Bekerja Sesuai Passion Saja Tidak Cukup. Lalu?

Dikategorikan dalam #LBI2015, Gaya Hidup

Telah banyak orang yang telah menyarankan untuk bekerja sesuai dengan passion yang dimiliki. Salah satu alasannya adalah agar ketika bekerja sesuai dengan passion maka akan menghasilkan output yang baik. Di sisi pekerja itu sendiri akan menemui kenyamanan dan kepuasan dalam bekerja.

Namun, saya sendiri melihat ada juga orang yang telah bekerja sesuai dengan passion namun pada akhirnya ia tidak menghasilkan sesuatu yang diharapkan dan masih terbelenggu oleh beban. Dari hasil pengamatan dan pengalaman pribadi saya, ternyata bekerja dengan modal passion saja tidak cukup.

Bekerja Sesuai Passion Saja Tidak Cukup

Oke benar, dalam melakukan pekerjaan akan sangat menyenangkan namun kadang masih ada sesuatu yang mengganjal, apa itu? Salah satu penyebabnya adalah Faktor Tempat.

Tempat kita bekerja tetap akan mempengaruhi kualitas dan produktifitas kerja kita, meski pekerjaan yang kita lakukan sudah sesuai dengan passion.

Bekerja sesuai dengan passion tetap harus didukung dengan lingkungan kerja yang sesuai dengan diri kita. Misalnya ada seseorang yang memiliki passion menulis, ia bekerja di sebuah perusahaan penerbitan buku. Oke, dia sudah bekerja sesuai dengan passion-nya. Tapi pada kenyataannya ia merasa terbebani oleh tempat ia bekerja karena tidak bisa all out dalam menghasilkan karya. Ternyata masalahnya adalah lingkungan kerja yang tidak sesuai dengan karakteristik dia. Dan pada akhirnya pekerjaan yang telah sesuai dengan passion-nya menjadi sia-sia.

Lantas, ia pun mencari suasana lingkungan kerja baru agar mendapatkan kebebasan ruang dan waktu dalam menyelesaikan pekerjaannya.

Nah, mungkin sebagian dari kita pernah juga merasakan hal semacam ini. Kita berpikir kalau kita sudah bekerja sesuai dengan passion tapi kok belum menghasilkan sesuatu dan masih merasa belum nyaman. Itu artinya faktor lingkungan kerja masih belum sesuai dengan karakteristik diri kita.

Lalu bagaimana solusinya?

1. Ketahui Karakteristik Diri Kita

Kenalilah diri kita sendiri, cari tahu apa kelebihan dan kekurangan diri kita khususnya dalam hal pekerjaan. Cari hal-hal yang sekiranya membuat kita nyaman jika merasa kurang nyaman cari lagi hingga kita mendapatkan kenyamanan. Ini bukan masalah bersyukur atau tidak bersyukur, beda. Apa mau terus-terusan berjalan di atas batu kerikil yang runcing padahal kita cari jalan rata dan itu ada di sebelahnya?

2.Cari Suasana Yang Sesuai

Jika kita sudah mengetahui karakteristik diri kita, maka carilah suasana lingkungan kerja yang sesuai dengan karakteristik diri kita. Ingat, suasana kerja yang sesuai dengan diri kita akan membangun psikis yang baik pula. Sehingga produktifitas kerja akan meningkat seiring dengan sesuainya passion pekerjaan kita.

Kesimpulan :
Bekerjalah sesuai dengan passion Anda namun jangan lupa juga untuk mengetahui lingkungan kerja yang sesuai dengan diri kita. Keduanya adalah komposisi yang akan melahirkan karya-karya terbaik dari hasil pekerjaan yang sesuai dengan passion Anda.

Baca Artikel Lainnya :

1 komentar

  1. Kalau saya justru menyarankan bekerja sesuai passion. Namun kalau hasilnya kecil, meskipun itu passion mereka. Tak ada salahnya bekerja diluar passion mereka. Itung-itung nambah pengalaman.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *