Bagaimana Menghilangkan Debu Di Perangkat Komputer & Elektronik?

Dikategorikan dalam Tips

Memiliki perangkat komputer ataupun gadget, tentu harus dirawat dengan teratur. Perawatan tidak hanya dilakukan dari sisi internal (software) saja, tetapi yang lebih penting adalah dari sisi eksternal atau fisiknya.

Merawat hardware pada perangkat komputer maupun gadget terbilang cukup mudah. Karena sesuatu yang nyata dan berbentuk itu tentu mudah untuk dibersihkan.

Tapi, tak jarang kita kadang mengalami kendala dalam melakukan pembersihan. Apalagi jika perangkat keras sudah lama tak dibersihkan, debu yang menempel bertahun-tahun bisa jadi sulit untuk dibersihkan.

Cara Membersihkan Debu

Saya sendiri pernah mengalami ketika membongkar laptop saja untuk dibersihkan. Karena lama tak dibersihkan, debu-debu yang menempel pun jadi melekat di perangkat kerasnya. Alhasil saya pun kesulitan untuk membersihkannya. Mau dicuci ya nggak mungkin, soalnya kan perangkat elektronik. 😀

Nah, buat kalian yang mengalami hal seperti ini misalnya untuk membersihkan sela-sela keyboard, fan, dan bagian-bagian memang sulit dibersihkan, berikut ada beberapa tips dari saya.

1) Lepaskan Semua Bagian Perangkat Keras Tersebut

Ketika ingin membersihkan, pastikan untuk melepas tiap-tiap perangkat keras agar mudah dibersihkan. Selain itu juga putus semua arus listrik yang ada agar tidak terjadi konsleting. Misal membersihkan laptop, ya cabut baterainya, lepas harddisknya, dll.

Dengan melepas tiap-tiap bagian, maka akan mudah dalam membersihkannya.

2) Pakailah Tisu atau Kain yang halus

Untuk membersihkannya bisa menggunakan tisu atau kain yang halus. Dan akan lebih baik pakai yang bisa menyerap cairan. Kalau pakai kain, bisa digunting kecil memanjang, lalu kain tersebut dimasukkan disela-sela bagian yang ingin dibersihkan lalu ditarik atau digesek-gesek pelan.

Gunakan cairan pembersih jika bagian itu tidak terdapat susunan elektronya. Kalau pakai cairan, lebih baik cairan disemprotkan di kain/tisu terlebih dulu.

Atau juga bisa menggunakan sikat dengan serat yang halus agar tidak merusak permukaan perangkat kerasnya.

3) Gunakan Holy Slime

Nah, dengan menggunakan Holy Slime Pembersih Debu, untuk membersihkan sela-sela keyboard atau bagian lainnya bisa diatasi dengan mudah.

Holy Slime

Holy Slime ini semacam gel untuk membersihkan debu dan kotoran yang menempel dan sulit dibersihkan. Untuk menggunakannya caranya sebagai berikut :

  1. Remas-remas dulu Holy Slime ini sebelum digunakan.
  2. Setelah itu baru ditempel dibagian yang ingin dibersihkan. Pastikan sambil ditekan-tekan dengan pelan hingga menempel disela-sela bagian yang terdapat debu/kotoran.
  3. Diamkan beberapa saat, lalu angkat Slime dan debu/kotoran juga akan ikut terangkat.
  4. Lalu jangan langsung dibuang Slime Pembersih Debu ini. Masukkan kembali ke wadah karena bisa digunakan berkali-kali. Yang penting amati jika warna sudah memasuki indikator “kotor” seperti yang ada pada wadah. Kalau sudah kotor, berarti ya beli baru lagi 🙂

Pakai Holy Slime Pembersih Debu ini memang lebih aman dan mudah digunakan. Untuk itu selalu sediakan ini untuk kebutuhan pembersih kotoran di perangkat elektronik kalian.

Diterbitkan
Dikategorikan dalam Tips

Baca Artikel Lainnya :

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *