen dari berat badan. Selain untuk menggantikan cairan dalam tubuh, minum air putih secara rutin dan benar juga bisa membantu pertumbuhan si anak serta menjaga metabolisme tubuh.

Nah, untuk ukuran kebutuhan air minum anak itu sendiri sudah ada angka kecukupannya. Berdasarkan rekomendasi dari Widyakarya Nasional Pangan dan Gizi Tahun 2013, bahwa angka kecukupan air untuk anak Indonesia itu dibagi dalam beberapa golongan usia, yaitu untuk anak usia 0,5-1 tahun kebutuhan airnya 0,8 liter, usia 1-3 tahun sebanyak 1.2 liter, usia 4-6 tahun sebanyak 1.5 liter dan usia 7-9 tahun sebanyak 1.9 liter.

Tapi ternyata masih banyak para orang tua yang belum mengerti akan kebutuhan ini. Dan masih banyak juga anak yang kurang memenuhi kebutuhan standart konsumsi air putihnya.

Oleh karena itu, sebagai orang tua ya mom, harus ekstra kreatif dalam memenuhi kebutuhan air si anak. Bagaimana caranya?

1. Edukasi Konsumsi Air

Si anak itu taunya minum air kalau pas lagi haus saja, iya kan mom. Nah, untuk itu berilah edukasi tentang konsumsi air yang tidak hanya digunakan untuk menghilangkan rasa haus tetapi juga sejuta manfaat yang ada di dalamnya, termasuk untuk kesehatan. Dengan edukasi seperti ini, diharapkan anak bisa menjadi lebih tahu tentang keistimewaan minum air selain mengusi rasa haus.

2. Ubah Kebiasaan

Peran orang tua sangatlah penting, untuk itu orang tua juga harus mengubah kebiasan yang ada di keluarga. Misalnya, minum air putih setiap bangun tidur, menyediakan air putih di meja makan. Selain itu juga gaya hidup sehat lainnya yang bisa diterapkan juga untuk anak.

3. Menyediakan Dispenser Minuman

Awalnya memang agak sulit jika si anak hanya disuruh saja untuk sering-sering minum air putih, dan malah akan berujung pada kejenuhan. Untuk itu, disinilah peran orang tua agar lebih kreatif dalam mengatasi itu semua. Sediakan saja dispenser minuman mini dengan beraneka model karakter lucu untuk anak. Tentu, ini akan membuat anak menjadi suka buat minum air putih. Di Tokopedia banyak yang jual Dispenser Minuman Mini ini. Aku yakin pasti disukai oleh anak. Karena modelnya itu lho, lucu-lucu.

Dispenser Minuman Mini Untuk Anak

Dengan kapasitas air 2 liter, tentunya dispenser minuman mini sudah sangat pas untuk kebutuhan air satu hari.

Jadi moms, buat aja semacam tugas kecil buat si anak, kalau dalam satu hari air di dispenser tersebut harus habis. Jangan pakai maksa lho mom, buat santai aja yang penting anak seneng dulu.

Gitu ya mom, pokoknya ajarin si kecil hal-hal yang memang penting dan bermanfaat buat kesehatannya. Karena air putih itu kan menyehatkan. So, mari pikirkan kembali soal kesehatan anak. 🙂

Baca Artikel Lainnya :

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *