Apakah Smartfren 4G LTE Bisa Digunakan di Modem MiFi Huawei E5573?

Dikategorikan dalam Teknologi, Internet
Huawei E5573 + Smartfren 4G LTE

Melanjutnya postingan yang sebelumnya (Akhirnya Beli Modem MiFi Huawei E5573 4G LTE), dipostingan kali ini saya hanya akan klarifikasi dan melakukan pengecekan koneksi internet Smartfren 4G LTE di Modem MiFi Huawei E5573.

Karena sebelumnya ketika akan membeli modem ini saya diinformasikan oleh Seller bahwa Huawei E5573 yang ia jual tidak bisa kalau dipakai untuk provider Smartfren. Dan hanya bisa digunakan untuk provider GSM.

Dari informasi tersebut, saya agak ragu tapi juga was-was. Soalnya begini, Modem MiFi Huawei E5573 ini sama persis dengan Smartfren Andromax M2P. Bedanya kalau Andromax M2P ini memang hanya bisa digunakan untuk Smartfren saja.

Huawei E5573 + Smartfren 4G LTE

Nah, karena Huawei E5573 yang saya beli tersebut sudah tertera “Unlock All Operator GSM” maka bisa digunakan untuk semua provider. Tapi saya ragu kalau cuma bisa digunakan untuk GSM saja. Mengingat frekuensi sama.

Alhasil, saya putuskan untuk tetap membeli itu saja. Ya kalaupun memang tidak bisa, saya juga pakai ponsel Andromax, jadi untuk memakai internet smartfren bisa lewat tethering dari ponsel.

Hari ini kiriman sudah datang dan saya sudah test untuk koneksi Indosat Ooredoo 4G LTE, untuk sinyal dan speedtest bisa di baca di posting sebelumnya.

Setelah melakukan pengecekan dengan provider Indosat, yang memang satu-satunya provider GSM yang sudah nyantol 4G di tempat tinggal saya, lalu dilanjutkan dengan melakukan pengecekan dengan provider Smartfren. Pengecekan ini sekaligus membuktikan apa yang dikatakan Seller kemarin.

Karena saya belum beli simcard Smartfren 4G LTE, akhirnya saya coba pakai simcard Smartfren 4G LTE yang saya pakai di ponsel Andromax Q saya yang sudah ada paket True Unlimited. Sebelumnya saya tanya CS Smartfren dulu lewat DM Twitter, terkait penggunaan simcard yang ada di ponsel untuk digunakan di modem MiFi. Dan ternyata bisa-bisa saja.

Smartfren Care

Oke, langsung saya ambil simcard yang diponsel lalu pasang di modem mifi Huawei E5573. Karena sinyal 4G LTE Smartfren di tempat saya masih agak minim (1 bar, kalau di tempat terbuka 2 bar), akhirnya saya nyari posisi yang enak dulu.

Sambil melihat indikator di web panel Huawei E5573, akhirnya… terhubung juga. 😀

Smartfren 4G LTE
51028 itu adalah kode Smartfren 4G LTE

Ya… modem Huawei E5573 yang katanya Seller yang bisa buat Smartfren ternyata bisa digunakan. Alhamdulillah. Jadi, seller tersebut salah, mungkin kurang informasi yang didapatkan. 🙂

Ternyata juga beda ketika digunakan di modem ini. Ketika saya tethering jaringan Smartfren 4G LTE dari ponsel saya, kecepatannya agak lambat meski sudah dapat 4G LTE, tapi setelah dicoba di modem Huawei E5573 ini kecepatan lebih meningkat. Meski cuma dapat 1 bar sinyal 4G LTE, kecepatan yang didapatkan segini.

SpeedTest Smartfren 4G LTE

So, buat kalian yang mau beli modem 4G LTE, pastikan lihat frekuensinya dulu. Kalau frekuensi yang ada memang didukung oleh provider saat ini, silahkan beli. Tapi ingat, pastikan modem tidak dalam posisi LOCK pada satu provider saja. Tanya ke seller dulu kalau modem 4G LTE itu sudah benar-benar UNLOCK dan bisa digunakan untuk All Operator.

