Gunakan Produk-Produk Google Untuk Memulai Bisnis Online Anda

Menentukan pilihan untuk memasarkan produk dan jasa melalui online adalah sebuah sikap yang harus Anda yakini dan tekuni. Karena memasarkan produk dan jasa secara online tidak akan menghasilkan apa-apa jika Anda tidak tahu bagaimana mengelolanya.

Namun Anda tak perlu khawatir apabila Anda kurang mengetahui bagaimana memulai dan mengelola pemasaran online untuk produk dan jasa Anda.

Dengan memanfaatkan beberapa produk-produk dan layanan dari Google, Anda akan dimudahkan dalam mengatur bisnis online secara tepat.

Beberapa produk layanan Google yang dapat Anda gunakan sebagai langkah awal untuk memulai bisnis online adalah :

Blogger.com / Blogspot

Adalah sebuah platform blog yang diberikan oleh Google secara gratis dan Anda dapat menggunakannya untuk menampilkan dan memajang produk maupun jasa Anda. Blogger.com meskipun nantinya memiliki subdomain .blogspot.com tetapi Anda dapat mengubahkan dengan domain premium kesukaan Anda. Seperti pada blog ini yang menggunakan Blogger.com tetapi domain dapat dirubah menjadi domain premium.

Youtube

Youtube adalah layanan Google untuk penyimpanan dan publikasi sebuah video. Dengan memanfaatkan Youtube ini, Anda dapat membuat video promosi mengenai produk dan jasa Anda dapat dipublikasikan melalui Youtube. Selain Youtube gratis, dengan Youtube maka produk dan jasa Anda akan mudah ditemukan oleh orang lain baik melalui kanal Youtube itu sendiri maupun melalui mesin pencari Google.

Google Plus

Ini merupakan jejaring sosial milik Google. Dengan memanfaatkan Google+ Anda dapat dengan mudah share produk-produk Anda secara online ke berbagai lingkaran Anda. Dengan Google Plus Anda dapat mengintegrasikan Blogger dengan Youtube agar dapat dishare ke jejaring sosial ini.

Google AdWords

Layanan Google yang digunakan sebagai media periklanan. Sehingga Anda dapat mengiklankan produk/jasa Anda melalui layanan Google Adwords ini.

Google Webmaster

Dengan Google Webmaster pengelolaan website/blog dari sisi SEO akan terbantu dengan layanan ini.

Masih banyak layanan Google yang dapat Anda gunakan. Namun, lebih baiknya adalah Anda mulai dari yang termudah dahulu dan ditekuni.

Baca juga:



Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Your email address will not be published. Required fields are marked *