BlogBooker, Backup Blog Dalam Sebuah Buku

Apakah pernah terpikirkan dibenak kalian bahwa apa yang kalian tulisa selama ini di blog dapat hilang dalam kondisi yang tidak kita inginkan? Apakah kalian pernah berpikir untuk membackupnya ke dalam sebuah format pdf yang mudah dibaca secara offline?

Membackup seluruh tulisan dalam blog kita memang sebaiknya harus dilakukan. Apalagi jika Anda menggunakan platform blog seperti Blogger.com, WordPress.com dan LiveJournal. Yang semua itu adalah platform blogging gratis.

Kita tahu sendiri, beberapa waktu yang lalu Blogger.com sempat menghapus beberapa blog penggunanya. Ya, hal itu dilakukan karena blog tersebut memang mengandung indikasi Negative Content. Sehingga pihak Blogger.com terpaksa harus menghapus blog tersebut.

Namun, meskipun konten blog kita terbilang berisi konten yang positif itu bukan berarti dapat terhindar dari penghapusan ini. Kita patut waspada selama kita masih menggunakan layanan gratis seperti Blogger.com dan WordPress.com. Blog kita dapat hilang sewaktu-waktu !!

Bayangkan apabila kita tak memiliki backupnya dan tulisan di blog tersebut sangat berarti bagi kita. Tentu itu sangat menyakitkan bukan. #Ohh

Jangan berkecil hati terlebih dahulu, kita dapat memanfaatkan layanan dari BlogBooker.com untuk membuat backup blog kita ke dalam format PDF yang enak dibaca. Jadi, blog kita seperti menjadi buku.

Bagaimana Langkah-langkahnya ?

1. Buka BlogBooker.com

2. Klik ikon PDF

3. Pilih platform blog kalian yang akan dibackup
Untuk WordPress dan BlogSpot Anda harus mengexport dahulu seluruh post di blog kalian.
Silahkan ikuti panduan export blog WordPress di sini 
Silahkan ikuti panduan export blog Blogspot di sini

4. Apabila kalian sudah memiliki file XML hasil export tadi, kalian dapat melanjutkan kembali proses backup.

5. Kalian dapat mengatur mulai tanggal berapa postingan yang ingin kalian backup. Dan kalian dapat mengatur ukuran kertas, jenis font, ukuran font,dll.

6. Jika kalian sudah memiliki WordPress/Blogger XML Export dan Blog URL dengan benar. Maka Anda tinggal klik Create your BlogBook.

7. Silahkan tunggu sampai proses Uploading selesai. Nikmati prosesnya hingga selesai.

8. Dan tara….. Anda sudah siap untuk mendownload backup blog Anda dalam sebuah format PDF. 🙂 




Nah untuk yang memiliki blog di LiveJurnal, caranya lebih mudah karena tidak perlu export xml blog, jadi langsung masukkan username dan password saja di halaman backupnya 🙂

Penasaran hasilnya gimana? Silahkan dicoba sendiri ya friends 🙂

Baca juga:

WhatsApp
Telegram


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Your email address will not be published. Required fields are marked *