Sukses Itu Tak Kasat Mata, Jangan Pernah Menilai Kesuksesan Orang Lain

Setiap orang pasti punya mimpi, punya keinginan dan punya sebuah tujuan hidup yang ingin di dapatkannya suatu saat nanti. Puncak dari itu adalah sebuah kesuksesan dan keberhasilan.
Namun, saat ini masih banyak orang yang menganggap kesuksesan itu adalah suatu hal yang sulit untuk diraih, dan jikapun sudah diraih, kesuksesan itu terlalu ber-“nilai” yang besar.
Masih banyak anggapan kesuksesan itu adalah memiliki sebuah harta yang melimpah, memiliki jabatan yang tinggi, memiliki gelar yang banyak dan memiliki semua hal yang bernilai tinggi. Namun, sebenarnya semua kesuksesan itu tidak dapat dinilai seperti itu, jika semuanya dinilai seperti itu, maka masih banyak orang yang belum sukses di dunia ini.
Bagi saya, “Sukses itu tak kasat mata”, sukses tidak bisa dilihat dan tidak bisa dipandang secara satu sisi dari sisi orang lain. Kesuksesan itu adalah sebuah kemantapan, kebanggan dan kepuasan yang bersumber dari dalam hati dan diri seseorang dan orang lain tak bisa melihat ataupun menilainya.
Hal-hal kecil yang dapat dilakukan dengan berhasil dan sesuai yang diharapkan itu sudah merupakan kesuksesan bagi yang menjalaninya.
Terkadang kita sering menilai-nilai orang lain bahwa si A sekarang sudah sukses karena memiliki ini itu dll, dan si B ternyata masih terpenjara dalam sebuah kesulitan karena tidak bisa mendapatkan ini itu dll, padahal sebenarnya si A itu dalam dirinya merasa apa yang didapatkan belum mencapai target dan si B itu sebenarnya itu merasa dirinya berhasil dan bangga dengan apa yang didapatkannya.
orang sukses
Dan inilah, mengapa kita diberikan sebuah “Qalbu” (hati nurani) oleh Tuhan, agar kita dapat merasakan apa orang lain rasakan dan agar kita menjadi pribadi yang saling menghargai orang lain.
Apa yang kita lihat tentang orang lain itu belum tentu benar atau sesuai dengan apa yang orang lain itu rasakan.
Kesuksesan itu tumbuhnya dari Qalbu (hati nurani), yang mana hati kita akan merasakan sebuah kepuasan tersendiri dan membuat diri kita bahagia. Sukses itu sederhana, dan sukses itu tidak dinilai dari materi.
Jadi, jangan hiraukan penilaian orang lain tentang kesuksesan anda, karena yang bisa menilai kesuksesan itu adalah diri anda sendiri bukan orang lain , dan berbahagialah 🙂

Baca juga:



3 Comments

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Your email address will not be published. Required fields are marked *