Tips Memilih Jasa Pengiriman Barang Untuk Bisnis Anda

Apabila Anda melakukan penjualan secara online, mau tidak mau Anda harus menggunakan jasa pengiriman barang agar produk dapat sampai ke konsumen.

Jasa Pengiriman Barang

Tentunya ini juga harus menjadi perhatian penting Anda untuk mengelola bisnis Anda terutama dalam hal penentuan harga. Meskipun biasanya biaya kirim ditanggung oleh konsumen tetapi banyak juga konsumen yang batal melakukan transaksi karena biaya kirim yang kurang bersahabat.

Oleh sebab itu, pemilihan jasa pengiriman ini harus anda perhitungkan dan perbandingkan terlebih dahulu.

Saat ini telah banyak bermunculan jasa pengiriman dengan berbagai layanan yang diberikan. Namun, Anda dapat membaca tips berikut agar lebih mudah dapat menentukan jasa pengiriman paket produk Anda.

1. Layanan Yang Diberikan

Lihat layanan yang diberikan oleh jasa pengiriman barang tersebut. Layanan lebih pada waktu pengiriman barang. Terkadang ada konsumen yang menginginkan barang yang dibelinya harus sampai pada hari yang sama atau keesokan harinya. Anda pun harus mengecek ke beberapa jasa pengiriman tentang berapa lama waktu yang dapat diberikannya.

2. Jaminan Keamanan

Masalah keamanan juga sangat penting diperhatikan. Anda sebagai penjual tentu tidak ingin kejadian barang hilang atau rusak karena ulah pihak jasa pengiriman. Pastikan bahwa jasa pengiriman yang Anda pilih memiliki jaminan keamanan terhadap paket Anda agar dapat sampai ke konsumen dengan aman dan tepat.

3. Fasilitas

Cek fasilitas yang diberikan jasa pengiriman tersebut. Apakah memiliki website untuk tracking online atau tidak. Tracking Online ini berhubungan dengan keamanan. Sehingga konsumen dapat mengecek posisi barangnya sudah sampai mana melalui fasilitas tracking online. Selain itu apakah memberikan fasilitas Door to Door. Artinya barang akan diantar sampai rumah konsumen, sehingga konsumen tidak perlu mengambilnya ke agen.

4. Harga

Harga memang bisa menjadi momok untuk konsumen Anda. Mintalah daftar harga yang lengkap dari kota Anda ke berbagai wilayah kota di Indonesia. Sehingga Anda dapat memastikan kepada konsumen Anda tentang harga yang relevan. Namun, ada juga konsumen yang tidak masalah dengan besarnya biaya kirim, asal konsumen mendapatkan layanan dan jaminan keamanan pada produk yang dibelinya.

5. Garansi

Beberapa kejadian yang terjadi adalah barang tidak sampai ke tangan konsumen (barang hilang). Ini dapat disebabkan oleh kesalahan kurir maupun hal lainnya. Nah, apabila terjadi hal-hal semacam ini apakah jasa pengiriman memberikan garansi entah dengan produk yang sama atau berupa nominal uang. Anda harus menanyakannya terlebih dahulu sehingga jika dikemudian hari Anda mendapatkan masalah semacam ini tidak akan saling menyalahkan.

Untuk masalah harga, Anda sebagai penjual dapat mensiasati dengan memberikan layanan free ongkir. Namun, harus membeli dengan minimal pembelian yang telah Anda tetapkan atau menggunakan promo-promo lain. Ini juga menjadi strategi penjualan Anda untuk memikat konsumen.

Tips : Apabila anda rutin dalam mengirim barang setiap harinya, Anda dapat bekerjasama dengan jasa pengiriman barang. Sehingga Anda akan mendapatkan biaya kirim yang lebih rendah dari biaya normalnya. Tentunya ini akan sangat mengurangi beban biaya konsumen.

Semoga bermanfaat !!

Baca juga:



Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Your email address will not be published. Required fields are marked *