Review Menteri Kesehatan Endang Sedyaningsih

Review Menteri Kesehatan Endang Sedyaningsih – Menteri Kesehatan Republik Indonesia, dr. Endang Rahayu Sedyaningsih, MPH, DR.PH, Yang lahir di Jakarta, pada tanggal 1 Februari 1955, hari ini menghembuskan nafas terakhirnya pada Hari Rabu, 2 Mei 2012 pada pukul 11.41 di RSCM dikarenakan sakit kanker paru-paru.
Endang Sedyaningsih sebelum menjabat sebagai Menteri Kesehatan, beliau juga menjabat sebagai Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Biomedis dan Farmasi, Badan Penelitian dan Pengembangan Depkes sejak 2007.
Lalu Pada Juli hingga Desember 2001, Endang Sedyaningsih berkarir di kantor Badan Kesehatan Dunia (WHO) di Jenewa, Swiss, di bidang penanganan penyakit menular.
Beliau lulus Sarjana pada tahun 1979 di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, dan mendapat Gelar Magister dan Doktor dari Harvard School of Public Health.
Namun, pada tanggal 26 April 2012 kemarin, beliau mengundurkan diri dari Kabinet Indonesia Bersata II, dikarenakan alasan kondisi kesehatannya yang mulai menurun.

Selama menjabat sebagai Menteri Kesehatan, beliau sudah banyak memberikan sumbangsih nya untuk masyarakat Indonesia di bidang Kesehatan, salah satunya beliau mengajak kepada seluruh pemangku kepentingan dari pemerintah, lembaga internasiona, lembaga swadaya masyarakat, perguruan tinggi dan masyarakat untuk mengutaman perbaikan pangan dan gizi dalam setiap kebijakan.
Beliau juga turut berpartisipasi dalam menghadapi masalah gizi buruk yang semakin meningkat di Indonesia. Karena Indonesia berada di peringkat kelima negara dengan kekurangan gizi sedunia.
Selain itu beliau juga yang menyarankan untuk mewajibkan pemberian ASI eksklusif yang dikuatkan dalam Peraturan Pemerintah, lalu beliau juga yang menyetujui Jampersal (Jaminan Persalinan) yang membuat ibu melahirkan dari keluarha tak mampu bisa bersalin gratis dengan imbalan mau ikut KB.
Banyak sekali peran penting yang beliau kerjakan dalam menghadapi masalah kesehatan di Indonesia, mulai dari penanganan Flu Burung, penyakit Kaki Gajah, HIV AIDS, dan penyakit-penyakit lain.
Tidak hanya di Indonesia saja, beliau juga aktif di forum internasional, beliau berhasil membuat anggota WHO menyepakati resolusi virus sharing yang diperjuangkan Indonesia sejak 2007. 
MenKes Endang Sedyaningsih ini terkenal dengan pribadinya yang tenang, ramah, suka tersenyum dan punya kemampuan menjelaskan sesuatu dengan jelas.
Dan sekarang beliau tinggalah nama yang dapat mengharumkan bangsa ini.
Selama Jalan Ibu Endang Sedyaningsih

Baca juga:



One Comment

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Your email address will not be published. Required fields are marked *