3 Operator Seluler Yang Sudah Mendukung Jaringan 4G LTE

Di tahun 2015 ini sepertinya mimpi memiliki koneksi internet cepat akan segera terealisasi. Pemerintah sendiri juga sudah memiliki rencana tersebut, dan saat ini sudah dibuktikan dengan dibangunnya jaringan 4G LTE oleh beberapa operator seluler di Indonesia.

3 Operator Seluler Yang Sudah Mendukung Jaringan 4G LTE
Image via droid-life.com

Akan tetapi, teknologi 4G LTE ini tidak langsung bisa dirasakan umat manusia di Indonesia. Karena baru bisa dibangun di beberapa kota besar di Indonesia. Jadi, kayak saya ini yang tinggal di Kabupaten Klaten, jangan harap muluk-muluk untuk bisa merasakan cepatnya jaringan 4G LTE. Kalau pengen ya saya harus melakukan perjalanan ke barat. Bukan untuk mencari kitab suci, tetapi mencari koneksi itu tadi, yaitu ke Jogja. Karena jogja sudah ada titik-titik lokasi yang sudah mendukung jaringan forji.

Menurut hasil pengamatan dan penelitian saya selama berjam-jam, akhirnya saya mendapatkan informasi menarik bahwa saat ini ada 3 operator seluler di Indonesia yang sudah resmi memiliki jaringan 4G LTE. Ketiga operator seluler tersebut adalah :

1. Indosat

Buat pengguna operator seluler Indosat di Jakarta, Bandung, Bali, dan Yogyakarta sepertinya patut bangga. Karena di kota-kota tersebut sudah terdapat jaringan forji el te e. Tapi ya itu tadi, belum semua wilayah dapat dijangkau. Hanya beberapa titik yang sudah mendukung jaringan internet nirkabel berkecepatan hingga 185 Mbps ini. Kalau ingin melihat daerah mana yang sudah terjangkau sinyal 4G, sebaiknya melihat melalui website resminya. di sini http://coverage.indosat.com/

2. XL Axiata

XL juga tak kalah saing, dan XL merupakan yang pertama memiliki teknologi 4G ini, kalau Indosat baru launch beberapa hari yang lalu. Kota-kota yang sudah terjangkau adalah Yogyakarta, Medan, Bogor, dan Jakarta. Untuk tempat-tempat mana saja yang sudah tercover, juga bisa dilihat di sini http://4g.xl.co.id/info

3. Telkomsel

Operator seluler yang masuk dalam keluarganya Telkom ini juga sudah meluncurkan jaringan nirkabel 4G LTE. Jakarta, Bali, Bandung, Surabaya dan Medan lah yang mencari sasaran utamanya. Kamu bisa cek lokasi mu apakah sudah tercover jaringan 4G LTE apa belum. Cek di sini http://internet.telkomsel.com/4g-lte/coverage

Nah, itu tiga operator seluler yang sudah mendukung 4G LTE. Sebenarnya ada satu lagi, yaitu Bolt. Tapi tidak saya sebutkan karena Bolt sendiri masih terbatas di beberapa kota. Tapi baru saja tak sebutkan, ah sudahlah.

Ada kabar lagi kalau operator seluler CDMA, yaitu Smartfren juga bakal meluncurkan teknologi 4G LTE. Pihak Smartfren sendiri sudah meluncurkan gadgetnya.

Baca juga : Ternyata Smartfren Baru Bisa Move On Dari ‘Anti Lelet’ Andalan Iklannya

Jadi, buat yang belum tau apa itu 4G LTE berarti kamu #GagalBrowsing, browsing lah bro, hapemu itu sudah layar sentuh masak cuma buat Facebook’an. ahh..

Jaringan 4G ini merupakan teknologi jaringan nirkabel yang digunakan untuk mobile gadget dan memiliki kecepatan di atas jaringan 3G.

Jika ingin bisa menikmati cepatnya jaringan 4G LTE ini ada beberapa syarat yang harus dipenuhi.

  1. Kamu harus berada di wilayah yang tercover jaringan 4G LTE itu tadi. Jika tidak, mbok ya sampai ngeden nggak bakal muncul itu sinyal 4G, mungkin yang bisa kamu lakukan hanyalah doa agar operator seluler kebanggaanmu segera memasang tower 4G di tempatmu.
  2. Kamu harus memiliki perangkat seluler yang sudah mendukung 4G LTE. Jadi, kamu kudu punya ponsel yang sudah memiliki spesifikasi 4G LTE. Kalau belum ada ya beli di konter hape terdekat.
  3. Kamu harus menggunakan simcard yang mendukung 4G LTE. Untuk urusan ini, kamu bisa menghubungi operator seluler kesayangan kamu. Dan operator-operator di atas sudah memiliki simcard yang mendukung LTE. Jadi kamu meski mengganti simcard kamu.

Dengan ketiga syarat di atas jika terpenuhi semua, dipastikan bakal bisa internetan, browsing, downloading, streaming, chating, dan gaming dengan wuss. Jangan lupa untuk pasang sabuk pengaman.

Kecepatan 4G LTE
Image via id.techinasia.com

Oh ya lupa, masih ada satu syarat lagi. Yaitu kamu harus beli kuota internet, kalau nggak beli ya mana bisa dipakai bro. Beli yang banyak ya, soalnya kecepatan 4G LTE kan kenceng, takutnya kalau beli kuota dikit nanti habisnya juga wuss, wkwkwk. Sayangnya operator seluler di atas masih memiliki kuota internet yang mahal ya bro. Duhh… ini nih yang jadi PR buat para penggede operator seluler termasuk Pemerintah terutama buat Pak Rudiantara.

Baca juga:



5 Comments

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Your email address will not be published. Required fields are marked *