5 Tips Mudah Agar Apartemen Cepat Laku Sekaligus Mendapatkan Untung Besar

Sewa Apartemen

Kini kian banyak pengusaha yang menekuni bisnis properti, tetapi untuk menjalankannya tidak semudah membalikkan telapak tangan. Salah dalam melakukan transaksi jual beli satu unit properti yang lama merupakan salah satu permasalahan dalam menjalankan bisnis ini. 

Cara lain yang dapat dilakukan yaitu dengan cara menyewakan apartemen kembali yang telah dibeli dengan harapan masih ada orang yang membutuhkan untuk menyewa properti tersebut. Selain itu, cara sewa apartemen ini juga dapat menjadi lahan untuk berinvestasi. 

Nah, salah satu jenis properti yang cukup banyak disewakan adalah apartemen. Banyak orang khususnya yang tinggal di kawasan perkotaan lebih membeli sebuah unit apartemen sebagai alternatif hunian karena mereka memilih untuk mendekati jarak antara kantor atau letaknya yang strategis dengan titik tengah perkotaan tidak sulit mencari kebutuhan sehari-hari.

Sewa Apartemen
Foto oleh Trygve Finkelsen dari Pexels

Karena itulah, kawasan kota sangat cocok untuk dijadikan ladang menyewakan apartemen. Namun, untuk melakukan bisnis sewa menyewa apartemen seperti ini perlu persiapan yang matang. Supaya nanti ketika sudah berjalan tidak ada kendala teknis yang sebenarnya itu tidak perlu muncul jika semuanya sudah disiapkan sejak awal.

Jadi, apa saja detail yang perlu kita perhatikan sebelum menyewakan apartemen? Simak penjelasan cara menyewakan apartemen agar cepat untung berikut ini.

1. Memiliki Harga Jual Sama dengan Pasar

Memang memutuskan dan manaruh nilai sebuat unit yang pantas merupakan poin utama yang dilakukan sesaat sebelum mengontrakkan  properti kita. Oleh karena itu, lakukan peninjauan supaya harga sewa yang kita pilih tidak tetap ramah lingkangan dengan maksud hampir mirip dengan apartemen lain.

Kualitas isi properti dan lokasi yang strategis ini jadi faktor penting penentu harga sewa. Misalnya, jika properti kita terletak di kawasan daerah perkantoran banyak melakukan bisnis, maka harga sewa properti kita bisa dipatok tinggi. Lihatlah lokasi sekitar kita dan perhatikan nilai sewanya dan juga spek yang ditawarkan.

Sebelum calon penyewa memutuskan untuk menyewa apartemen, biasanya mereka akan melihat-lihat lokasi sekitar apartemen dulu termasuk fasilitasnya. Mereka akan menimbang apakah antara harga sewa dan fasilitas sesuai atau tidak.

Untuk itu, tentukanlah nilai sewa yang kompetitif supaya calon penyewa tetap balik ke Anda setelah berkeliling dan apartemen mu laku cepat mendapatkan keuntungan.

2. Tahu Akan Seluk-Beluk Keinginan Konsumen

Setelah menentukan harga pasar, Anda juga harus tahu tentang setiap keinginan dari masing-masing konsumen yang lagi diincar. Mengingat setiap konsumen memiliki karakter dan kebutuhan yang berbeda. 

Jika sudah tahu akan seluk beluk setipa konsumen, maka proses dalam menawarkan apartemen jauh lebih mudah ketimbang belum melakukan survei keinginan konsumen. Dipastikan Anda akan lebih paham secara spesifik dengan manargetkan tiap calon pembeli tentunya dapat terjual secara cepat. 

Misalnya apartemen yang dekat terminal bus atau stasiun kereta untuk orang yang membutuhkan akses transportasi umum atau dekat dengan sebuah tempat belanja/supermarket.

3. Menuntukan Period Sewa

Tentukan masa period sewa sesuai dengan keinginan Anda. Jika memang kita ingin menyewakan properti tersebut untuk mencari keuntungan, sebaiknya tetapkan waktu sewa pertahun atau dua tahun. Cara itu diyakini untuk berjaga-jaga jika terjadi suatu krisis.

Membuat perjanjian untuk menjamin hak dan kewajiban antara pemilik dan penyewa. Sebuah perjanjian sewa biasanya mencakup persyaratan, seperti harga yang harus dibayar, denda jika terlambat membayar, jangka waktu sewa, serta tata cara yang ditempuh jika terjadi perselisihan.

4. Pilih Pihak Ketiga yang Handal

apartemen

Selain menentukan kebijakan period sewa tadi, supaya cepat laku terjual kerja sama saja dengan pihak ketiga yang biasa menggeluti promosi suatu properti yang memiliki pengalaman lama dalam memasarkan bisnis properti. 

Biasanya agen properti professional sudah sangat mengerti mengenai karakter, kebutuhan dan keingan tiap konsumen yang berbeda. Oleh karena itu, memasarkan dan mempromosikan penyewaan apartemen akan semakin mudah. Tentunya mendapatkan konsumen yang sudah pasti akan membeli sebuah unit apartemen.  

Sebelum memilih pihak ketiga yang nantinya sebagai kerpercayaan Anda dalam memasarkan bisnis properti apartemen Anda, mengecek terlebih dahulu identitas dari agen yang dipilih. Apakah agen tersebut benar-benar mempunyai reputasi baik dan mengisi perjanjian agar tidak ditipu dari pihak agen dalam andil mengambil keuntungan yang didapat nantinya.

Salah satunya adalah Jendela360. Jendela360 merupakan platform penyewaan apartemen yang mempertemukan antara pihak pemilik apartemen dan penyewa apartemen di Jakarta. 

Kelebihan Jendela360 antara lain memiliki website yang didukung Virtual Tour 360 sehingga calon penyewa bisa langsung merasakan viewing langsung unit apartemen secara online, dukungan after sales service, serta membantu memasarkan apartemen bagi pemilik tanpa dipungut biaya

5. Fasilitas yang Diberikan

Terakhir Anda dapat memilih desain interior apartemen sedemikian rupa yang bisa membuat orang tetap betah tinggal disana sekaligus mendapat perhatian calon penyewa ketimbang memilih apartemen lain. Desain interior yang Selain desain interior, faktor lain yang dapat menjadi pertimbangan calon penyewa adalah fasilitas yang dibutukan konsumen seperti taman bermain anak, tempat olahraga dan ruang kosong yang bisa dijadikan untuk bersantai.

Suatu unit apartemen tentunya kurang menarik tanpa adanya kelengkapan hunian di dalamnya. Maka dari itu, penting untuk mengetahui apartemen seperti apa yang dibutuhkan penyewa sebelum memperlihatkan isi dari apartemen.

Itu dia beberapa cara menyewakan apartemen memperoleh laba yang besar. Semoga informasi di atas dapat membantu ya. Selamat memasarkan bisnis apartemen!

Baca Artikel Lainnya :


Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *