Manfaat Mendengarkan Musik Yang Belum Anda Ketahui

Mendengarkan musik tidak hanya sebagai sarana hiburan semata, namun tanpa kita sadari mendengarkan musik dapat bermanfaat untuk meningkatkan ingatan.

Tak heran jika saat ini bermunculan tempat-tempat terapi kesehatan yang menggunakan musik sebagai salah satu media terapinya.

Manfaat Mendengarkan Musik

Berikut ini beberapa manfaat lain dari mendengarkan musik seperti yang dilansir Huffingtonpost, Minggu (8/2/2015).

1. Mengurangi Stress

Jika Anda sedang mengalami stress atau perasaan cemas yang mendalam, mendengarkan musik kesukaan bisa mengurangi stress dan kecemasan Anda. Sudah banyak yang melakukan hal ini secara tidak sadar. Hal ini juga dibenarkan oleh para ahli yang mengatakan bahwa mendengarkan musik dapat membuat detak jantung menjadi stabil dan penurunan kadar kortisol yang merupakan penyebab dari stress.

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Eits, tunggu dulu, ternyata tidak hanya vitamin saja yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Mendengarkan musik ternyata mampu mempengaruhi kadar IgA yang merupakan antibodi dalam tubuh. Dampaknya akan terasa jika Anda mendengarkan genre musik Mozart.

3. Mengurangi Rasa Sakit

Baru-baru ini ada sebuah studi yang menyarankan pasien setelah menjalani operasi untuk mendengarkan musik agar dapat mengurangi rasa sakit. Karena hal ini mampu melepas dopamin yang merupakan penyebab dari rasa nyeri.

4. Meningkatkan Memori Otak

Sebuah penelitian telah mengungkap kebiasaan mendengarkan musik oleh anak remaja. Ternyata hal tersebut dapat meningkatkan wawasan serta mencegah timbulnya demensia.

Wow, ternyata musik banyak sekali manfaatnya ya. Jadi, apa genre musik kesukaan Anda?

Baca juga:

WhatsApp
Telegram


3 Comments

Ada pertanyaan? Silahkan tulis di kolom komentar!

Your email address will not be published. Required fields are marked *