Perdana Kuota Lebih Diminati

Kebutuhan akan koneksi internet sekarang semakin meningkat seiring dengan meningkatnya penggunaan layanan internet seperti media sosial dan instan messenger. Saya sendiri yang sehari-hari memang membutuhkan internet untuk bekerja juga merasakan hal tersebut.

Berlokasi di desa yang jauh dari jangkauan ISP terkemuka, Telkom Speedy, membuat saya harus bertahan menggunakan akses modem GSM untuk memenuhi kebutuhan koneksi internet sehari-hari. Mau pasang WiFi dari ISP lain, biaya masih cukup mahal.

Selain itu, juga dikarenakan banyaknya perdana dari berbagai provider yang telah menyediakan perdana yang sudah include dengan paket kuota internet. Sehingga tinggal pakai saja, tanpa perlu repot mendaftarkan paket internet. Di lain sisi, harganya pun cukup terjangkau.

Perdana Kuota Lebih Diminati

Saya sendiri sehari-hari menggunakan perdana kuota dari Indosat M3 yang 11 GB, kadang pakai Mentari 3 GB, kadang juga pakai dari 3 yang 5 GB. Perdana kuota tersebut saya gunakan untuk modem saya yang dishare melalui 3G Router, sehingga bisa melayani berbagai perangkat gadget yang saya miliki.

Fenomena ini tentu menjadi perhatian tersendiri bagi para pengguna smartphone yang notabene sering mengakses internet setiap harinya. Terlebih dengan adanya fitur Dual SIM Card yang ada pada smartphone, membuat lebih mudah untuk gonta-ganti kartu yang khusus digunakan untuk paket data internet.

Perdana kuota ini memang banyak diminati pengguna internet, karena selain praktis (tinggal pakai), dari sisi harga juga lebih murah daripada harus mendaftarkan paket kuota dari layanan sebuah provider. Misalnya saja perdana kuota Mentari 3 GB, ditempat saya dijual dengan harga Rp 25 Ribu masa aktif kartu sekitar 1 bulanan dan 3 GB itu bisa digunakan 24 Jam. Kalau beli dari layanan Paket Internet Super Internet, 3 GB itu harganya Rp 29.900 dan kuotanya terpisah (600 MB kuota reguler – 24Jam, 2GB aktif pada pukul 01.00-06.00 dan 400MB untuk SuperWifi). Nah, dari situ sudah bisa dilihat kan lebih murah yang mana.

Kalau untuk provider 3 (three) juga seperti itu. Di tempat saya perdana kuota 3 dengan kuota 5 GB, dijual dengan harga sekitar Rp 55ribu – 60ribu. Jika beli melalui layanan Paket Internet 3, kuota 5GB kena biaya Rp 125ribu. Selisihnya luar biasa.

Tak heran jika saat ini orang lebih suka beli perdana kuota dibanding beli melalui paket internetnya. Kalau sudah habis, buang dan beli lagi. Namun kekurangan dari perdana kuota ini kadang ada yang masa aktifnya hanya sebentar, sehingga bagi pengguna yang memiliki intensitas pemakaian yang tidak terlalu sering akan selalu terkendala oleh masa aktif padahal kuota masih banyak.

Selain Indosat dan Three, beberapa provider lain seperti Telkomsel dan XL juga memiliki perdana kuota yang sama seperti ini. Tinggal pakai dan tidak perlu registrasi ulang.

Baca juga:



8 Comments

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Your email address will not be published. Required fields are marked *