Kenapa Dinamakan Sepatu “Sneakers”?

Buat yang sangat memperhatikan gaya fesyen, pasti sudah ngeh dengan jenis sepatu yang satu ini. Ya, Sepatu Sneakers yang sekarang ini mulai booming kembali.

Saya mengenal sepatu ini sejak SMA dulu, ya maklum waktu SMA banyak temen-temen yang suka pakai sepatu dengan model selera masing-masing dan pada akhirnya saya tertarik pada sepatu Sneakers ini.

Dulu sih awalnya tidak tahu kalau sepatu seperti ini namanya Sneakers, tahunya malah ‘Sepatu Keds (saya bacanya Sepatu Ket)‘. 😀 Setelah cari informasi ternyata namanya Sepatu Sneakers.

Sepatu Sneakers

Tapi yang membuat saya bertanya-tanya adalah kenapa dinamakan Sepatu Sneakers?

Akhirnya saya cari tahu asal usul sepatu sneakers ini. Nah, apa teman-teman juga belum tahu kenapa kok dinamakan Sneakers? Ini alasan…

Jadi sejarahnya begini teman-teman, dulu sekitar abad ke-18, orang Amerika sana banyak yang memakai Rubber Soled Shoes yang dinamakan “Plimsolls“. Tapi dari segi bentuk, sepatu ini masih terlihat sama antara sepatu bagian kanan dan kiri. Sehingga banyak orang yang bingung membedakannya.

Dengan adanya masalah itu, pada tahun 1892, U.S Rubber Company akhirnya membuat sepatu karet yang lebih nyaman digunakan. Sepatu ini dibuat dari bahan kanvas dan mereka menyebutnya ‘Keds’.

American Rubber Company

Karena sepatu ini banyak yang menyukainya, lantas pada 1917 diproduksilah dalam skala besar. Nah, pada masa ini sepatu keds ini mulai dijuluki sebagai “Sneakers”. Dengan alasan ketika dipakai berjalan tidak menimbulkan suara atau senyap / tenang, sehingga bisa digunakan untuk menyelinap. Sneakers sendiri kan memang diambil dari kata “Sneak” yang artinya senyap/tenang.

Itulah alasan kenapa sepatu ini dinamakan Sneakers. 😉

Lalu, sepatu sneakers ini akhirnya mulai booming di seluruh dunia. Sekitar tahun 1924, sepatu sneakers diproduksi oleh Adi Dassler dan saudaranya Rudolf yang sama-sama orang Jerman. Waktu itu, sepatu sneakers yang mereka buat diberi nama brand “Dassler“.

Brand inilah yang pada akhirnya melahirkan brand-brand sepatu yang terkenal hingga saat ini yaitu Adidas dan Puma.

Baca yuk : Beli Sepatu Sneakers di Bawah 500 ribu? Ikutin Aja Cara Ini!

Bicara soal sepatu sneakers di era sekarang, khususnya Indonesia, ternyata juga sudah mengalami perkembangan. Terbukti dengan banyaknya brand-brand sepatu sneakers lokal yang tidak kalah dengan brand luar, seperti Piero, Specs, Tomkins, dan League. Iya, mereka itu brand lokal lho…

Uniknya sepatu sneakers ini bisa digunakan oleh pria maupun wanita. Dari modelnya tidak menyudutkan kalau sepatu ini khusus untuk pria atau wanita. Meski begitu, kini sudah mulai ada model custom sepatu sneakers khusus untuk wanita, seperti Floral Sneakers, yang notabene memiliki model dan motif kecewekan. Bisa aja sih dipakai pria, tapi gimana gitu cin… hahaha.

Floral Sneakers

Oke deh itu saja penjelasan mengenai asal usul kenapa kok dinamakan sepatu sneakers. Sekarang tentu udah tahu kan ya alasannya.

Nah, sekarang aku mau tanya, menurut temen-temen, lebih suka pakai sepatu brand luar atau lokal sih? Terus apa alasannya? Tulis jawaban beserta alasan kalian di kolom komentar bawah. 🙂

Baca juga:



2 Comments

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Your email address will not be published. Required fields are marked *