Kemudahan Jual Beli Secara Online

Dikategorikan dalam Bisnis Online
Kemudahan Jual Beli Secara Online – Kali ini saya akan sedikit mereview tentang kegiatan jual beli masyarakat Indonesia yang mengikuti berkembangan jaman.

toko online1
Beberapa waktu yang lalu saat di kampus, saya berbincang-bincang dengan rekan saya. Biasa sesama mahasiswa IT, bahan perbincangan pun tidak lepas kaitannya dengan IT. Setelah berbicara panjang lebar, teman saya bermain-main dengan ponsel barunya, (Maaf di sini saya tidak akan menyebutkan Merk dan Tipe Ponsel tersebut).
Saya pun langsung tertarik untuk meminjamnya. Wah, keren banget nih ponsel meski belum tergolong Ponsel SmartPhone, tapi saya tertariknya pada bagian Kameranya. Wuih…..keren kameranya beresolusi 5 MegaPixel dengan dukungan LED Flash. Selain itu, body dari ponsel ini mencerminkan laki-laki banget, kokoh dan tangguh 😀
Kemudian saya mencoba menjeprat-jepret pakai ponsel tersebut, dan setelah saya lihat hasilnya, wuidih keren abis…jadi pengen punya ponsel ini. Memang sih, ponsel ini memiliki kelebihan di bagian kameranya.
Saya pun tanya-tanya, ngomong-ngomong berapa nih harganya? Pasti jutaan ya. Teman saya menjawab, “Ah…murah kok cuma 700.000”.
Saya pun terkejut, kok murah banget? Belinya dimana?
Teman saya, “Di Forum Jual Beli XXXXX bro”. (Maaf saya tidak akan menyebutkan Nama Forum Jual Belinya)
Saya pun masih penasaran, kenapa kok bisa dapat barang murah gitu. Kata teman saya, yang punya ponsel ini dulunya lagi butuh duit. Setelah nego-nego ketemu harga segitu deh.
Wah saya pun jadi semakin penasaran, soalnya saya jujur belum pernah melakukan jual beli secara online apalagi orangnya jauh dari kita, takut ditipu soalnya. hihihi 😀
Dia pun sedikit sharing tentang hal tersebut, ternyata jual beli barang secara online itu tidak semuanya menipu, justru dengan hal tersebut kita akan mendapatkan keuntungan yang lebih, baik dari sisi penjual maupun pembeli.
Ok..ok..dari situ saya mulai ingin mencoba jual beli barang secara online.
Yaitu dengan mulai melihat-lihat dulu kegiatan jual beli secara online di salah satu forum jual beli.
Memang banyak manfaat jual beli barang secara online ini, seperti :
1. Efisiensi waktu
Penjual tidak perlu kesana kemari, cukup dengan koneksi internet penjual bisa mempublish barang atau jasa yang ingin di jualnya. Begitu juga dengan pembeli, tinggal pasang internet dan cari barang yang diinginkan.

2. Mendapatkan barang langka dengan mudah
Terkadang jika kita mencari barang di dunia nyata alias toko-toko atau pasar-pasar, terkadang tidak menemukan apa yang kita cari. Nah, dengan adanya jual beli online ini, kita tinggal mempublish apa yang kita cari, karena itu pasti akan dibaca oleh semua netter di seluruh dunia. Efisien banget kan.

3. Memperoleh Harga yang lebih murah.
Seperti pengalaman teman saya tadi, terkadang penjual di Forum Jual Beli tersebut adalah orang yang benar-benar sedang membutuhkan uang. jadi dia rela menjual barang kesayangannya dengan harga yang rendah.
Namun, disaat kita melakukan jual beli secara online ini, kita juga harus memperhatikan langkah-langkah atau tips-tips membeli barang secara online. Agar semuanya aman dan lancar.
Untuk mengetahui, tips berbelanja secara online silahkan baca ini (Tips Membeli Barang Secara Online)
Dan ternyata kemudahan jual beli secara online ini pun saat ini telah banyak diminati masyarakat Indonesia, dan hal ini tentunya akan berdampak baik bagi Kemajuan Indonesia.
Karena dana untuk pembangunan seperti mall, hypermart,dll akan berkurang. Lihat saja di Jakarta. Setiap beberapa meter pasti ada Mall. Dan pasti hal tersebut menyebabkan macet.
Bayangkan saja jika mayoritas orang Indonesia berbelanja secara Online. Tinggal duduk manis di rumah dan memilih barang yang sesuai lalu tinggal menunggu barang datang.
Inovasi ini lah yang seharusnya dikembangkan oleh Pihak – pihak yang terkait di dalamnya. Agar kehidupan sosial di Indonesia menjadi lebih mudah.
^^

Baca Artikel Lainnya :

3 komentar

  1. blog baru ini mas? biasanya kan ingin-tahu.com kan yaa….

    jual beli online saya jg udah merasakan mudah dan murahnya mas.. HP komunikator jadul didapat dgn harga 400rb, dan speda fixie cm 300rb 😀

  2. Belanja online memang paling enak. Tinggal duduk manis di depan komputer, pilih-pilih barang yg mau dibeli, bayar, terus tinggal tunggu deh kiriman barangnya datang. 🙂 Tapi kekurangannya juga ada. Kita tidak bisa melihat langsung barang yg hendak dibeli, ini bisa menjadi celah bagi para penipu.

  3. @tongkonanku, ya itu sih harus saling percaya dan waspada saja mas 😀

    @Tomi…. iya mas…. heheh

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *