Cara Mudah Menyambungkan Laptop Ke TV LCD

Sekarang ini penggunaan TV LCD/LED sudah semakin meningkat. Hal ini dikarenakan tingkat kecanggihan yang ditawarkan oleh TV LCD sangatlah banyak. Mulai dari dukungan layar touch screen, bisa terhubung ke internet, dan fitur-fitur canggih lainnya.

Dan sekarang ini juga banyak yang menggunakan TV LCD sebagai Second Screen ketika mengoperasikan laptop atau komputer. Sehingga apa yang ditampilkan di notebook/laptop bisa ditampilkan juga di layar TV LCD.

Nah, kaitannya dengan itu, ada cara mudah menyambungkan laptop ke TV LCD. Sehingga keduanya bisa saling share konten dari Laptop ke TV.

Kabel HDMI

Untuk bisa terhubung ke TV, bisa memakai Kabel HDMI.

Ya, sebenarnya bisa memakai jenis kabel lain, tapi karena saat ini laptop keluaran bagi dan juga TV LED sudah mendukung port HDMI, jadi lebih enak memakai Kabel HDMI.

Caranya cukup mudah.

1. Hubungkan Kabel HDMI Dari Laptop ke TV. Pastikan sekali lagi kalau laptop dan TV LCD kamu memang memiliki port HDMI. Port HDMI lubangnya lebih kecil dari port USB warnanya ada yang biru ada yang hitam. Seperti gambar di bawah ini.

port HDMI

2. Buka Desktop Laptop Kamu. Ini saya mencontohkannya menggunakan Sistem Operasi Windows 7 ya, jadi setelah kabel HDMI tersambung, kamu bisa buka desktop laptop kamu dan klik kanan, pilih Screen Resolution.

3. Maka Anda akan dihadapkan pada tampilan “Change the apperance of your display”. Di sini ada beberapa pilihan yang harus kamu rubah atau pilih. Yang pertama adalah pilihan Display. Di pilihan ini kamu pilih display TV kamu. Misalnya TV kamu merk Tosimbah, maka akan muncul Tosimbah-TV. Yang kedua, pada pilihan Multiple displays, kamu pilih “Show desktop only on 2“. Ini artinya, tampilan di laptop kamu akan sepenuhnya tampil hanya di layar TV. Jika ingin tampil didua-duanya, maka pilih “Duplicate these display“. Jika sudah silahkan di Apply dan OK.

4. Layar TV Sudah Muncul Tampilan Seperti di Laptop. Dan dengan seketika, tampilan di layar TV LED kamu sudah sama seperti tampilan laptop. Jika ada tampilan yang kurang sesuai, misalnya Resolusinya, maka kamu bisa atur lagi di Screen Resolution tadi, lalu dipilihan Resolution bisa dipilih yang sesuai.

5. Munculkan Suara di TV LCD. Jika ingin suara/audio nantinya juga keluar di TV LCD, maka kamu bisa mengubahnya melalui icon Speaker yang ada di bawah desktop komputer kamu, lalu klik kanan dan pilih Playback device. Pilih Digital Audio (HDMI) lalu Set Default, maka suara atau audio akan berpindah ke TV LCD.

Beli Kabel HDMI di sini.

Nah, itulah step by step yang cukup mudah untuk menghubungkan laptop ke TV LED. Dengan seperti ini, Anda bisa menikmati konten yang ada di laptop ke layar TV Anda yang besar, sehingga bisa dinikmati ole seluruh keluarga 🙂 Mudah bukan?

Baca juga:

WhatsApp
Telegram


2 Comments

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Your email address will not be published. Required fields are marked *