Sistem Operasi Tizen, Pesaing Android dan iOS

Sistem Operasi Tizen, Pesaing Android dan iOS | Ponsel pintar dan tablet saat ini didominasi dengan Sistem Operasi Android miliki Google dan Sistem Operasi iOS milik Apple. Sistem Operasi ini memang sangat cepat berkembangannya, mengikuti perkembangan teknologi gadget.
Namun, di tahun ini mereka harap-harap cemas khususnya Android, karena Samsung berencana akan meluncurkan Smartphone dengan Sistem Operasi Tizen.
Sistem Operasi Tizen merupakan sistem operasi berbasis Linux yang lahir setelah berakhirnya Sistem Operasi MeeGo. MeeGo merupakan proyek kerjasama antara Intel dan Nokia, tetapi pada tahun 2011 pengembangan Sistem Operasi MeeGo ditinggalkan karena Nokia bekerjasama dengan Microsoft.
Setelah sistem operasi MeeGo ini ditinggalkan oleh Nokia, maka Samsung pun mengambil alih dan ingin mengembangkan sistem operasi ini dibawah pengawasan Linux Foundation dan sistem operasi ini diberi nama Tizen.
Dikutip Informasi dan Review dari cnet.com (2/1), Samsung, NTT DoCoMo, dan mitra mereka berharap untuk membangun sebuah platform yang akan menyaingi sistem operasi utama dari Apple dan Google.
Ini adalah sebuah persaingan baru di dunia teknologi ponsel khususnya bidang sistem operasi. Saat ini pun Samsung masih menggunakan sistem operasi Android, dan dengan munculnya Tizen ini nanti diharapkan bisa menjadi alternatif Sistem Operasi selain Android dan iOS karena sudah banyak perusahaan yang tergabung dengan Tizen.
Salah satu kelebihan Sistem operasi Tizen ini adalah tidak hanya bisa digunakan untuk smartphone saja, tetapi juga dapat digunakan untuk Smart TV, tablet dan perangkat lain.
Lalu apakah Sistem Operasi Tizen ini nanti bakal tenar dan mampu mengalahkan popularitas Android dan iOS? Kita tunggu saja rilisnya.

Baca juga:

WhatsApp
Telegram


3 Comments

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Your email address will not be published. Required fields are marked *