Akhirnya Beli Modem MiFi Huawei E5573 4G LTE

Modem MiFi Huawei

Satu bulan terakhir ini agak direpotkan dengan koneksi internet. Maklum, untuk kebutuhan kerja sehari-hari saya memang mengandalkan koneksi internet dari provider seluler melalui paket-paket internet yang ditawarkan.

Soalnya mau pasang internet dari layanan seperti IndiHome, Biznet, atau sejenisnya belum bisa mengcover tempat tinggal saya. Alhasil, hingga saat ini saya cuma mengandalkan koneksi tersebut.

Tapi alhamdulillah, saat ini beberapa provider seluler telah mengupgrade frekuensinya dan membuat sinyal beberapa provider menjadi lebih baik. Seperti provider Indosat Ooredoo yang saat ini sudah memberikan sinyal 4G LTE hingga ke desa saya. Terus XL yang meski belum nyantol 4G tapi kecepatan sudah sangat mencukupi menurut saya. Dan dari Smartfren yang menyediakan Smartfren 4G LTE Advanced hingga ke rumah orang tua saya.

Sekarang tinggal bagaimana saya pintar-pintarnya memilih paket data internet yang ditawarkan oleh masing-masing provider tersebut. Tentunya paket internet yang sesuai antara harga yang kuota yang diberikan.

Oke, jadi begini, kenapa saya harus beli Modem MiFi Huawei E5573? Padahal sebelumnya saya sudah punya modem Huawei E3276.

Huawei E3276

Dulu, saya beli modem USB Huawei E3276 itu karena sudah support 4G LTE dan pada waktu itu ada promo sih. Tanpa panjang lebar, akhirnya saya beli meskipun pada waktu itu jaringan 4G belum masuk ke tempat tinggal saya.

Nah, satu bulan terakhir ini saya iseng cek sinyal melalui ponsel Andromax Q saya. Dan betapa kaget muncul dua jaringan 4G LTE. Yang pertama adalah jaringan 4G LTE Smartfren dan yang kedua adalah milik Indosat 4G. Ternyata, di tempat tinggal saya (Desa Sabranglor, Kecamatan Trucuk, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah) sudah ada jaringan 4G LTE. #bangga

Selanjutnya, beberapa hari kemudian saya nyoba nyari SIMCARD uSIM Indosat Ooredoo di salah satu counter perdana. Dan akhirnya saya mendapatkan perdana Indosat 4G dengan kuota yang cukup besar, 16GB. Tapi yang 10 GB hanya bisa digunakan di 4G. Oke nggak masalah, soalnya di rumah ada modem Huawei E3276 yang sudah support 4G.

Sampai di rumah saya coba deh pakai modem itu, tapi…ternyata tidak bisa. Tidak ada sinyal 4G yang nyangkut. Padahal di ponsel saya (Andromax Q) ada sinyal Indosat 4G. Karena penasaran, akhirnya browsing dan mendapatkan informasi bahwa modem Huawei E3276s-920 belum bisa mendukung jaringan Indosat 4G. Intinya frekuensi di modem tersebut beda.

Hadeh…

Karena bingung mau gimana, akhirnya saya putusin buat beli modem baru tentunya yang benar-benar sudah support 4G untuk provider di Indonesia.

Nanya-nanya temen, dan terpilihlah untuk membeli Modem MiFi Huawei (Modem yang bisa diakses melalui WiFi, tidak perlu dicolok USB)

Tipe yang dicari adalah Huawei E5573, dan saya baru ngeh kalau itu yang dipakai untuk Smartfren MiFi Andromax M2P. Syukur deh, berarti tipe ini bisa dipakai buat segala macam provider.

Browsing-browsing di situs jual beli online, akhirnya nemu lapak yang jual model tipe itu dengan harga Rp 620.000,- (Sudah Unlock All GSM). Umumnya harganya Rp 700.000,-.

Sebelum memutuskan untuk membeli, saya tanya-tanya dulu sama sellernya perihal support 4G nya, klaim garansi, dll. Dan yang mengejutkan adalah kata Sellernya Huawei E5573 yang dijualnya ini hanya bisa untuk GSM. Kalau dipakai buat Smartfren 4G LTE tidak bisa.

Agak kaget tapi juga heran, kan ini modemnya sama kayak Andromax M2P, frekuensi sama, tapi kok tidak bisa untuk Smartfren?

Ah bodo amat, karena saya sudah yakin modem ini nantinya bisa dipakai buat All Operator, akhirnya saya beli. Toh, untuk Smartfren saya juga pakainya ponsel Andromax Q, jadi nanti kalau nggak bisa ya nggak apa-apa. Dan hari ini akhirnya datang juga, Modem MiFi Huawei E5573.

Setelah unboxing, langsung saya test pakai SIMCARD Indosat Ooredoo yang sudah ada paket 4G nya. Tara…akhirnya nyantol juga gan 😀 Hasil speedtest dapat segini.

Indosat 4G LTE

Saya coba gunakan buat browsing-browsing bentar. Terus pengen aku coba buat test Smartfrennya. Karena saya hanya punya SIMCARD Smartfren yang ada di ponsel Andromax Q ku, akhirnya saya lepas dulu dan pindahkan ke Huawei E5573 ini.

Soalnya saya ingin membuktikan apa yang dikatakan Seller kemarin, kalau modem mifi Huawei E5573 yang dijualnya itu nggak bisa kalau buat Smartfren.

Nah, penasarankan modemnya ini bisa buat Smartfren apa tidak? Simak di artikel selanjutnya 😉 Nanti saya sambung di artikel selanjutnya, soalnya masih banyak tulisan lagi dan ini ternyata sudah panjang. 😀

Artikel lanjutan >> https://www.virmansyah.info/2016/02/apakah-smartfren-4g-lte-bisa-digunakan-modem-mifi-huawei-e5573.html

Baca juga:



7 Comments

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Your email address will not be published. Required fields are marked *