Apakah Smartfren 4G LTE Bisa Digunakan di Modem MiFi Huawei E5573?

Melanjutnya postingan yang sebelumnya (Akhirnya Beli Modem MiFi Huawei E5573 4G LTE), dipostingan kali ini saya hanya akan klarifikasi dan melakukan pengecekan koneksi internet Smartfren 4G LTE di Modem MiFi Huawei E5573.

Huawei E5573

Karena sebelumnya ketika akan membeli modem ini saya diinformasikan oleh Seller bahwa Huawei E5573 yang ia jual tidak bisa kalau dipakai untuk provider Smartfren. Dan hanya bisa digunakan untuk provider GSM.

Dari informasi tersebut, saya agak ragu tapi juga was-was. Soalnya begini, Modem MiFi Huawei E5573 ini sama persis dengan Smartfren Andromax M2P. Bedanya kalau Andromax M2P ini memang hanya bisa digunakan untuk Smartfren saja.

Nah, karena Huawei E5573 yang saya beli tersebut sudah tertera “Unlock All Operator GSM” maka bisa digunakan untuk semua provider. Tapi saya ragu kalau cuma bisa digunakan untuk GSM saja. Mengingat frekuensi sama.

Alhasil, saya putuskan untuk tetap membeli itu saja. Ya kalaupun memang tidak bisa, saya juga pakai ponsel Andromax, jadi untuk memakai internet smartfren bisa lewat tethering dari ponsel.

Hari ini kiriman sudah datang dan saya sudah test untuk koneksi Indosat Ooredoo 4G LTE, untuk sinyal dan speedtest bisa di baca di posting sebelumnya.

Setelah melakukan pengecekan dengan provider Indosat, yang memang satu-satunya provider GSM yang sudah nyantol 4G di tempat tinggal saya, lalu dilanjutkan dengan melakukan pengecekan dengan provider Smartfren. Pengecekan ini sekaligus membuktikan apa yang dikatakan Seller kemarin.

Karena saya belum beli simcard Smartfren 4G LTE, akhirnya saya coba pakai simcard Smartfren 4G LTE yang saya pakai di ponsel Andromax Q saya yang sudah ada paket True Unlimited. Sebelumnya saya tanya CS Smartfren dulu lewat DM Twitter, terkait penggunaan simcard yang ada di ponsel untuk digunakan di modem MiFi. Dan ternyata bisa-bisa saja.

Smartfren Care

Oke, langsung saya ambil simcard yang diponsel lalu pasang di modem mifi Huawei E5573. Karena sinyal 4G LTE Smartfren di tempat saya masih agak minim (1 bar, kalau di tempat terbuka 2 bar), akhirnya saya nyari posisi yang enak dulu.

Sambil melihat indikator di web panel Huawei E5573, akhirnya… terhubung juga. 😀

Smartfren 4G LTE
51028 itu adalah kode Smartfren 4G LTE

Ya… modem Huawei E5573 yang katanya Seller yang bisa buat Smartfren ternyata bisa digunakan. Alhamdulillah. Jadi, seller tersebut salah, mungkin kurang informasi yang didapatkan. 🙂

Ternyata juga beda ketika digunakan di modem ini. Ketika saya tethering jaringan Smartfren 4G LTE dari ponsel saya, kecepatannya agak lambat meski sudah dapat 4G LTE, tapi setelah dicoba di modem Huawei E5573 ini kecepatan lebih meningkat. Meski cuma dapat 1 bar sinyal 4G LTE, kecepatan yang didapatkan segini.

SpeedTest Smartfren 4G LTE

So, buat kalian yang mau beli modem 4G LTE, pastikan lihat frekuensinya dulu. Kalau frekuensi yang ada memang didukung oleh provider saat ini, silahkan beli. Tapi ingat, pastikan modem tidak dalam posisi LOCK pada satu provider saja. Tanya ke seller dulu kalau modem 4G LTE itu sudah benar-benar UNLOCK dan bisa digunakan untuk All Operator.

Kalau kalian ingin mencari modem untuk Smartfren 4G LTE, ya saran saya beli saja Smartfren Andromax M2P. Karena harganya lebih murah daripada yang Huawei E5573 seperti yang saya beli ini (Harganya dua kali lipat).

Baca juga:



23 Comments

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Your email address will not be published. Required fields are marked *