Kalau kalian ingin mencari modem untuk Smartfren 4G LTE, ya saran saya beli saja Smartfren Andromax M2P. Karena harganya lebih murah daripada yang Huawei E5573 seperti yang saya beli ini (Harganya dua kali lipat).

Baca Artikel Lainnya :

53 komentar

  1. Alhamdulillah akhirnya bisa digunakan modem huaweinya ini… Selamat berselancar bro…

    Tapi hati-hati jangan pakai Sim Card Andromax Q dari hape ke Modem, bisa suspend paket

    1. Knpa punya ku gx ada sinyal ya pakek kartu smartfren saya masukin ke mifi airtel4g, tp klo ke hp bisa

  2. speed segitu mah lumayan cepet donk, sy dirumah via wifi cmn 600kb pling cepat.

    sy jga lgi nyari2 modem mifi yg bagus dn murah 🙂

  3. saya punya mifi ANDROMAX m2p, tpi saya coba pakai kartu gsm tidak bisa 😀 haha. trnyata kalo mifi ANDROMAX itu hanya untuk kartu smartfren aja. tpi di daerah rumah saya untuk kartu smartfren mendapatkan layanan sinyal yang sangat buruk :'(. kecepatan internet hanya dibawah 100kbps, bahkan seringkali no service :'(

  4. MiFi Andromax hanya bisa digunakan pada jaringan 4G LTE Smartfren saja. Tidak bisa jika hanya terdapat jaringan EVDO.

  5. SAYANGNYA…Mifi ini frequensinya utk 4G adalah 2600 mhz/ 1800Mhz / 850 mhz /800mhz. Saat ini Semar di freq 850 dan 2300. Untuk ke depannya, Smartfren hanya akan pilih 2300 mhz karena lebih cepat dibandingkan 850 mhz.
    Jadi di tempat yg Smarfren hanya menggelar 2300 mhz, mifi ini tak dapat sinyal.

  6. saya pake mifi m3y, kalo beli kuota di galeri SF 60rb cm 2Gb, misal saya beli kartu perdana SF di konter” yg jual pulsa kira” bisa di pasang di mfi saya ga ya? soalnya lebih murah konter 60rb dapet 13Gb.. mohon pencerahannya gan..

  7. Knp sya pke mifi huawei trus krty SF 4g g bsa konek y gan????
    Dibar starusy tertulus disconect,itu knp ya????mhon pencerahannnya,,,,

    1. Coba ganti kartu selain smartfren bisa nggak? Kalau bisa pakai kartu smartfren lain.

  8. sdh order jb online bos,sambi liat2 review nya dari agan.
    untuk baterai klo untuk standby sosial media gmna gan,apa ttp perkiraan 6 jam ?

    1. Masalah baterai itu tergantung pemakaian, kondisi sinyal apakah sinyal bagus dan stabil. Tapi rata-rata bisa sekitar 6 jam. Berdasarkan pengalaman dulu.

  9. Gan saya punya mifi huawei e5573 ketika pake smartfren ko ga kebaca terus ya itu kartunya, sedangkan kalo pake telkomsel kebaca

    1. Coba di search manual jaringannya. Dan pastikan di daerahmu sudah tercover jaringan Smartfren dengan baik.

  10. tanya om , sya kebetulan juga punya mifi sejenis, tapi saat saya pakai smartfren kok muncul roaming itu bagaimana ya, pakah salah di setingan APNnya padahal sehari seblumnya sudah bisa pakai smartfren
    untuk setingan APN yg saya pake sperti di bawah ini

    Profile name: smartfren4G
    User name: smartfren4G
    Password: ———-
    APN: smartfren4g
    Primary DNS server: (kosong)
    Secondary DNS server: (kosong)

    1. Muncul Roaming gimana yak? Saya pakai Mifi Smartfren aman-aman saja tuh. APN saya pakai default saja, tidak pernah otak-atik.

  11. mas, mifi saya huawei E5577Cs-603, apa tetep bisa ya kalo dipasang kartu smartfren seperti yg mas lakuin?

    1. Bisa. Mifi 4G bisa digunakan semua operator yang sudah 4G. Karena kalau sudah 4G tidak ada lagi yang namanya GSM atau CDMA.

      1. Nah ini saya coba tapi gak bs gan. Tanda sinyalnya merah mulu. Kenapa ya? Restart bbrp kali jg sama aja.

  12. Saya pakai mifi advan jr108 4g all gsm ,tp tk msukin krtu smartfren gsm kok diskonek ya gan

    1. modem wifi sy tipe e5577, beli 2 thn yg lalu. lseng cb mampir ke konter dkt rmh, cb pk kartu smartdren 4g, sinyal langsung ngacir full, tp blm bs internetan,,,eeh, ternyata blm sering APN nya, hehee. begitu di stel,,,jreeeng langsung ngacir internet nya. trmksh smartfren

  13. mas mifi saya e5577 klo pake isat.simpati oke bisa.muncul zinyal.tapi klo pake smartfren no sinyal ya.apa ada yg harus di perbaiki pengaturanya.?mohon pencerahanya.owh ya sdh saya pasangbdi hp saya.ada sinyal.brti daerah saya tercover siny smratfren.

    1. Coba masuk ke Network dan pilih manual, untuk mencari sinyal Smartfren secara manual. Setelah scanning setelah dan muncul sinyal Smartfren, baru dipilih.

  14. Kang Saya punya Mifi Huawei E 5577. Kalo saya beli kartu Smartfen UNLIMITED 4G bisa atau tidak? Soalnya kemarin Saya tanya pas mau beli kalo mifi tidak bisa kang.. Itu gimana ya? Mohon penjelasan nya

    1. Paket Unlimited Smartfren tidak bisa digunakan di MIFI. Hanya bisa di smartphone saja.

        1. Mifi itu pakai semua kartu bisa. Tidak ada keharusan pakai kartu A atau B. Yang penting ada sinyalnya.

    2. sy beli kartu yg 65k isi 30gb,,,sy blm nyoba yg pk kartu unlimitt. gs hbs2 pdhal rame kl di rmh, hehee (anak, istri kdang mertua ikut nimbrung)

  15. gan kalau kartu SF bisa di pakai di modem mifi xidol k5188 unlock ga? infonya kalau kartu SF warna merah harus di replace dulu ke galeri SF di unlock di ganti jadi warna putih, mohon pencerahannya

    1. Kalau lihat spesifikasi Xidol K5188, sepertinya tidak mendukung frekuensi jaringan Smartfren 4G LTE

  16. mas setting apnnya gimana ya? apa websitenya spt digambar yg tadi. saya pakai seri yang sama dengan mas tetapi tidak terkoneksi, setelah saya coba di iphone tdk bisa portable hotspot dan ternyata harus di setting2 gitu. nah saya pikir modemnya juga perlu di setting2 cuma saya gatau settingnya dimana dan langkah2nya gimana. mohon dibales mas, saya lagi kecewa dengan my republic makanya pakai wifi portable untuk sementara waktu ini

  17. Mo tanya gan…saya punya warisan dari saudara saya mifi andromax M3y…
    Untuk kartu perdananya khusus atau bisa pakai kartu perdana yg biasa di pakai di hp smartfren y ?
    Juga saya mo tanya kecepatan internenya bagaimana dengan andromax m3y ?

  18. bang mau nanya, saya punya mifi huawei bisa nggak dikasih kartu unlimited takutnya kalo unlimited cuma bisa dibpakai di hp doang

    1. Mifi itu nggak mengenal unlimited atau kuota. Mifi hanya sebatas perangkat yang mengubah sinyal provider seluler menjadi sinyal wifi/hotspot. Gampangnya mifi itu seperti ketika kamu tethering hp kamu

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *