Bermain Dengan Kamera Lubang Jarum (Pinhole)

Dikategorikan dalam Activitas, Foto
Bermain Dengan Kamera Lubang Jarum (Pinhole) | Bagi yang suka dengan dunia fotografi tentunya tidak asing dengan istilah pinhole atau kamera lubang jarum, tapi jika ada yang belum tahu hmm berarti belum 100% suka fotografi nih :D.
Kamera pinhole itu memang cikal bakal dari kamera-kamera yang ada pada saat ini. Sekarang nge-Trend nya Kamera DSLR yang sangat digandrungi para kaum muda, entah mereka memang memiliki jiwa fotografi atau hanya sedekar untuk jepret saja.
Bagi anda yang ingin menekuni dunia fotografi, sebisa mungkin mengerti tentang dasar-dasar fotografi itu. Bagaimana sih caranya kok gambar atau objek bisa ketangkap oleh kamera, bagaimana sih cara kerja kamera itu?
Nah, itu menjawab semua ini, alangkah enaknya jika mencoba Kamera yang satu ini, yaitu Kamera Lubang Jarum atau Pinhole. Karena dengan kamera ini kita akan bekerja mengambil suatu objek dengan cara yang manual semua bahkan alatnya pun manual. Saya pernah mencoba membuat kamera pinhole ini dengan berbagai macam barang seperti kaleng, botol teh kotak dan tempat korek api.
Di sini saya tidak akan menjelaskan tentang bagaimana cara membuat kamera lubang jarum, tetapi jika kalian ingin mencoba membuat kamera lubang jarum ini saya punya referensinya.
Dengan Kamera Lubang Jarum ini, kita akan bisa melihat cara kerja sebuah kamera dan kita nanti akan dituntut bisa memperhitungkan semuanya misalnya jarak objek, intensitas cahaya dan lain-lain. Beda dengan memotret dengan kamera DSLR tinggal cepret pakai mode otomatis, hasil langsung jadi dengan gambar yang memuaskan.
Tetapi dengan kamera lubang jarum ini kita nanti tidak dapat melihat hasilnya secara langsung karena kita harus memprosesnya terlebih dahulu. Disinilah asyiknya, kita hanya bermain insting kira-kira nanti hasilnya gimana. Media rekamnya pun juga termasuk jadul, yaitu berupa Kertas BW atau bisa juga memakai role film.
Berikut beberapa hasil dari kamera lubang jarum saya, ada beberapa yang belum sempet saya scan soalnya dalam bentuk kertas BW.

KLJ 160711 10+(Large)

KLJ Sabtu160711 03+(Large)

KLJ Sabtu160711 05+(Large)

KLJ Sabtu160711 08+(Large)

KLJ 01

Foto007

Bagi yang ingin mencoba kamera lubang jarum, silahkan gunakan referensi dari Cakpii http://cakpii.co.uk/membuat-kamera-pinhole-sederhana-dari-kaleng/

Baca Artikel Lainnya :

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *